Universitas Nusa Putra Kembali Kirimkan Mahasiswanya Ikuti Program Internship di Luar Negeri

Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi kembali mengirim mahasiswanya mengikuti program internship (magang) di luar negeri. Kali ini, dua orang mahasiswa NPU Sukabumi akan mengikuti program internship di Taiwan selama enam bulan.

Meraka adalah Farenza Raynalda sama Anjar Priatna, kedua mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika ini, akan bertolak ke Taiwan pada hari Senin dini hari (30/9/2019). Mereka akan mengikuti internship selama enam bulan di salah satu perusahaan eksport-import logistik di Taoyuan City, Taiwan.

Director Carier and Placement NPU Sukabumi, Iyus Maulana menerangkan, jumlah seluruhnya sebanyak tujuh orang mahasiswa NPU Sukabumi yang akan mengikuti program internship di Taiwan.

“Tapi, untuk keberangakatan tahap pertama baru dua orang, sisanya menyusul dalam waktu dekat,” terang Iyus, Sabtu (28/9/2019).

Menurut Iyus, program internship di luar negeri akan terus dikembangkan oleh NPU Sukabumi ke berbagai negara dan bidang pekerjaan, karena menurutnya, memberikan banyak manfaat bagi pesertanya. Selain memberikan pengalaman kerja, yang tidak kalah penting peserta juga dapat belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan hidup baru yang mungkin berbeda dengan Indonesia.

Director Carier and Pacement NPU Sukabumi, Iyus Maulana (memakai jas) bersama Farenza Raynalda dan Anjar Priatna didampingi orang tua masing setelah acara pembekalan di Kampus NPU Sukabumi, Sabtu (28/9/2019).

“Mereka akan belajar beradaptasi dengan orang-orang baru, budaya baru dan jauh dari keluarga. Dengan cara itu, akan tumbuh sikap juang yang kuat dan sifat yang lebih toleran terhadap perbedaan,” terang Iyus.

“Karena itu, dengan internship yang sekarang ini, kami sudah 12 kali mengirim mahasiswa mengikuti program internship di luar negeri,” imbuhnya.

Dijelaskan lebih lanjut olehnya, setiap persiapan keberangkatan, semua mahasiswa peserta program internship NPU Sukabumi dan orang tuanya, selalu di berikan pembekalan sekaligus penandatanganan kesiapan mengikuti program. Pembekalan yang diberikan NPU Sukabumi, kata dia, mulai dari hal-hal yang berkaitan dengan administrasi sampai sharing pengalaman-pengalaman internship sebelumnya.

“Kami selalu melakukan evaluasi dari setiap kegiatan internship di luar negeri, tujuannya untuk meningkatkan out put dari internship berikutnya,” ujarnya.

Sementara Farenza Raynalda mengaku bersemangat mengikuti program intership di luar negeri. Ia mengatakan, ingin menambah pengalamannya dengan bekerja di luar negeri. “Saya juga ingin memperkuat mental dan melatih kedisiplinan,” kata Farenza sesaat sebelum berangkat menuju Bandara Soekarno Hatta, Minggu (29/9/2019).

Senada dengan Farenza, Anjar Priatna mengatakan dirinya ingin belajar dan menambah pengalaman melalui program internship di Taiwan. “Sebagai seorang anak saya ingin sekali membuat bangga orang tua,” tandasnya.

Comments are closed.