logo
DAFTAR

Peran Kampus Dalam Mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pengabdian kepada Masyarakat part 2)

Unit Kegiatan Mahasiswa Volunter Tanggap Bencana.

Pengabdian kepada Masyarakat sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, memiliki tujuan, pertama, untuk menciptakan inovasi teknologi untuk mendorong pembangunan ekonomi Indonesia dengan melakukan komersialisasi hasil penelitian.

Kedua, memberikan solusi berdasarkan kajian akademik atas kebutuhan, tantangan, atau persoalan yang dihadapi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Ketiga, melakukan kegiatan yang mampu mengentaskan masyarakat tersisih (preferential option for the ploor) pada semua strata, yaitu masyarakat yang termarjinalkan secara ekonomi, politik, sosial, dan budaya;

“Yang keempat, melakukan alih teknologi ilmu dan seni, kepada masyarakat untuk pengembangan martabat manusia dan kelestarian sumber daya alam,” demikian dijelaskan Mohamad Muslih, ST., M.Kom selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan.

Selain itu, sambung Muslih, banyak kegiatan yang dilakukan mahasiswa Universitas Nusa Putra dalam Pengabdian kepada Masyarakat, seperti kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa Volunter Tanggap Bencana (UKM VTB). “Mereka selalu memberi sumbangsih dalam setiap kegiatan penanggulangan bencana alam yang ada di Indonesia maupun luar negeri.”

UKM VTB, jelas Muslih lebih jauh, bergerak di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). UKM tersebut sudah sering melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk bantuan langsung, mencarikan donator dengan terjun langsung ke lapangan.

“Contohnya, saat terjadi bencana alam di Garut beberapa waktu lalu. VTB langsung datang ke lokasi kejadian bekerjasama dengan BPBD Kota dan Kabupaten Sukabumi, serta Basarnas. Mereka bahu-membahu dalam proses evakuasi korban bencana tersebut,” papar Muslih.

Contoh aktivitas nyata lainnya, jelas Muslih, adalah saat terjadi banjir bandang di Cidolog, Kabupaten Sukabumi, pergeseran tanah di Kecamatan Curugkembar, gempa bumi di Provinsi Banten, dan banyak lagi.

“VTB juga bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran. VTB ini dibina langsung oleh Bidang Kemahasiswaan,” pungkas Muslih di ruang kerjanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *