logo
DAFTAR

PGSD

Gelar Akademik Sarjana Pendidikan (S.Pd)

Telah Terakreditasi “BAIK” dari BAN-PT pada tahun 2018

Program Studi PGSD (S1) adalah program studi yang menghasilkan sarjana pendidikan bidang pendidikan dasar yang profesional dengan memiliki kemampuan dasar mendidik dengan berlandaskan teknopreneur, kolaborasi/kerjasama dan kemandirian. Program Studi PGSD Nusa Putra University mendapatkan izin operasaional pada tanggal 08 Februari 2018 bersamaan dengan Surat Keputusan Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor :108/KPT/I/2018 Tentang Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra menjadi Universitas Nusa Putra. Sebelumnya Program Studi PGSD ini dinyatakan telah terakreditasi oleh BAN-PT pada tanggal 10-01-2018. Memperhatikan Peraturan Menteri Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor : 32 Tahun 2016 Tentang Akreditasi Program Studi Dan Perguruan Tinggi pada Pasal 3 ayat 4 tentang peringkat akreditasi yang dinyatakan terakreditasi Baik, Baik Sekali dan Unggul maka dapat dinyatakan bahwa program studi PGSD Universitas Nusa Putra kategori “Terakreditasi Baik”

 

Profil Lulusan

Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) jenjang sarjana diarahkan untuk menghasilkan sarjana strata 1 (S1) Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang memiliki keahlian sebagai:

  1. Tenaga Pendidik di SD yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan berdasarkan keilmuan, wawasan, pengetahuan, dan motivasi dalam hal teknopreneur, kolaborasi, dan kemandirian berlandaskan nilai pancasila yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dasar.
  2. Peneliti Pemula yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran, serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji seperti Pengembangan Teknopreneur di SD, Pengembangan Humor di SD, Pengembangan TIK di SD, Pengembangan Kesenian di SD, dan Public Speaking di SD untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  3. Praktisi Pendidikan di SD yang dapat mengembangkan dan mengelola pendidikan yang berperan sebagai konsultan pendidikan, pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, pengembang media dan sumber belajar serta pendidik di jalur non formal setara sekolah dasar.

 

Peluang Karir

  1. Menjadi Guru Kelas
  2. Menjadi Peneliti Bidang Pendidikan
  3. Menjadi Wirausaha bidang Pendidikan
  4. Tenaga analis bidang pendidikan

 

Keunggulan Program Studi PGSD

  1. Kuliah 2 Tahun di dalam kampus dan 2 Tahun di luar kampus adalah Sistem perkuliahan yang diterapkan di kampus Nusa Putra University menyeimbangkan antara education, experience and Actually di mana mahasiswa pada semester 5 sudah membiasakan untuk perkuliahan di luar kampus dengan pola Magang, Riset dan Student Exchange. Mahasiswa akan didorong untuk meangaktualisasikan kemampuannya setelah pada semester 5 dengan berbagai kegiatan yang tidak aja di kampus Nusa Putra tapi juga di tempat luar.
  2. Program Pendampingan Karir adalah Mahasiswa akan diberikan bimbingan melalui pendambingan karier yang disesuaikan dengan keinginan dan bakat mahasiswa di akhir semester 5, mahasiswa akan memiliki Curiculum Vite mereka sendiri dan sudah dapat membuat application letter untuk melamar pekerjaan magang sesuai dengan minat dan bakatnya.
  3. Tenaga Dosen Berkualitas : Dosen merupakan lulusan universitas terkemuka di Indonesia dan di dunia yang mempunyai pengalaman akademis dan praktis. Dosen memiliki jaringan luas di sektor swasta, pemerintahan dan universitas luar negeri. Mahasiswa dapat dengan mudah melakukan konsultasi dengan para dosen terkait
  4. Pembelajaran Bleanded Learning Model pembelajaran yang memadukan pendidikan dengan model konvesional dan e-learning, dimana mahasiswa nusa putra dapat belajar dengan model ini yang akan menghemat waktu pertemuan di kampus dan belajar bisa dimana saja 24 jam dengan bimbingan dosen.
  5. Guest Lecturer dari para pakar dan praktisi baik dalam maupun luar negeri
  6. Fasilitas penunjang sarana belajar mengajar yang modern
  7. Kerja sama dengan asosiasi profesi pendidik (PGRI, IGI, FGII dll)
  8. Laboratorium Micro Teaching yang lengkap.

Visi Keilmuan Program Studi

“Mengembangkan keilmuan pendidikan guru sekolah dasar yang unggul secara nasional tahun 2025, dengan penerapan hasil-hasil penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pendekatan sosial, ekonomi dan budaya untuk dapat meningkatkan kualitas guru dan lulusan siswa sekolah dasar agar dapat setara dengan kualitas pendidikan sekolah dasar di negara-negara maju”

Misi Keilmuan Program Studi

Misi Program Studi (S1) PGSD Universitas Nusa Putra adalah untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat lokal dan global melalui penyediaan pendidikan kelas dunia dalam bidang PGSD dengan:

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan dan pengajaran berbasis kompetensi pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, mandiri, dan profesional dalam mengolah dan menggali potensi bangsa.
  2. Melaksanakan penelitian kreatif dan inovatif dengan cara mengembangkan dan mengintegrasikan pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar terhadap nilai seni dan budaya, sosial ekonomi, dan peradaban bangsa Indonesia.
  3. Menyebarluaskan hasil penelitian dalam bentuk pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang mampu bersaing secara global dan dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kehidupan masyarkat
  4. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yang berbasis kepada keilmuan pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya pendidikan dasar dalam menghadapi persaingan secara global.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri yang memberikan dampak signifikan kepada kemajuan institusi

Tujuan Keilmuan Program Studi

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam mentransfer nilai seni dan budaya bangsa kedalam Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
  2. Menghasilkan karya dibidang metode dan teknik mengajar yang dapat membantu memudahkan proses pembelajaran.
  3. Terciptanya kualitas proses pembelajaran dengan menciptakan suasana belajar yang menjamin interaksi yang baik antara mahasiswa lokal maupun asing.
  4. Terwujudnya kemampuan akademik dan profesionalitas sumber daya manusia yang unggul.
  5. Menghasilkan jumlah penelitian dan publikasi di jurnal nasional maupun internasional yang memfokuskan pada kaitan antara Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan muatan kearifan lokal.
  6. Terciptanya program pengabdian masyarakat yang berkesinambungan, yang dapat membantu masyarakat baik lokal maupun nasional dalam mengatasi permasalahanpermasalahan pendidikan dasar yang ada.
  7. Terciptanya suasana ilmiah dan kehidupan akademik yang sehat, sehingga tercipta budaya akademik yang kuat di lingkungan institusi.

Berikut adalah empat alasan mengapa harus memilih kuliah Ilmu Keguruan/PGSD di Universitas Nusa Putra (NPU) menurut Dosen Pendidikan NPU Samsul Pahmi, 

Mahasiswa jurusan Keguruan/PGSD NPU digembleng pendidikan karakter, seperti kepramukaan dan public speaking. Saat ini telah dibuka Program Studi Pendididikan Guru