Dosen Sistem Informasi (SI) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, Dudih Gustian presentasikan penelitiannya dalam International Conference on ICT for Smart Society (ICISS) 2019 di Institute Teknologi Bandung (ITB), Selasa sampai Rabu, 19-20 November 2019.

Konferensi internasional tersebut diselenggakan oleh ITB, menghadirkan tiga speaker utama yaitu Peneliti dari Economic Research Institute, Asean and East Asia Dr. Venkatachalam A, Guru Besar e-goverment ITB Prof. Suhono Harso S dan Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Dr. Hamman Riza. Temanya ‘Transformation Toward Smart X: Village, City, Province & Nation’.

Dudih mengatakan, sebanyak 62 judul penelitian di presentasikan dan didiskusikan antar peneliti. “Mereka para peneliti dari kampus-kampus di Indonesia,” kata Dudih, Rabu (20/11/2019).

Dudih Gustian sedang mempresentasikan penelitiannya di ICISS 2019, di ITB. (Foto: Istimewa).

Dudih sendiri mempresentasikan penelitiannya berjudul ‘Selecting quality broiler chicken using data mining technique’, yaitu sebuah penelitian mengenai proses penyeleksian bibit ayam broiler dengan teknik data mining.

“Ini paper penelitian fase kedua, fase pertama sudah di prsentasikan di international Conference On Innovation In Technology And Management For Sustainable Agroindustry (ITaMSA) 2019 di IPB,” terang Dudih.

Di penelitian fase keduanya ini, Dudih menambahkan metode baru mengenai pemilihan bibit ayam broiler atau Day old chicken (DOC), yaitu sistem komputasi klasifikasi pemilihan bibit ayam broiler, dengan sistemnya tersebut akan dihasilkan bibit yang lebih selektif dan sesuai standar kriteria perusahaan. “Tujuannya untuk mengurangi tingkat kerugian produksi,” ujar Dudih.

Rencana selanjutnya, ia akan menambahkan metode pengolahan citra (image processing) dalam penelitiannya, yaitu sebuah sistem yang mampu mendeteksi kualitas bibit ayam broiler dengan cara memotret bibit ayam. “Sedang dirancang pengolahan datanya,” ujarnya.

“Mudah-mudahan hasil akhir dari penelitian ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Comments are closed.