Simak Nih, Lima Prospek Mahasiswa Jurusan Manajemen

Manajemen jadi salah satu Prodi (program studi) yang paling diminati calon mahasiswa. Alasan utamanya karena prospek kerja lulusan manajemen sangat luas. Hampir semua perusahaan atau organisasi, baik kecil maupun besar pasti membutuhkan orang manajemen, itulah sebabnya jurusan ini bisa dikatakan enggak ada matinya.

Tapi, sudah tahu belum apa saja prospek bidang pekerjaan dan jabatan lulusan manajemen? Nah, kalau belum, simak nih penjelasan Sekretaris Prodi Manajamen Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, Harini Fajar Ningrum, M.M.

Menurut Harini, sedikitnya ada lima prospek pekerjaan dan jabatan yang sudah menanti mahasiswa prodi manajemen di dunia kerja. Pertama, kata Harini lulusan manajemen dibutuhkan di bidang pemasaran, berpeluang menduduki posisi atau jabatan mulai dari menangani riset pemasaran, periklanan dan promosi, perencanaan merk (branding) sampai sales dan distribusi pemasaran.

“Bisa juga menjadi konsultan pemasaran,” kata Harini.

Kemudian, menurut Harini, lulusan manajemen juga banyak dibutuhkan menangani bidang Sumber Daya Manusia (SDM) perusahaan. Menempati posisi yang bertanggungjawab atas pengaturan rekrutmen dan seleksi di sebuah perusahaan atau organisasi, pengadaan pelatihan dan pengembangan karir pegawai, serta bisa menduduki posisi sebagai konsultan di bidang kepegawaian (SDM).

“Urusan yang berhubungan dengan serikat pekerja di sebuah perusahaan, juga biasa di serahkan ke orang manajemen,” ujar magister manajemen lulusan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung ini.

Selanjutnya masih menurut Harini, di bidang operasional dan produksi, menduduki posisi yang bertanggungjawab atas sebuah proyek, riset dan desain produk, rantai pasokan (supply chain), penjaminan kualitas produk dan lainnya. “Pokoknya yang berhubungan dengan sistem produksi sebuah perusahaan,” imbuhnya.

Keempat, di bidang keuangan, lulusan manajemen lanjut Harini, bisa menempati posisi yang menangani analisis pasar, arus kas dan investasi, anggaran, dan pertumbuhan pasar modal. “Untuk posisi pekerjaannya sendiri bisa seperti banker, akuntan, dan auditor keuangan,”

Terakhir, lulusan manajemen berpeluang dalam karirnya menempati bidang strategik sebuah perusahaan atau organisasi, menduduki posisi yang berkaitan dengan kebijakan organisasi, dan cakupannya cukup luas serta memerlukan pemahaman komprehensif mengenai suatu isu dan memberikan solusi yang terbaik.

“Menjadi leader di sebuah perusahaan itu selain perlu pengalaman, diperlukan disiplin ilmu yang relevan, salah satunya ilmu manajemen,” tandasnya.

Comments are closed.