logo
DAFTAR

Mahasiswa Akuntansi NPU, Tak Sekadar Bisa Mencatat Angka

“Saya akan menjadikan lulusan akuntansi Universitas Nusa Putra menjadi orang pertama yang mendirikan Kantor Akuntan Publik di Sukabumi.”

Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Put­ra (NPU) sudah terakreditasi BAN-PT. Demikian Kepala Prodi Akuntansi, NPU, Nanan Sunandar, S.E., M.Akt..

“Jurusan Akuntansi adalah salah satu jurusan tata buku atau pembu­ku­an, dan salah satu cabang dari il­mu ekonomi. Akuntansi memiliki pe­ngertian sebagai proses mencatat, mengklarifikasi, dan merangkum informasi finansial berkaitan semua transaksi dan kejadian di perusahaan,” jelas pria penggemar MotoGP itu.

Dalam perkuliahannya, kata Nanan lebih jauh, mahasiswa akuntansi NPU dibekali pengetahuan tentang ilmu akuntansi, keuangan, dan ilmu penge­tahuan lain, seperti penge­tahuan ope­ra­sional bisnis dan pengorga­nisasian, serta pengetahuan dan kompetensi di bidang teknologi informasi.

“Sekarang banyak perusahaaan  memiliki departemen keuangan yang bersedia memperkerjakan kalangan fresh graduate,” kata dia.

Departemen dimaksud Nanan, tak hanya berurusan dengan perputaran keuangan, pendapatan, dan biaya produksi suatu perusahaan, tetapi juga hingga mengurus masalah hukum perpajakan.

“Lulusan Prodi Akuntansi Universitas Nusa Putra diharapkannya mampu mengelola data keuangan yang akan digunakan untuk memprediksi ekspansi suatu perusahaan,” jelasnya.

Tidak Sekadar lulus

Diakui Nanan, sebagai seorang lulusan akuntansi, banyak dibutuhkan du­nia usaha apapun di level jabatan apapun. “Tidak semua program studi memahami penyusunan laporan keuangan dan interprestasinya. Jadi,  lulusan akuntansi Nusa Putra diharap­kan memiliki kompetensi tidak hanya dalam hal penyusunan laporan keuang­an, tetapi juga menginterpretasikannya kepada semua stakeholders perusahaan yang membutuhkan informasi keuangan.”

Karena, jelas Nanan lagi, melalui laporan keuangan tersebut sudah menggambarkan kondisi perusahaan yang sebenarnya.

Mendirikan KAP Pertama di Sukabumi

Dari ilmu akuntansi, kata fans Va­lentino Rossi itu, berkembang ke audit, pajak dan sistem informasi. Dengan kata lain, akuntansi menjadi dasar untuk melakukan pekerjaan audit, pajak, sistem informasi, perbankan, dan lain sebagainya.

”Saat kuliah, impian saya adalah menjadi auditor dan mempunyai Kantor Akuntan Publik (KAP),” kenangnya.

Namun yang ia lakukan kini justeru sebuah profesi mulia, menjadi peng­ajar yang membagikan ilmu­nya kepada generasi yang lebih muda.

Namun demikian, tekadnya melahirkan lulusan yang kompeten dalam bidang yang bertugas melakukan audit terhadap perusahaan-perusahaan tersebut, belum luntur. “Saya akan menjadikan lulusan akuntansi Universitas Nusa Putra menjadi orang pertama yang mendirikan Kantor Akuntan Publik di Sukabumi.”

Harapannya tersebut tentu harus diapresiasi dan menadapat dukung­an pelbagai kalangan, karena hingga kini, belum ada satu pun KAP di Sukabumi. “Ke depan, Universitas Nusa Putra harus menjadi kampus favorit di Jawa Barat dan Indonesia,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *