Teknik Mesin (D3)

Telah Terakreditasi “BAIK” dari BAN-PT  Nomor  SK: 4901/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/XII/2017

Gelar Akademik  Ahli Madya Teknik Mesin (A.Md)

Program Studi D3 Teknik Mesin secara formal mulai berdiri pada tahun 2007 dengan dikeluarkannya izin operasional oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI melalui SK No. 213/D/O/2007 pada tanggal 6 November 2007, dimana saat itu menjadi bagian dari Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra. Seiring dengan perubahan bentuk STT Nusa Putra menjadi Universitas Nusa Putra, maka pada tahun 2018 dikeluarkanlah izin operasional baru oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi melalui SK No. 108/KPT/I/2018 pada tanggal 2 Februari 2018. Program Studi D3 Teknik Mesin Universitas Nusa Putra mengembangkan disiplin berbasis cabang ilmu teknik mesin dengan penekanan pada cabang keilmuan vokasi manufaktur

 

KOMPETENSI LULUSAN

Kompetensi Utama:

  1. Mampu menerapkan pengetahuan matematika, sains, ilmu teknik mesin dan pengetahuan lainnya yang relevan dengan penuh prakarsa untuk mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan masalah-masalah teknik mesin khususnya di bidang manufaktur.
  2. Mampu memahami persyaratan dasar proses realisasi produk dan merancang proses manufaktur yang diperlukan.
  3. Mampu melakukan perawatan mesin dan komponen-komponen dalam proses manufaktur baik yang konvensional maupun yang otomatis.
  4. Mampu berperan efektif baik sebagai individu maupun dalam kelompok multi disiplin/budaya.
  5. Memiliki etika dan tanggung jawab profesi serta pemahaman mengenai aturan-aturan ketenagakerjaan yang berlaku.
  6. Mampu berkomunikasi secara efektif baik lisan maupun tulisan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta memiliki kemampuan dasar komunika lisan dalam Bahasa Mandarin.
  7. Memiliki kemauan dan kemampuan untuk belajar sepanjang hayat.
  8. Mampu berpikir dan berlaku kreatif dan inovatif.

Kompetensi Pendukung:

  1. Memiliki integritas yang tinggi dengan landasan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan ketaatan kepada norma hukum yang berlaku.
  2. Mampu berinteraksi sosial dengan baik berlandaskan sopan santun, cinta kasih dan kecintaan pada nilai-nilai kebaikan universal.
  3. Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi secara bertanggung jawab.
  4. Memahami masalah-masalah kontemporer yang terjadi di masyarakat.

Kompetensi Lain:

  1. Mampu melakukan perencanaan dan pengaturan organisasi.
  2. Mampu mengembangkan karir dan mampu melakukan evaluasi diri atas kinerja yang dicapai.
  3. Mampu melakukan pemecahan masalah dan mengambil keputusan.
  4. Tanggap terhadap perkembangan keilmuan dan teknologi terbaru.

PROFIL LULUSAN

Keahlian/kemampuan yang merupakan keunggulan lulusan Program Studi D3 Teknik Mesin Universitas Nusa Putra dibandingkan ahli madya dari institusi lain adalah:

  1. Memiliki kemampuan penguasaan dua bahasa asing utama dunia yaitu: Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin.
  2. Memiliki kompetensi utama yang fokus pada bidang manufaktur yang lengkap mulai dari perancangan, proses produksi, hingga perawatan mesin sehingga lebih siap bekerja di berbagai industri yang ada.
  3. Memiliki kompetensi di bidang mekatronika, instrumentasi dan sistem kendali yang menunjang penguasaan teknologi otomasi industri.
  4. Memiliki kemampuan mengoperasikan perangkat lunak CAD baik 2D (Auto CAD) maupun 3D (Autodesk Fusion 360).
  5. Memiliki kemampuan perawatan mesin baik komponen hidrolik, pneumatik, otomasi maupun sistem kendali pada mesin.

Prospek Karir lulusan Program Studi D3 Teknik Mesin:

  1. Sebagai ahli madya teknik mesin di berbagai industri baik di bidang perancangan, manufaktur, pertambangan, energi, maupun jasa perawatan mesin.
  2. Sebagai tenaga kependidikan di berbagai perguruan tinggi baik PTN maupun PTS.
  3. Sebagai asisten peneliti di berbagai lembaga peneliti baik di instansi pemerintah, swasta maupun sebagai peneliti independen.
  4. Sebagai wirausahawan di bidang teknologi teknik mesin secara luas.

VISI

“Menjadi penyelenggara pendidikan yang unggul di bidang manufaktur dan berdaya saing global pada tahun 2033”

 

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas tinggi dan mendorong budaya akademik yang kondusif
  2. Melaksanakan penelitian yang berkelanjutan dan berkontribusi kepada kemajuan industri secara umum.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang berkontribusi pada pengembangan industri kecil dan menengah serta peningkatan ketrampilan masyarakat di bidang teknik mesin terapan.
  4. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mewujudkan daya saing program studi di tingkat nasional dan global.
  5. Meningkatkan sarana dan prasarana yang dapat mendukung terselenggaranya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas.
  6. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak di tingkat nasional dan internasional yang berasaskan saling memberikan manfaat secara berkelanjutan sebagai upaya mewujudkan Program Studi DIII Teknik Mesin yang andal.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, ketrampilan dan keahlian yang unggul di bidang manufaktur serta mempunyai etos kerja dan integritas yang tinggi.
  2. Menghasilkan penelitian yang memberikan sumbangsih pada kemajuan industri manufaktur yang dipublikasikan di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Menghasilkan pengabdian masyarakat yang dapat mendorong perkembangan industri kecil dan menengah serta berkontribusi pada peningkatan ketrampilan masyarakat di bidang teknik mesin terapan.
  4. Tersedianya sumber daya manusia baik dosen maupun tenaga kependidikan yang mampu memberikan pelayanan prima dan berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.
  5. Tersedianya sarana dan prasarana yang cukup dan mumpuni dalam membantu proses pendidikan dan pengajaran serta memfasilitasi penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas.

Sebanyak 17 tim futsal SMU/SMK/MA dari Kota dan Kabupaten Sukabumi, mengikuti kompetisi futsal yang diadakan Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM), Universitas 

Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, merayakan ulang tahunnya ke-13 (Mechaniversary#13), Jumat (8/11/2019), bertempat di Kampus NPU 

Ketua Keluarga Mahasiswa Mesin (KMM) Jawa Barat (Jabar), Muhammad Badru Zaman mengatakan mahasiswa jurusan mesin saat ini menghadapi banyak tantangan. 

Dahulu, kegiatan produksi pada industri menggunakan mesin yang hampir seluruhnya dioperasikan oleh tenaga manusia, biasa disebut operator. Namun, resiko human 

Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor buah Pinang. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) nilai ekspornya dari tahun 2005 s.d 

Muhammad Badru Zaman (22 Tahun), seorang mahasiswa jurusan Teknik Mesin semester IV Universitas Nusa Putra terpilih menjadi ketua Keluarga Mahasiswa