Teknik Elektronika (D3)

Telah Terakreditasi “BAIK” dari BAN-PT Nomor SK : 040/SK/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/II/2013

Gelar Akademik Ahlimadya Teknik Elektronika (A.Md)

Program Studi Teknik Elektronika mempersiapkan mahasiswa menjadi tenaga ahli menengah profesional  yang  mampu mengisi posisi penyelia  atau pelaksana yang memiliki kemampuan, ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang teknik elektro. Hingga  saat ini Jurusan Teknik Elektro memiliki tiga  konsentrasi  program  studi  peminatan yaitu Teknik Telekomunikasi, Sistim Informasi dan Teknik Informatika. Konsentrasi peminatan dapat di ambil pada semester 4 dengan memperhatikan jumlah peminat konsentrasi tersebut.

 

TEKNIK TELEKOMUNIKASI

Konsentrasi Teknik Telekomunikasi adalah pendidikan yang mempersiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten dalam bidang telekomunikasi yang mampu merancang dan membuat prototype sistem telekomunikasi ‘on wire’ dan ‘wireless’ serta merawat, mengoperasikan dan memperbaiki peralatan telekomunikasi. Lulusan Program Studi Teknik Telekomunikasi mempunyai kesempatan mengisi posisi supervisor, penyelia dan pelaksana di berbagai industri jasa telekomunikasi, berwiraswasta di bidang instalasi jaringan telekomunikasi

 

PROSPEK KARIR DAN PELUANG PEKERJAAN

Teknik Telekomunikas : Network Engineer, Telecomunication Tester, Security System Engineer.

Secara Umum dapat bekerja di : Industri Telekomunikasi, Pemerintahaan, Militer, Lembaga pendidikan, Industri, Bank, Konsultan, BUMN dan BUMD serta Sektor Bisnis lainya, dengan lingkup pekerjaan meliputi PNS, Perencana, Peneliti, Marketing, Estimator, Drafter, Project Manager, Penelitian & Pengembangan, Kontrol Produksi, Operasional & Produksi, Perawatan, Suvervisi Proyek, Instruktur dan lain-lain.

Visi PSD3 TE Universitas Nusa Putra merupakan gambaran tentang masa depan organisasi yang diyakini akan terjadi menurut pandangan internal dan eksternal, sehingga visi yang telah ditetapkan dapat menunjukan kea rah mana program studi ini akan dibawa dan seperti apa program studi tersebut bila telah sampai pada tujuannya.

Visi Program Studi D3 Teknik Elektronika Universitas Nusa Putra adalah sebagai berikut :
“Menjadi program studi penyelenggara pendidikan dibidang teknik elektro terapan yang kredibel dan kompeten dalam menghasilkan lulusan yang intelek, bermoral dan berdaya saing global pada tahun 2033”
Visi PSD3 TE memiliki keselarasan dengan visi Universitas dimana kata “Unggul” yang terdapat dalam visi Universitas dijabarkan kedalam kata “kredibel” dan “kompeten” pada visi PSD3 TE. Sedangkan kalimat “manusia yang cerdas, kreatif, inovatif dan religious” pada visi Universitas selaras dengan kalimat “menghasilkan lulusan yang intelek, bermoral dan berdaya saing”. Tahun capaian PSD3 TE untuk memiliki daya saing global adalah pada tahun 2033 dimana pada visi Universitas ditargetkan pada tahun 2030, hal ini disesuaikan dengan kondisi kemampuan program studi untuk mengikuti visi universitas menjadi kelas dunia juga tersirat dalam kalimat “berdaya saing global”.

Dalam rangka mengimplementasikan Visi PSD3 TE yang telah ditetapkan, maka disusunlah misi yang mendukung terhadap penyelenggaraan tri dharma Perguruan Tinggi serta pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kerjasama baik nasional maupun internasional, berikut uraian misi PSD3 TE :

1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang ilmu teknik elektronika berbasis kompetensi agar mampu menghasilkan lulusan yang intelek, bermoral dan berdaya saing global yang mampu mengembangkan sendiri keterampilan teknis dan pengetahuan serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi, berjiwa interpreneur dan enterprenership.

2. Menciptakan budaya penelitian yang kondusif, kreatif dan inovatif pada bidang ilmu teknik elektronika bagi civitas akademika yang optimal dan terintegrasi dengan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan dan penyebarluasan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan taraf hidup masyrakat

3. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat berbasis penerapan keilmuan teknik elektronika yang berdaya guna bagi peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat dan berdaya saing pada level nasional maupun internasional serta turut membangun generasi bangsa yang intelek dan berahklak mulia.

4. Membangun tatakelola organisasi dan manajemen serta penguatan sistem penjaminan mutu program studi berdasarkan pada otonomi, akuntabilitas, akreditasi dan evaluasi diri secara berkesinambungan dalam rangka peningkatan dan citra prodi.

5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak baik di dalam dan luar negri dalam rangka meningkatkan kualitas dan kinerja prodi yang mampu memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan program studi institusi.

Penjelasan lebih jauh tentang misi PSD3 TE adalah sebagai berikut:

Tridahram Bidang Pendidikan dan Pengajaran

a. Menyelenggarakan sistem pendidikan dan pengajaran yang terintegrasi dengan teknologi tinggi dan pemanfaatan referensi/literatur akademik yang di selaraskan kebutuhan pasar, masyarakat, dunia usaha dan dunia industry.

b. Menciptakan suasana akademik yang nyaman (kondusif) guna mendukun proses pencapaian tiga kompetensi lulusan seperti tertuang dalam Visi PSD3 TE, pembinaan personil ( SDM ).

Tujuan penyelenggaraan PSD3 TE sesuai dengan visi dan misinya meliputi beberapa bidang, diantaranya :
1. Bidang Pendidikan dan Pengajaran

a. Dihasilkannya lulusan yang memiliki sikap dan prilaku yang baik, dengan Indeks Prestasi Kumulatif ( IPK) yang tinggi serta masa studi dan masa tunggu yang pendek.

b. Dihasilkannya lulusan yang memiliki kompetensi unggul dalam merancang, membangun , dan menerapkan IPTEK pada bidang keilmuan Teknik Elektro.

c. Terciptanya suasana akademik yang kondusif guna mendukung proses pencapaian kompetensi, proses pembinaan personil ( SDM ), dan pengembangan karakter.

2. Bidang Penelitian
Dihasilkannya penelitian dan pengembangan IPTEK pada bidang keilmuan Teknik Elektro yang inovatif atau kreatif dan bermandaat bagi kehidupan masyarakat serta dapat dipublikasikan ditingkat nasional maupun di tingkat internasional.

3. Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat
Terciptanya masyrakat yang berdaya guna dan berdaya saing melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM) yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi peningkatan taraf hidup masyarakat.

4. Bidang Tata Kelola dan Manajemen
Terciptanya tata kelola dan manajemen yang baik di PSD3 TE dengan dihasilkannya program program peningkatan sumber daya manusia yang professional baik itu dosen dan tenaga kependidikan yang menunjang terhadap peningkatan citra program studi baik ditingkat nasional maupun ditingkat internasional.

5. Peningkatan Kerjasama
Terjalinnya kerjasama yang baik dengan institusi pendidikan maupun dunia kerja baik dalam skala regional, nasional, maupun internasional dengan dihasilkannya program program yang dapat menunjang sarana dan prasarana yang mendukung proses pendidikan dan pengajaran yang berkualitas

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HME) Universitas Nusa Putra (UNsP) Sukabumi, menggelar workshop PLC Allen Bradley dengan mengundang Muhammad Irvan sebagai 

Tak hanya tekad eksis di tingkat nasional dan internasional, Prodi Teknik Elektro NPU juga terus membumikan kecintaan terhadap teknik elektro 

Himpunan Mahasiswa Elektro (HME), Universitas Nusa Putra menggelar Sukabumi Robotic Competition Electrical Engineering (SRCEE) 2018 tingkat SMA/SMK/MA, SMP dan SD. 

Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) menggelar Sukabumi Robotic Competition Electrical Engineering (SRCEE) 2018 tingkat SMA/SMK/MA, SMP, dan SD, di Kampus Nusa