Sistem Informasi

Telah Terakreditasi Nomor SK. 2498/SK/BAN-PT/Ak-PNB/S/VIII/2018

Gelar Akademik Sarjana Komputer (S.Kom)

Program Studi Sistem Informasi Membekali Mahasiswa Dengan Kemampuan Untuk Merancang Dan Menulis Program, Terutama Diarahkan Untuk Pengembangan Sistem Informasi Dalam Skala Besar.  Selain Itu, Mahasiswa Juga Akan Mempelajari Komponen-komponen Dari Sistem Informasi/Teknologi Informasi, Mulai Dari Sistem Operasi, Jaringan Komputer, Basisdata, Maupun Aplikasi. Untuk Mengasah Pemahaman Di Bidang Bisnis Dan Manajemen, Mahasiswa Mempelajari Konsep-konsep Manajemen Serta Berbagai Proses Bisnis Penunjang Kegiatan Organisasi Dan Dukungan Yang Bisa Diberikan Oleh Teknologi Informasi. Pada program studi ini diberikan pilihan pendalaman pada bidang yang di minati oleh mahasiswa dengan tiga konsentrasi peminatan pada semester  lima yaitu : Sistem Informasi Perusahaan, Databhase Sistem Informasi dan E-Bussines. Untuk peminatan ini dapat di ambil berdasarkan jumlah peminat pada masing-masing konsentrasi  setiap angkatan.

 

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Konsentrasi peminatan ini berfokus pada peningkatan meningkatkan efisiensi dan efektivitas data secara akurat dan realtime, memudahkan pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, pengawasan, pengarahan dan pendelegasian kerja kepada semua departemen yang memiliki hubungan atau koordinasi, meningkatkan kualitas sumber daya manusia karena unit sistem kerja yang terkoordinasi dan sistematis serta meningkatkan produktivitas dan penghematan biaya dalam organisasi. Beberapa kajian yang membekali mahasiswa dalam konstrasi ini diantaranya ; Enterprise Resource Planning (ERP), Supply Chain Management (SCM), Transaction Processing System (TPS), Office Automation System (OAS), Knowledge Work System (KWS), Informatic Management System (IMS), Decision Support System (DSS), Expert System (ES) dan Artificial Intellegent (AI), Group Decision Support System (GDSS) dan Computer-Support Collaborative Work System (CSCWS), Executive Support System (ESS).

E-BISNIS

Konsentrasi peminatan e-Bisnis  membekali mahasiswa agar mampu menterjemahkan bisnis plan dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis web. Mampu menganalisis dan memberdayakan teknologi informasi berbasis web yang tepat dalam proses bisnis utk meningkatlan daya saing organisasi. Dimana mahasiswa juga harus mampu merancang, mengimplementasikan dan mengelola e-Business secara mandiri. Untuk menunjang kompetensi peminatan e-bisnis maka mahasiswa yang mengambil peminatan ini di fokuskan dalam kemampuan mahasiswa dalam menyerap matakuliah  Web- Base Programing,  Konsep E-Bisnis, Teknologi dan Infrastruktur E-bisnis, Analisis dan Perancangan E-Bisnis , Sistim Informasi Manajemen.

 

PROSPEK KARIR DAN PELUANG PEKERJAAN

Corporate Information System: Manager Proyek Sistem Informasi, Manager EDP

Database Sistem Informasi: Database Administrator, IT Consultant, System Administrator Database

E- Bisnis: Web Developer, Web Desain, e-Commerce Analist, Web Manager,Moile System Developer dan lain sebagainya

Secara Umum dapat bekerja di: Perusahaan bidang Teknologi Informasi, Pemerintahaan, Militer, Lembaga Pendidikan, Industri, Bank, Konsultan, BUMN dan BUMD serta Sektor Bisnis lainya, dengan lingkup pekerjaan meliputi PNS, Perencana pada proyek-proyek Sistem informasi.

VISI

“Pada tahun 2033 menjadi pusat pendidikan yang unggul dalam bidang e-Bisnis dan Sistem Informasi Manajemen bisnis agar mampu bersaing di tingkat Internasional”.

 

MISI

Dalam rangka mengimplementasikan visi Program Studi S1 Sistem Informasi, maka disusunlah misi dari program studi, yang secara rinci dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berstandar nasional guna menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam pengembangan sistem informasi dengan konsentrasi bidang e-Bisnis dan Sistem Informasi Manajemen.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkualitas nasional dan internasional dalam pengembangan sistem informasi agar menjadi pusat keunggulan dalam pengembangan sistem informasi dengan konsentrasi bidang e-Bisnis dan Sistem Informasi Manajemen.
  3. Menjalankan pengabdian kepada masyarakat melalui prinsip penyebarluasan pengembangan sistem informasi agar memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas dan mutu sumber daya manusia di lingkungan program studi guna mencapai visi program studi.
  5. Meningkatkan kualitas dan mutu sarana prasarana yang ada guna menopang kegiatan program studi agar mampu sejalan dan selaras dengan visi yang telah ditetapkan.

Mengembangkan jejaring serta kerjasama kemitraan yang erat dengan berbagai lembaga pemerintah, organisasi profesi, dunia usaha, dunia industri, masyarakat serta pihak terkait lainnya agar proses pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dapat berjalan sesuai dengan visi program studi.

 

TUJUAN

Seiring dengan kemajuan teknologi komputer yang sangat cepat program studi sistem informasi diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informasi yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengelolaan dengan computer, dengan konsentrasi e-Bisnis dan Sistem Informasi Manajemen.  Setiap lulusan diharapkan memiliki kemampuan dan jiwa kewirausahaan serta dapat merencanakan suatu sistem informasi guna memaksimalkan potensi daerah di Kota dan Kabupaten Sukabumi serta kawasan di sekitarnya.

Dengan demikian, tujuan yang hendak dicapai berdasarkan misi dari Program Studi S1 Sistem Informasi adalah menyiapkan lulusan yang dapat menjadi komponen pembangun bangsa, dengan cara :

  1. Terselenggaranya proses pendidikan dan pembelajaran yang berstandar nasional guna menghasilkan lulusan yang mampu bersaing dalam pengembangan sistem informasi dengan konstrasi e-Bisnis dan Sistem Informasi Manajemen.
  2. Terciptanya budaya riset yang bermutu dan kompetitif guna menghasilkan penelitian yang berkualitas nasional dan internasional dalam pengembangan sistem informasi agar menjadi pusat keunggulan.
  3. Tercapainya target pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan program kerja program studi, sehingga memberikan manfaat nyata kepada masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas dan mutu sumber daya manusia di lingkungan program studi guna mencapai visi program studi.
  5. Peningkatan kualitas staf di lingkungan program studi yang dapat melayani mahasiswa, stakeholders lembaga, para Dosen maupun masyarakat agar proses Tri Dharma Perguruan Tinggi tercapai dengan baik.
  6. Peningkatan kualitas Dosen di lingkungan program studi agar tetap menjalankan tugas pokok tri Dharma perguruan tinggi agar selaras dan sejalan dengan visi lembaga.
  7. Peningkatan, perawatan serta kualitas dan mutu sarana prasarana yang menunjang agar Tri Dharma perguruan tinggi dapat dilaksanakan dengan baik di lingkungan program studi.
  8. Berkembangnya jejaring serta kerjasama kemitraan yang erat dengan pihak terkait agar proses Tri Dharma Perguruan tinggi di lingkungan program studi tetap berjalan dengan baik.

Ini 8 Prospek Kerja Sarjana Lulusan Sistem Informasi, Mau Tau?

Dosen Sistem Informasi (SI) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, Falentino Sembiring, M.Kom mengatakan, saat ini lulusan SI menjadi salah satu 

Dosen SI Presentasikan Penelitiaanya di Konferensi Internasional

Dosen Sistem Informasi (SI) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, Dudih Gustian presentasikan penelitiannya dalam International Conference on ICT for Smart 

Internship di KBRI Singapura, Apa Saja Persiapan Dua Mahasiswi Universitas Nusa Putra Sukabumi Ini?

Dini hari, Tasya Rahmania Khairunnisa Hamidah dan Wafa sudah berkendara menuju Bandara Soekarno-Hatta, diantar mobil kampus, dua mahasiswi Universitas Nusa 

Mantap, Wafa Mahasiswi Universitas Nusa Putra Sukabumi Internship di KBRI Singapura

Untuk ke-10 kalinya, Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi mengirim mahasiswanya mengikuti program internship (magang), kali ini Kedutaan Besar Republik Indonesia 

Prodi SI Universitas Nusa Putra Sukabumi Gelar Sidang Skripsi

Program Studi (Prodi) Sistem Informasi (SI) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi gelar sidang skripsi pada Sabtu, (10/8/2019) di Gedung NPU 

HMSI Universitas Nusa Putra mengenalkan SSNC melalui workshop

Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) Universitas Nusa Putra (UNsP) Sukabumi, menggelar workshop untuk kenalkan Samba Server Networking Computer (SSNC). Worksop