Akuntansi

Gelar Akademik Sarjana Akuntansi (S.Ak)

Program Studi Akuntansi (S1) adalah program studi yang menghasilkan sarjana ekonomi bidang akuntansi yang profesional dengan memiliki kemampuan dasar bidang: pemeriksaan internal dan eksternal, akuntansi manajemen, perpajakan, dan sistem informasi serta dilandasi oleh jiwa kewirausahaan. Program Studi Akuntansi Nusa Putra University mendapatkan izin operasaional pada tanggal 08 Februari 2018 bersamaan dengan Surat Keputusan Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor :108/KPT/I/2018 Tentang Perubahan Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra menjadi Universitas Nusa Putra. Sebelumnya Program Studi Ilmu Akuntansi ini dinyatakan telah terakreditasi oleh BAN-PT pada tanggal 10-01-2018. Memperhatikan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor : 32 Tahun 2016 Tentang Akreditasi Program Studi Dan Perguruan Tinggi pada Pasal 3 ayat 4 tentang peringkat akreditasi yang dinyatakan terakreditasi Baik, Baik Sekali dan Unggul maka dapat dinyatakan bahwa program studi Akuntansi Universitas Nusa Putra kategori “Terakreditasi Baik”, mulai tahun ajaran 2018-2019 menerima mahasiswa baru.

Profil Lulusan Program Studi Akuntansi

Lulusan pada Program Studi Akuntansi diharapkan dapat memiliki kemampuan profesional dalam:

  1. Bidang Akuntansi Keuangan: Mampu menguasai Akuntansi Keuangan secara menyeluruh, dengan menekankan pada penanganan akuntansi secara manual dan berbasis komputer pada perusahaan perorangan, korporasi, cabang, lembaga pemerintahan dan nirlaba, serta dapat melakukan analisis kinerja keuangan, memahami akuntansi global dan dapat memecahkan masalah akuntansi di masyarakat.
  2. Bidang Akuntansi Manajemen: Mampu menghitung biaya dari cost object/pemikul biaya, merencanakan dan mengendalikan biaya, mengukur dan mengevaluasi kinerja unit/divisi/manager serta mengambil keputusan manajerial berdasarkan informasi biaya.
  3. Bidang Audit Keuangan: Mampu memahami konsep dan standar Audit, mengaplikasikan metode Audit berbasis risiko dalam setiap siklus bisnis dengan menggunakan alat bantu Audit serta mampu mengambil keputusan yang sesuai dengan etika Profesi Auditor.
  4. Bidang Perpajakan: Mampu memahami konsep dasar perpajakan dan mengaplikasikannya serta memahami hak, kewajiban, dan sanksi di bidang perpajakan serta mampu menyusun SPT secara manual maupun komputerisasi.

Peluang Karir

  1. Public Accountant
  2. Financial Accountant Auditor
  3. Accounting System Auditor
  4. Financial Analyst
  5. Capital Market Analyst

Keunggulan Program Studi Akuntansi

  1. Kuliah 2 Tahun di dalam kampus dan 2 Tahun di luar kampus adalah Sistem perkuliahan yang diterapkan di kampus Nusa Putra University menyeimbangkan antara education, experience and Actually di mana mahasiswa pada semester 5 sudah membiasakan untuk perkuliahan di luar kampus dengan pola Magang, Riset dan Student Exchange. Mahasiswa akan didorong untuk meangaktualisasikan kemampuannya setelah pada semester 5 dengan berbagai kegiatan yang tidak aja di kampus Nusa Putra tapi juga di tempat luar.
  2. Program Pendampingan Karir adalah Mahasiswa akan diberikan bimbingan melalui pendambingan karier yang disesuaikan dengan keinginan dan bakat mahasiswa di akhir semester 5, mahasiswa akan memiliki Curiculum Vite mereka sendiri dan sudah dapat membuat application letter untuk melamar pekerjaan magang sesuai dengan minat dan bakatnya.
  3. Tenaga Dosen Berkualitas : Dosen merupakan lulusan universitas terkemuka di Indonesia dan di dunia yang mempunyai pengalaman akademis dan praktis. Dosen memiliki jaringan luas di sektor swasta, pemerintahan dan universitas luar negeri. Mahasiswa dapat dengan mudah melakukan konsultasi dengan para dosen terkait
  4. Pembelajaran Bleanded Learning Model pembelajaran yang memadukan pendidikan dengan model konvesional dan e-learning, dimana mahasiswa nusa putra dapat belajar dengan model ini yang akan menghemat waktu pertemuan di kampus dan belajar bisa dimana saja 24 jam dengan bimbingan dosen.
  5. Didukung oleh berebrapa vendor pengembang system informasi akuntansi
  6. Kerja sama dengan beberapa perusahaan Akuntan Publik
  7. Kurikulum perkuliahan disusun seimbang antara teori dan praktik serta kegiatan magang dengan perusahaan dan kantor akuntan publik (Big Four)
  8. Dosen-dosen yang berpengalaman pada bidang akuntansi di industri dan bidang profesi akuntan, audit , dan perpajakan
  9. Guest Lecturer dari para pakar dan praktisi baik dalam maupun luar negeri
  10. Fasilitas penunjang sarana belajar mengajar yang modern
  11. Kerja sama dengan asosiasi profesi akuntansi (IAI, IAPI, YPIA, EMMA, dll)
  12. 12. Laboratorium akuntansi dengan software dan aplikasi akuntansi terbaru

Visi Program Studi Akuntansi

Menjadi penyelenggara pendidikan yang unggul di bidang ilmu akuntansi yang berbasis bisnis, perpajakan, dan publik pada tahun 2043 yang mampu bersaing dalam tataran dunia global.

 

Misi Program Studi Akuntansi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan pembelajaran yang unggul dan bermutu tinggi di bidang ilmu akuntansi yang berbasis bisnis, perpajakan dan publik.
  2. Melaksanakan, mengembangkan, dan meningkatkan budaya penelitian dan program pengabdian masyarakat yang unggul dan bermutu tinggi dan bermanfaat bagi perubahan kehidupan masyarakat luas yang lebih baik.
  3. Meningkatkan sumber daya manusia yang meliputi tenaga pendiidk dan tenaga kependidikan unggul pada Program Studi Akuntansi melalui berbagai kegiatan pendidikan maupun pelatihan.
  4. Meningkatkan sistem pengelolaan sarana dan prasarana untuk menunjang terselenggaranya kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas.
  5. Menjalin kerja sama dengan berbagai institusi di dalam maupun di luar negeri untuk peningkatan kualitas proses dan hasil pendidikan seta penyerapan lulusan sebagai tenaga ahli yang kompeten.

 

Tujuan Program Studi Akuntansi

  1. Menghasilkan lulusan akuntansi yang berkualitas tinggi yang memiliki pengetahuan dan keahlian di bidang ilmu akuntansi yang berbasis bisnis, perpajakan dan publik.
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat yang unggul dan bermutu tinggi dan bermanfaat bagi perubahan kehidupan masyarakat luas yang lebih baik.
  3. Tersedianya sumber daya manusia yang meliputi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan pada Program Studi Akuntansi yang dapat memberikan pelayanan yang unggul dan terbaik.
  4. Terwujudnya sarana dan prasarana yang memadai dengan pengelolaan yang efektif dan efisien yang dapat menunjang terselenggaranya kegiatan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas.
  5. Terjalinnya kerja sama dengan berbagai institusi di dalam maupun di luar negeri untuk peningkatan kualitas proses dan hasil pendidikan serta penyerapan lulusan sebagai tenaga ahli yang kompeten.

5 Kelebihan Fresh Graduate Akuntansi Universitas Nusa Putra

Fresh graduate NPU mampu bersaing karena sedikitnya memiliki lima kelebihan dibanding lulusan perguruan tinggi lain. “Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas 

NPU Hasilkan Sarjana Akuntansi Berkualitas, Kredibel, dan Profesional

Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Putra (NPU) bertekad menjadi program studi terkemuka yang menghasilkan lulusan 

Mahasiswa Akuntansi NPU, Tak Sekadar Bisa Mencatat Angka

“Saya akan menjadikan lulusan akuntansi Universitas Nusa Putra menjadi orang pertama yang mendirikan Kantor Akuntan Publik di Sukabumi.” Program Studi