Prodi Manajemen NPU: Terakreditasi, Miliki Kekhasan, Unggul, dan Terdepan dalam Inovasi

Program Studi Manajemen Universitas Nusa Putra (NPU) mempersiapkan mahasiswanya agar mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan di bidang manajemen.

“Prodi ini berorientasi pada peningkatan nilai tambah (value based oriented) berbasis Information Communication Techno­logy (ICT), dengan kekhasan industry life science,” kepada Radar Sukabumi Rektor NPU Kurniawan bertutur di ruang kerjanya beberapa hari lalu.

Ditambahkannya, Ilmu Manajemen NPU telah mendapat izin operasaional pada 8 Februari 2018, bersamaan dengan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor:108/KPT/I/2018 Tentang Perubahan Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra menjadi Universitas Nusa Putra.

“Izin Prodi Manajemen keluar bersamaan dengan SK Menristekdikti tentang Perubahan status STT menjadi Universitas Nusa Putra.”

Sebelumnya, jelas dia, Prodi Manajemen ini dinyatakan terakreditasi BAN-PT pada 10 Januari 2018. “Prodi Manajemen Universitas Nusa Putra Terakreditasi Baik, dan mulai tahun akademik 2018-2019 menerima mahasiswa baru,” pungkasnya.

Profil Lulusan

Lulusan pada Program Studi Manajemen diharapkan dapat memiliki kemampuan profesional dalam:

1. Manajer Penjualan

Melakukan analisa lingkungan bisnis, Menyusun elemen pemasaran perusahaan, Menyusun rencana penjualan (sales plan), Menyusun rencana pengelolaan akun, Melaksanakan pembinaan (coaching) dan penyuluhan (counselling) terhadap tenagan penjual;

2. Manajer Layanan

Melakukan analisa lingkungan bisnis, Menyusun elemen pemasaran perusahaan, Mengelola program loyalitas pelanggan, Mengelola momen kebenaran (moment of truth);

3. Manajer Merek

Melakukan analisa lingkungan bisnis, Menyusun elemen pemasaran perusahaan, Mengelola lingkungan layanan (service environment), Menyusun rencana pemasaran (marketing plan);

4. Wirausahawan (nasional dan internasional)

Mengidentifikasi peluang usaha, merancang kegiatan dan mengoperasionalkan kegiatan usaha.

Unggul dan Terdepan dalam Inovasi

Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Nusa Putra Tahun Akademik 2018-2019 mulai menerima mahasiswa baru untuk jenjang Strata 1 (S1). Selain telah Terakreditasi Baik BAN-PT, prodi ini juga menawarkan ragam kelebihan.

“Visi kami adalah menyelenggarakan pendidikan profesional, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang manajemen yang unggul dan terpercaya karena kualitas, dan terdepan dalam inovasi dalam menghasilkan lulusan dengan kemampuan kepemimpinan dan semangat kewirausahaan,” beber Rektor NPU Kurniawan kepada Radar Sukabumi di ruang kerjanya.

Hal tersebut dipandang Kurniawan sangat penting, mengingat lulusan wajib memiliki kompetensi dan responsif dalam mengantisipasi perkembangan dan dinamika perubahan, baik di tingkat lokal, nasional, regional, dan global.

Dijelaskannya lebih jauh, Prodi Manajemen NPU juga menyiapkan lulusan yang sanggup memberikan kontribusi kepada masyarakat lokal dan global melalui penyediaan sistem pendidikan kelas dunia dengan.

Hal tersebut, menurutnya, dapat diraih dengan cara, pertama, memanfaatkan potensi masyarakat untuk sukses melalui hubungan akademik altruistik dan memberi­kan imbalan menantang bagi bakat inovatif.

Kedua, mendidik mahasisiswa dengan pengetahuan, keterampilan dan praktek di pemasaran internasional, kewirausahaan, e-bisnis, dan organisasi bisnis serta mempersiapkan mereka untuk mengejar gelar manajemen.

“Ketiga, melakukan penelitian dan layanan profesional untuk organisasi pemasaran, kewirausahaan, e-bisnis, dan bisnis baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Keempat, meningkatkan keterampilan manajerial kompetitif melalui pengelolaan kesan, strategis dan pengaruh kolaboratif,” kata Doktor bidang Manajemen dari Universitas Padjadjaran itu.

Sedangkan kelima, kata dia, adalah melayani semua lapisan masyarakat Indonesia melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi bermutu dan terjangkau. Keenam, berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan nyata yang dihadapi masyarakat (Bangsa dan Negara) melalui pemanfaatan hasil kajian akademik.

Sedangkan strategi ketujuh, adalah memberi kontribusi positif dalam pengembangan peradaban dunia melalui penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengabdian kepada masyrakat yang bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *