Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendahuluan

Perkembangan kehidupan masyarakat pada era global saat ini, menuntut perguruan tinggi untuk melakukan reorientasi reformasi dalam sistem  pendidikan, keseimbangan dalam sosial. Hal itu merupakan bagian terpenting dari perguruan tinggi sebagai lembaga pengajaran, pencipta pengetahuan dan penyedia yang berdaya guna dalam peningkatan kesejahteraan rakyat dan daya saing bangsa. Dengan demikian, berbagai prodi harus berupaya meningkatkan kualitas pendidikanya kepada masyarakat. Salah satunya adalah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan prodi rumpun pendidikan yang pertama kali ada di Universitas Nusa Putra yang masih tergabung di Fakultas Bisnis dan Humaniora (FBH).

Program studi PGSD Nusa Putra University mendapatkan izin operasional pada tanggal 08 Februari 2018 bersamaan dengan Surat Keputusan Menteri Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor:108/KPT /I/2018 tentang Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra menjadi Universitas Nusa Putra.

Prodi PGSD pada awal penerimaan mahasiswa baru, animo mayarakat sangat tinggi hampir menyamai prodi favorit pada waktu itu yaitu teknik informatika dan prodi manajemen. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi prodi PGSD untuk memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat.

Sumber Daya Tenaga Pengajar pada Prodi PGSD diisi oleh beberapa dosen sesuai kepakarannya. Kemampuan disiplin ilmu yang dimaksud adalah menyangkut 5 disiplin ilmu dasar ke-SD-an, yaitu IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika.

Visi

Menjadi Penyelenggara Pendidikan yang Unggul dalam menyiapkan Tenaga Pendidik Sekolah Dasar yang Berjiwa Inovatif, Adaptif, Profesional, Berbudaya dan Berdaya Saing Global pada tahun 2042

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan yang meningkatkan Integritas dan Profesionalisme mahasiswa dalam menguasai teori dan praktik pendidikan.
  2. Melaksanakan penelitian inovatif dan berkelanjutan yang berorientasi terhadap penguatan konsep pendidikan, dan pemecahan masalah pendidikan dasar.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berkontribusi terhadap peningkatan kompetensi sosial dan perbaikan kualitas pendidikan dasar.
  4. Menumbuhkan kualitas individu pendidik yang berintegritas, berbudaya dan berdaya saing lokal maupun global.
  5. Meningkatkan sarana dan prasarana pendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan.
  6. Memperluas kemitraan dengan berbagai pihak sebagai upaya peningkatan kualitas Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan.

Prospek Karir Lulusan

  • Bekerja dan berkarir di lembaga penelitian, lembaga pendidikan (sekolah, perguruan tinggi (PTN dan PTS), serta di berbagai instansi pemerintah ataupun swasta (nasional ataupun multinasional).
  • Sebagai pendidik professional di bidang
    Pendidikan Dasar, Peneliti Pendidikan Anak Usia Sekolah Dasar, Pemimpin/manajer pendidikan Aank Usia Sekolah Dasar, Konsultan Pendidikan anak, dsb.
  • Menjadi Entrepreneur (wirausahawan) yang berwawasan teknologi informasi dan komunikasi, dengan mendirikan usaha jasa dibidang pendidikan seperti lembaga pendidikan dasar, bimbingan belajar, taman bermain anak, lembaga pelatihan Guru Sekolah Dasar, atau mendirikan usaha jasa konsultan di bidang Pendidikan Dasar.

Graduate Profile

The graduates of this study program have broad job prospects, mainly to become educators in elementary schools who are able to plan, implement, evaluate and develop education based on their knowledge. Graduates from this study program can also become researchers who are able to solve learning problems, and are able to produce proven learning innovations to improve the quality of learning. In addition, this PGSD graduate can also become an education practitioner in elementary schools who act as mentors, education managers, extra-curricular coaches, media developers and learning resources.

Elementary School Teacher Education (PGSD) undergraduate program is directed to produce bachelor Elementary School Teacher Education who have the following skills:

  • Educators in elementary schools who are able to plan, implement, evaluate and develop education based on science, insight, knowledge, and motivation in terms of technopreneur, collaboration, and independence based on Pancasila values ​​that can improve the quality of learning in elementary schools.
  • Beginner researchers who are able to solve learning problems, and are able to produce proven learning innovations such as Technopreneur Development in Elementary Schools, Humor Development in Elementary Schools, ICT Development in Elementary Schools,
  • Art Development in Elementary Schools, and Public Speaking in Elementary Schools to improve the quality of education in elementary schools.
  • Education practitioners in elementary schools who can develop and manage education who act as education consultants, education managers, extra-curricular coaches, media developers and learning resources as well as educators in non-formal pathways equivalent to elementary schools.

SEMESTERKODE / CODEMATA KULIAH / COURSESKS
1UN002Pendidikan Kewarganegaraan/Civil Education2
UN005Pengantar Aplikasi Komputer/Introduction to Computer
Application
3
UN006Bahasa Inggris Umum/General English2
PG1101Character Education / Pendidikan Karakter4
PG1102Mathematics Education I / Pendidikan Matematika I3
PG1103Educational Psychology Psikologi Pendidikan3
UN004Introduction to / Business Pengantar Bisnis2
TOTAL SKS/CREDIT20
2UN001Pendidikan Pancasila/Pancasila Education2
UN007Bahasa Inggris Bisnis/English for Business2
PG1204Indonesian Language Education in Lower Grade / Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Rendah3
PG1205Educational Foundation / Landasan Pendidikan2
PG1206Science Education in Elementary / Pendidikan IPA di Sekolah Dasar3
PG1207Pedagogy / Pedagogi3
PG1208Educational Philosophy Filsafat Pendidikan3
PG1232Guidance and Counseling / Bimbingan Konseling3
TOTAL SKS/CREDIT22
3PG2109Teacher Professional Development / Pengembangan Profesi Guru SD2
PG2110Class Management / Manajemen Kelas2
PG2111Educational Innovation / Inovasi Pendidikan2
PG2112English Education In Elementary / Pendidikan Bahasa Inggris di Sekolah Dasar2
PG2113Inclusive Education / Pendidikan Inklusif3
PG2114Arts Education / Pendidikan Seni4
PG2115Mathematic Education II / Pendidikan Matematika II3
PG2116Indonesian Language Education in Higher Grade / Pendidikan Bahasa Indonesia di Kelas Tinggi3
TOTAL SKS/CREDIT21
4UN008Indonesian Language and Culture Bhs. / Indonesia dan Budaya2
PG2217Educational Management Bhs.2
PG2218Multicultural Education / Pendidikan Multikultural2
PG2219Educational Research Statistics / Statistika Penelitian Pendidikan3
PG2220Social & Cultural Education / Pendidikan Sosial & Budaya2
PG2221Review the Curriculum and Learning Planning Field of Study / Telaaah Kurikulum dan Perencanaan Pembelajaran Bidang Studi3
PG2222Social education in Elementary Pendidikan IPS di SD3
PG2223Regional Language Education / Pendidikan Bahasa Daerah3
TOTAL SKS/CREDIT20
5UN003Religion and Ethics / Agama dan Etika2
PG3124Microteaching Pembelajaran Mikro3
PG3125Learning Evaluation Evaluasi Pembelajaran3
PG3126Teaching and Learning Belajar dan Pembelajaran2
PG3127Learning Media and ICT / Media Pembelajaran dan TIK Bidang Studi2
PG3128Educational Research Methodology / Metodologi Penelitian Pendidikan3
PG3129Physical Education and Sports / Pendidikan Jasmani dan Olah Raga3
PG3130Integrated Learning / Pembelajaran Terpadu2
UN010Kenusaputraan 2
TOTAL SKS/CREDIT22
6PG3231Professional ethics Etika Profesi2
6UN011Kuliah Kerja Nyata (KKN)/Community
Service
2
UN012Praktek Kerja Lapangan
Professional Placement
2
MK Pilihan Study Completion Program (SCP) I
Study Completion Program I Elective Course
12
TOTAL SKS/CREDIT18
7UN009Entrepreneurship / Kewirausahaan2
MK Pilihan Study Completion Program (SCP) II
Study Completion Program II Elective Course
16
TOTAL SKS/CREDIT18
8UN014Skripsi
Thesis
6
TOTAL SKS/CREDIT6