- TENTANGEnrichment ProgramHumanitarian ProjectIndependent Study of Project
- AKADEMIK
- Penelitian
- INFORMASI
- PENDAFTARANProgram SarjanaBeasiswa Program SarjanaProgram PascasarjanaBeasiswa Program Magister
- ID
Home » Akademik » Fakultas Bisnis dan Humaniora (FBH) » Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Perkembangan kehidupan masyarakat pada era global saat ini, menuntut perguruan tinggi untuk melakukan reorientasi reformasi dalam sistem pendidikan, keseimbangan dalam sosial. Hal itu merupakan bagian terpenting dari perguruan tinggi sebagai lembaga pengajaran, pencipta pengetahuan dan penyedia yang berdaya guna dalam peningkatan kesejahteraan rakyat dan daya saing bangsa. Dengan demikian, berbagai prodi harus berupaya meningkatkan kualitas pendidikanya kepada masyarakat. Salah satunya adalah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar merupakan prodi rumpun pendidikan yang pertama kali ada di Universitas Nusa Putra yang masih tergabung di Fakultas Bisnis dan Humaniora (FBH).
Program studi PGSD Nusa Putra University mendapatkan izin operasional pada tanggal 08 Februari 2018 bersamaan dengan Surat Keputusan Menteri Riset, teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor:108/KPT /I/2018 tentang Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra menjadi Universitas Nusa Putra.
Prodi PGSD pada awal penerimaan mahasiswa baru, animo mayarakat sangat tinggi hampir menyamai prodi favorit pada waktu itu yaitu teknik informatika dan prodi manajemen. Hal ini merupakan tantangan tersendiri bagi prodi PGSD untuk memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat.
Sumber Daya Tenaga Pengajar pada Prodi PGSD diisi oleh beberapa dosen sesuai kepakarannya. Kemampuan disiplin ilmu yang dimaksud adalah menyangkut 5 disiplin ilmu dasar ke-SD-an, yaitu IPA, IPS, Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika.
“Menjadi penyelenggara Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang unggul dalam pendidikan moral dan literasi dasar melalui kajian Sainsmatika, Sosial, Bahasa dan Seni untuk menghasilkan lulusan yang adaptif terhadap perkembangan iptek dan berdaya saing global pada tahun 2042”
The graduates of this study program have broad job prospects, mainly to become educators in elementary schools who are able to plan, implement, evaluate and develop education based on their knowledge. Graduates from this study program can also become researchers who are able to solve learning problems, and are able to produce proven learning innovations to improve the quality of learning. In addition, this PGSD graduate can also become an education practitioner in elementary schools who act as mentors, education managers, extra-curricular coaches, media developers and learning resources.
Elementary School Teacher Education (PGSD) undergraduate program is directed to produce bachelor Elementary School Teacher Education who have the following skills:
Semester | Kode | Nama Mata Kuliah (In) | Course Name (Eng) | SKS | ECTS | Total | |
SKS | ECTS | ||||||
WN10002 | Pendidikan Kewarganegaraan | Civic Education | 2 | 3,2 | |||
WU11001 | Bahasa Inggris Akademik | English for Academics | 2 | 3,2 | |||
PG11001 | Pedagogi | Pedagogy | 2 | 3,2 | |||
PG11002 | Konsep Dasar IPS | Basic Concepts of Social Studies | 2 | 3,2 | |||
1 | PG11003 | Landasan Pendidikan | Educational Foundation | 2 | 3,2 | 18 | 28,8 |
PG11004 | Pendidikan Karakter | Character Education | 3 | 4,8 | |||
PG11005 | Konsep Dasar Matematika | Basic Concepts of Mathematic | 2 | 3,2 | |||
PG11006 | Psikologi Pendidikan | Educational of Psychology | 3 | 4,8 | |||
WN10001 | Pendidikan Pancasila | Pancasila Education | 2 | 3,2 | |||
WU12002 | Bahasa Inggris Profesi | English for Profession | 2 | 3,2 | |||
WU12003 | Kenusaputraan | Kenusaputraan | 1 | 1,6 | |||
PG12001 | Perkembangan Peserta didik | Student Development | 2 | 3,2 | |||
PG12002 | Bahasa Indonesia di Kelas Rendah | Indonesian in Low Class | 2 | 3,2 | |||
2 | PG12003 | Konsep Dasar IPA | Basic Concepts of Natural Science | 2 | 3,2 | 19 | 30,4 |
PG12004 | Pembelajaran Matematika di SD | Mathematics Learning in ElementarySchool | 3 | 4,8 | |||
PG12005 | Filsafat Pendidikan | Educational of Philosophy | 2 | 3,2 | |||
PG12006 | Pembelajaran IPS di SD | Social Learning in Elementary School | 3 | 4,8 | |||
WN20004 | Agama dan Etika | Religion and Ethics | 2 | 3,2 | |||
PG21007 | Bimbingan dan Konseling di SD | Guidance and Counseling inElementary School | 3 | 4,8 | |||
PG21008 | Manajemen Pendidikan | Educational Management | 3 | 4,8 | |||
PG21009 | Inovasi Pembelajaran Berbasis TIK | ICT-Based Learning Innovations | 3 | 4,8 | |||
3 | PG21010 | Telaah Kurikulum Sekolah Dasar | Elementary School CurriculumReview | 3 | 4,8 | 23 | 36,8 |
PG21011 | Bahasa Indonesia di Kelas Tinggi | Indonesian in High Class | 3 | 4,8 | |||
PG21012 | Metodologi Penelitian | Research Methodology | 3 | 4,8 | |||
PG21013 | Pembelajaran IPA di SD | Science Learning in ElementarySchool | 3 | 4,8 | |||
WN20003 | Bahasa Indonesia dan Budaya | Indonesian Language and Culture | 2 | 3,2 | |||
PG22007 | Pendidikan Inklusi | Inclusive Education | 3 | 4,8 | |||
PG22008 | Pengelolaan Kelas | Management Classroom | 2 | 4,8 | |||
4 | PG22009 | Perencanaan Pembelajaran danMicro Teaching | Teaching Plan and Micro Teaching | 3 | 4,8 | 21 | 33,6 |
PG22010 | Evaluasi Pembelajaran | Learning Evaluation | 3 | 4,8 | |||
PG22011 | Statistika Penelitian Pendidikan | Research Statistics | 3 | 4,8 | |||
PG22012 | Pembelajaran SBDP di SD | Arts in Elementary School | 3 | 4,8 | |||
PG22013 | Penelitian Tindakan Kelas | Classroom Action Research | 2 | 3,2 | |||
PG31017 | Sosiologi dan Antopologi Pendidikan | Educational Sociology and Anthropology | 2 | 3,2 | |||
PG31018 | STEAM | Sciences, Technology, Engineering, Art, and Mathematics | 3 | 4,8 | |||
PG31014 | Pendidikan Jasmani dan Olahraga | Sport Education | 3 | 4,8 | |||
5 | PG31015 | Etika Profesi Guru | Teacher Professional Ethics | 2 | 3,2 | 23 | 36,8 |
PG31016 | Pendidikan Bahasa Daerah | Local Language Eduacation | 3 | 4,8 | |||
PG31018 | Pembelajaran Bahasa Inggris SD | English Learning in ElementarySchool | 2 | 3,2 | |||
WU30004 | Praktek Kerja Lapangan (PKL/PPL) | Work in Practice | 2 | 3,2 | |||
- | MK Pilihan: Inti Peminatan | Specialization course | 6 | 9,6 | |||
FB32001 | Kewirausahaan | Entrepreneurship | 2 | 3,2 | |||
6 | WU30005 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | Community Service | 2 | 3,2 | 19-24 | 30,4-38,4 |
- | MK Pilihan I: MBKM/SCP /Pendalaman | Elective Course I: MBKM/ SCP/ In- Depth | 15-20 | 24-32 | |||
FB41002 | Filsafat Ilmu | Philosophy of Science | 2 | 3,2 | |||
7 | - | MK Pilihan II: MBKM/SCP /Pendalaman | Elective Course: MBKM/ SCP II/In- Depth | 15-20 | 24-32 | 17-22 | 27,2-35,2 |
8 | PG40019 | Skripsi | Thesis | 6 | 9,6 | 6 | 9,6 |
Jumlah | 146-156 | 233.6-249.6 |