logo
DAFTAR

Sejarah

Sejarah Nusa Putra University dari mulai awal sampai hari sekarang

Universitas Nusa Putra berdiri berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor : 108/KPT/I/2018 Tentang Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra di Sukabumi yang dikelola oleh Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi menjadi Universitas Nusa Putra di Sukabumi yang diselenggarakan oleh Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi. Tepatnya pada hari Jumat tanggal 02 Februari 2018, sejak hari itulah secara resmi Universitas Nusa Putra yang sering di singkat NPU (Nusa Putra University) secara resmi berdiri.

Berawal pada tahun 2002 tepatnya bulan Agustus diprakarsai oleh Dr. Kurniawan, S.T, M.Si, MM sebagai pendiri mendirikan warnet dan kursus komputer yang di beri nama Nusa Putra yang sering di singkat NSP di Jl. PGRI No.07 Cikole Kota Sukabumi. Pada saat itu melayani penggunaan sewa internet (NSP.Net) yang masih langka pada zaman itu dan kursus singkat komputer yang diberi nama Lembaga Latihan Nusa Putra (L2NSP) sebagai cikal bakal Universitas Nusa Putra yang kini dikenal.

Pada tahun 2004 berpindah ke Jl. Raya Cisaat No.76 kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi. Pada tahun itu juga dengan sah berdirilah Yayasan Nusa Putra berdasarkan akta Notaris Nomor: 16 tanggal 15 Maret tahun 2004 dengan notaries Marah Hasyir, S.H, Sukabumi dan di sahkan dengan nomor registasi Nomor:38/Yas/2004/PN.CBD Pengadilan Negeri Cibadak kabupaten Sukabumi.

 

Setelah resmi berdiri Yayasan Nusa Putra mendirikan Lembaga Pendidikan Nusa Putra (LPI-NSP) mengawali pendidikan Profesional 1 tahun. Dengan awal pendirian membuka 3 jurusan yaitu Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi dan Teknik Informatika. Karena adanya regulasi Yayasan berdasarkan undang-undang Tahun 2006 susunan pengurus dan nama yayasan berubah berdasarkan akta perubahan menjadi Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi dengan Notaris Rose Takarina, SH, Jakarta Nomor: 57 tahun 2006. Lalu pada tahun 2006 berdirilah Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra (STT-NSP) melalui SK Mendiknas Nomor 213/D/O/2007 maka STT Nusa Putra di akui sebagai pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi.

Seiring dengan perkembangan dan jumlah mahasiswa yang meningkat, pada tahun 2012 lokasi kampus berpindah ke lokasi kampus yang sekarang di tempati sebagai kampus Universitas Nusa Putra. Pada saat ini Universitas Nusa Putra memiliki 4 Fakultas dengan 10 Program Studi Sarjana (S1) dan 2 Program Studi program Diploma Tiga (D3). Pada saat ini jumlah mahasiswa yang belajar di Universitas Nusa Putra telah mencapai 2.000 dan telah memiliki alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dan berbagai Negara.

PROGRAM STUDI YANG ADA DI UNIVERSITAS NUSA PUTRA
  1. Manajemen (S1)
  2. Akuntansi (S1)
  3. Ilmu Hukum (S1)
  4. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
  5. Teknik Mesin (S1)
  6. Teknik Elektro (S1)
  7. Teknik Sipil (S1)
  8. Teknik Informatika (S1)
  9. Sistem Informasi (S1)
  10. Desain Komunikasi (S1)
  11. Teknik Mesin (D3)
  12. Teknik Elektronika (D3)