Kuliah Hukum di Universitas Nusa Putra Beda

Konsep bleanded learning, atau model pembelajaran yang memadukan pendidikan konvesional dengan e-learning, sehingga dapat menghemat waktu pertemuan di kampus. Belajar bisa di mana saja selama 24 jam dengan bimbingan dosen.

Universitas Nusa Putra (NPU) mulai tahun akademik 2018-2019, membuka Program Studi (Prodi) Ilmu Hukum. Ragam keunggulan ditawarkan prodi yang telah mendapat izin ope­rasaional sejak 8 Februari 2018, dan terakreditasi BAN-PT pada 10 Janu­ari 2018 itu.

Rida Ista Sitepu, SH, MH., selaku Kepala Prodi Ilmu Hukum menjelaskan, di antara keunggulan yang dita­warkan kampus tersebut, adalah kuliah dua tahun di dalam kampus  dan dua tahun di luar kampus.

“Sistem perkuliahan yang diterap­kan di Nusa Putra, keseimbangan antara education dan experien­ce and ac­tually, di mana mahasiswa pada se­mester empat sudah membiasakan ku­liah di luar kampus dengan pola magang, riset, dan student exchange,” jelasnya kepada Radar Sukabumi, di ruang kerjanya, Kampus NPU, Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Mahasiswa, kata Rida, akan dido­rong mengaktuali­sasikan kemampuannya setelah memasuki semester empat dengan berbagai kegiatan, tak hanya di kampus, tetapi juga di luar kampus.

Program Pendampingan Karir

Mahasiswa Ilmu Hukum NPU, kata Rida, akan diberikan bimbingan melalui pendam­pingan karier yang disesuaikan dengan keinginan dan bakat mahasiswa. “Program ini akan diberikan pada akhir semester lima. Dengan begitu, mahasiswa kelak akan memiliki curi­culum vitae sendiri dan sudah dapat membuat app­lication letter sesuai minat dan bakat, seperti di law firm, perusahaan swasta, lembaga negara, atau organisasi nirlaba sebagai staf hukum.”

Dengan segala kelebihan yang ada, Rida mengharapkan agar kelak mahasiswanya memiliki spesialisasi hukum pada akhir semester, seperti sebagai advokat, spesialis perburuhan, bidang hukum pidana atau perdata, dan lain-lain. Spesialisasi ini dapat berubah se­suai keinginan mahasiswa dan masuk­an dari mentor karier mereka.

Kurikulum dan Dosen Berkulitas

Berbicara kelebihan Prodi Ilmu Hukum, NPU, tak hanya berbagai program yang ditawarkan. Untuk kurikulum pun, NPU menawarkan konsep yang terintegrasi dengan kebutuhan masyarakat, instansi swasta, lembaga pemerintahan, perusahaan dalam dan luar negeri. Hal tersebut semata agar menghasilkan lulusan yang kompeten dan profesional.

Kurikulum dirancang didasari Trilogi Nusa Putra yakni, Cinta Kasih Ilahi, Orang Tua, dan Sesama Manusia, agar tertanam priba­di mahasiswa dan lulusan yang dapat menerapkan nilai-nilai tersebut, baik di masyarakat maupun dunia kerja.

Demikian dijelaskan salah seorang Dosen Ilmu Hukum NPU Junaedi Tari­gan, S.H, MM. “Kurikulum yang dirancang mene.kankan pada penyelenggaraan pendidikan yang fleksibel dan intensif, sehingga mampu mengakomodir kedalaman dan keluasan kajian ilmu hukum baik nasional maupun internasional,” imbuh pria yang akrab disapa Bang Tarigan itu.

Selain itu, juga menekankan pada hasil riset-riset berkualitas yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan hukum pada era digital, melalui solusi-solusi tepat untuk bang­sa dan negara. “Jadi, kurikulum dirancang untuk menghasilkan luaran yang dapat bersaing secara global, ditunjang kemampuan bahasa Inggris memadai. Serta sudah disesuaikan dengan target pencapaian akreditasi, baik BAN-PT maupun tingkat internasional.”

Dosen Berkualitas

Keunggulan lain, menurut Tarigan, adalah dosen dan praktisi andal dalam bidang hukum lulusan perguruan tinggi terkemuka di Indonesia dan dunia. Dosen-dosen juga memiliki pengalaman akademis dan praktis, memiliki jaringan luas di sektor swasta, pemerintahan, legislatif, yudikatif, dan universitas luar negeri.

Terkait laboratorium dan penelitian, Prodi Ilmu Hukum NPU memiliki laboratorium lengkap dengan simulasi sidang, lab komputer, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, juga tersedia fasilitas penelitian dengan dukungan buku bacaan berkualitas internasional, antara lain, dari Harvard University, Oxford University Press, Cambridge University Press dan e-Book yang dapat diakses oleh mahasiswa.

“Kami juga menawarkan konsep bleanded learning, atau model pembelajaran memadukan pendidikan konvesional dan e-learning. Sehingga mahasiswa dapat belajar dan menghemat waktu pertemuan di kampus. Belajar bisa di mana saja selama 24 jam dengan bimbingan dosen,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *