Penerimaan Mahasiswa Baru

PENERIMAAN MAHASISWA BARU ANGKATAN 2019/2020

MABIM
14-15 SEPTEMBER 2019
START KULIAH
16 SEPTEMBER 2019

Penerimaan mahasiswa baru untuk jalur mandiri non beasiswa terdapat 2 jalur yaitu sebagai berikut:

1. JALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU TEST

Jalur penerimaan ini mewajibkan calon mahasiswa untuk mengikuti serangkaian test yang akan di lakukan di kampus Universitas Nusa Putra.

Dokumen persyaratan yang harus di upload ke website pmb

  1. Hasil scan atau photo Identitas diri seperti KTP/ SIM/Surat Keterangan Siswa.
  2. Hasil scan atau photo pas photo ukuran 4×6 dengan background warna putih.
  3. Hasil scan atau photo ijazah SLTA dan UAN* (*bagi angkatan 2019 mengunakan Raport)

Jadwal Test

2. JALUR PENERIMAAN MAHASISWA NON TEST (Khusus untuk luar wilayah Sukabumi)

Mengingat banyaknya peminat luar kota yang tidak memungkinkan mengikuti test akademik di Sukabumi, maka untuk mempermudah para pendaftar yang berlokasi di luar kota Sukabumi dan sekitarnya memungkinkan melakukan pendaftaran mahasiswa jalur non test.

Jalur penerimaan ini tanpa test dimana kelulusan ditentukan dengan menggunakan penilaian sistem rangking berdasarkan Nilai Raport tertinggi pendaftar, prestasi akademik maupun non akademik selama di SLTA yang di unggah ke halaman penerimaan mahasiswa jalur Non Test.

Persyaratan dokumen yang harus diupload di halaman penerimaan Non Test

  1. Hasil scan atau photo Identitas diri seperti KTP/ SIM/Surat Keterangan Siswa.
  2. Hasil scan atau photo pas photo ukuran 4×6 dengan background warna putih.
  3. Hasil scan atau photo Rapot kelas 1,2 dan 3* (*sampai semester ganjil untuk angkatan 2019)
  4. Hasil scan atau photo ijazah dan SLTA* (*bagi angkatan 2019 tidak usah)
  5. Hasil scan atau photo Hasil Ujian Akhir Nasional SLTA* (*bagi angkatan 2019 tidak usah)
  6. Hasil scan atau photo sertifikat atau surat keterangan prestasi yang di raih baik akademik maupun non akademik sebagai tambahan.

Jadwal Non Test

BIAYA KULIAH DAN RINCIAN PEMBAYARAN

PILIHAN KULIAH (GELOMBANG 2)

Pilihan perkuliahan ini sangat cocok bagi lulusan SLTA yang memiliki waktu luang dengan jadwal perkuliahan regular dari hari  senin sampai dengan hari Jumat dimulai perkuliahan jam 08:00 WIB sampai selesai. Mahasiswa regular dapat mengikuti berbagai kegiatan kemahasiswaan baik di dalam lingkungan kampus maupun di luar kampus dengan berbagai kegiatan sesuai bakat dan minat mahasiswa untuk mengasah softskillnya. Mahasiswa bisa bebas berorganisasi  dan aktif dalam kegiatan kemahasiswaan yang ada di dunia kemahasiswaan.

Perkuliahan Online juga diperkenalkan ke mahasiswa regular untuk mengasah mahasiswa memasuki dunia digital dalam perkuliahan modern Model Pembelajaran Revolusi Indutri 4.0 saat ini dengan mengikuti maksimal 2 mata kuliah yang diajarkan secara online. Dengan memilih perkuliahan regular siang mahasiswa dimungkinkan untuk memilih program kampus seperti : Student Exchange, Dual degree dan joint research di kampus luar negeri. Mahasiswa juga dapat mengikuti, voleentir  dan Internship di luar negeri.

Program Studi dan Kuota yang ditawarkan dalam perkuliahan Reguler Siang meliputi semua program studi yang ada di Universitas Nusa Putra Baik Program Sarjana maupun Program Vokasi sebagai berikut :

  1. Manajemen (S1) 120 Mahasiswa
  2. Akuntansi (S1) 105 Mahasiswa
  3. PGSD (S1)   80 Mahasiswa
  4. Ilmu Hukum (S1) 120 Mahasiswa
  5. Teknik Sipil (S1)   90 Mahasiswa
  6. Teknik Mesin (S1)   90 Mahasiswa
  7. Teknik Elektro (S1)   90 Mahasiswa
  8. Teknik Informatika (S1) 105 Mahasiswa
  9. Sistem Infromasi (S1) 105 Mahasiswa
  10. Desain Komunikasi Visual (S1) 105 Mahasiswa
  11. Teknik Mesin (D3)   70 Mahasiswa
  12. Teknik Elektronika (D3)   70 Mahasiswa

DAFTAR TEST


DAFTAR NON TEST

Pilihan perkuliahan ini sangat cocok bagi karyawan, wirausaha dan professional yang memiliki jadwal pekerjaan rutin dari hari senen sampai hari Jumat di siang hari. Dengan Jadwal Kuliah dari hari Senin s/d Kamis yang di mulai Jam 18:30 s/d jam 21:00 WIB memungkinkan perkuliahan di kampus hanya di jalanin 4 hari dalam seminggu sehingga akan menghemat waktu kuliah dan tidak mengganggu waktu anda bersama keluarga di hari sabtu dan minggu. Dengan keinginan kuat untuk menempuh pendidikan sarjana tentunya program ini sangat sesuai dengan waktu yang dimiliki dan bisa menempuh pendidikan dengan tepat waktu dengan kualitas yang baik sebagai sarjana dari kampus yang berkualitas. Program Studi yang ditawarkan dalam perkuliahan Reguler Malam meliputi program studi sebagai berikut :
  1. Manajemen (S1) 80 Mahasiswa
  2. Akuntansi (S1) 70 Mahasiswa
  3. PGSD (S1) 40 Mahasiswa
  4. Ilmu Hukum (S1) 80 Mahasiswa
  5. Teknik Sipil (S1) 35 Mahasiswa
  6. Teknik Mesin (S1) 35 Mahasiswa
  7. Teknik Elektro (S1) 35 Mahasiswa
  8. Teknik Informatika (S1) 70 Mahasiswa
  9. Sistem Infromasi (S1) 70 Mahasiswa

DAFTAR TEST


DAFTAR NON TEST
Pilihan perkuliahan ini sangat cocok bagi karyawan, wirausaha dan professional yang memiliki ritme pekerjaan rutin dari hari senen sampai hari Jumat dengan jadwal pekerjaan yang ketat dan tidak menentu seperti adanyanya jadwal shift dan lembur yang harus dijalani dalam pekerjaan. Dengan keinginan kuat untuk menempuh pendidikan sarjana tentunya program ini sangat sesuai dengan waktu yang dimiliki dan bisa menempuh pendidikan dengan tepat waktu dengan kualitas yang baik sebagai sarjana dari kampus yang berkualitas. Program Studi dan Kuota yang ditawarkan dalam perkuliahan Blended Learning ini meliputi program studi sebagai berikut :
  1. Manajemen (S1) 80 Mahasiswa
  2. Akuntansi (S1) 40 Mahasiswa
  3. PGSD (S1) 40 Mahasiswa
  4. Ilmu Hukum (S1) 80 Mahasiswa
  5. Teknik Sipil (S1) 35 Mahasiswa
  6. Teknik Mesin (S1) 35 Mahasiswa
  7. Teknik Elektro (S1) 35 Mahasiswa
  8. Teknik Informatika (S1) 70 Mahasiswa
  9. Sistem Infromasi (S1) 70 Mahasiswa
  10. Desain Komunikasi Visual (S1) 70 Mahasiswa
PENGERTIAN KULIAH BLENDED LEARNING Pengertian Blended Learning sendiri adalah kelas yang menggabungan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran secara daring (online). Dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai basis pembelajaran, diharapkan mahasiswa dapat belajar lebih maksimal tanpa mengganggu waktu kerja mereka sangat cocok untuk karyawan. Fasilitas Blended Learning Universitas Nusa Putra memudahkan mahasiwa mengakses e-journal, e-book, digital library, maupun berbagai akses sumber-sumber pembelajaran dan memudahkan dosen untuk pengembangan pembelajaran. JADWAL BELAJAR FLEKSIBEL Jadwal perkuliahan untuk sarjana dengan metode Blended Learning akan memudahkan mahasiswa dalam mengatur jadwal kuliah, disesuaikan dengan kesibukan. Lama masa kuliah untuk program S1 adalah 48 bulan atau 4 tahun. Mahasiswa mendapatkan materi kuliah online menggunakan Learning Management System (LMS) yang disediakan selama 24 jam per hari dan 7 hari setiap minggu. Dalam metode belajar online, mahasiswa dapat mengakses dan mempelajari materi di mana saja dan kapan saja disesuaikan dengan jadwal kesibukan. WAKTU KULIAH DAN DASAR HUKUM PENYELENGGARAAN Waktu Perkuliahan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Proses pembelajaran berlangsung selama 8 (delapan) semester. Semua Mata kuliah (MK) dilakukan secara offline (tatap muka) dan online (daring). Perkuliahan semester 1 (satu) sampai semester 6 (enam) terdiri dari 7 (tujuh) sampai 8 (delapan) MK. Semester 7 (tujuh) dan 8 (delapan), Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktek Kerja Lapangan (PKL), Penelitian, Seminar Tugas Akhir, Skripsi sampai dengan sidang skripsi, dilakukan secara offline. Rata-rata Total perkuliahan menempuh 50 Mata Kuliah (MK) yang diajarkan dengan pembagian metode sebagai berikut :
  • 23 MK online,
  • 27 MK tatap muka
Dasar hokum penyelenggaraan perkuliahan ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI Nomor: 24 Tahun 2012 Pasal 4 & 15; Nomor 109 Tahun 2013 Pasal 4; Panduan Pelaksanaan PJJ 2016 Dirjen Kemenristekdikti Bab 2 Prinsip-Prinsip PJJ, Huruf A. Pengertian dan Ruang Lingkup PJJ, angka 13. Persentase MK tatap muka dan online adalah : 23/50 = 46% MK online 27/50 = 54% MK tatap muka OPTIMALISASI PERTEMUAN DI HARI SABTU Hari sabtu di jadikan sebagai optimalisasi pertemuan secara offline dengan dosen pengampu mata kuliah yang berbasis praktik dan penggunaan laboratorium, sehingga mahasiswa dapat menyerap ilmu pengetahuan secara maksimal sesuai kompetensi yang diharapkan sebagai lulusan Sarjana yang berkulitas.

DAFTAR TEST


DAFTAR NON TEST
Pilihan perkuliahan ini sangat cocok bagi karyawan, wirausahan dan professional yang memiliki ritme pekerjaan rutin dari hari senen sampai hari Sabtu dengan jadwal pekerjaan yang ketat dan tidak menentu seperti adanyanya jadwal shift dan lembur yang harus dijalani dalam pekerjaan. Dengan keinginan kuat untuk menempuh pendidikan sarjana tentunya program ini sangat cocok dan bisa menempuh pendidikan dengan tepat waktu dengan kualitas yang baik sebagai sarjana dari kampus yang berkualitas. Program Studi dan Kuota yang ditawarkan dalam perkuliahan Reguler Malam meliputi program studi sebagai berikut :
  1. Manajemen (S1) 80 Mahasiswa
  2. Akuntansi (S1) 70 Mahasiswa
  3. PGSD (S1) 80 Mahasiswa
  4. Ilmu Hukum (S1) 70 Mahasiswa
  5. Teknik Sipil (S1) 70 Mahasiswa
  6. Teknik Mesin (S1) 70 Mahasiswa
  7. Teknik Elektro (S1) 35 Mahasiswa
  8. Teknik Informatika (S1) 70 Mahasiswa
  9. Sistem Infromasi (S1) 70 Mahasiswa
PENGERTIAN KULIAH BLENDED LEARNING Pengertian Blended Learning sendiri adalah kelas yang menggabungan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran secara daring (online). Dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai basis pembelajaran, diharapkan mahasiswa dapat belajar lebih maksimal tanpa mengganggu waktu kerja mereka sangat cocok untuk karyawan. Fasilitas Blended Learning Universitas Nusa Putra memudahkan mahasiwa mengakses e-journal, e-book, digital library, maupun berbagai akses sumber-sumber pembelajaran dan memudahkan dosen untuk pengembangan pembelajaran. JADWAL BELAJAR FLEKSIBEL Jadwal perkuliahan untuk sarjana dengan metode Blended Learning akan memudahkan mahasiswa dalam mengatur jadwal kuliah, disesuaikan dengan kesibukan. Lama masa kuliah untuk program S1 adalah 48 bulan atau 4 tahun. Mahasiswa mendapatkan materi kuliah online menggunakan Learning Management System (LMS) yang disediakan selama 24 jam per hari dan 7 hari setiap minggu. Dalam metode belajar online, mahasiswa dapat mengakses dan mempelajari materi di mana saja dan kapan saja disesuaikan dengan jadwal kesibukan. WAKTU KULIAH DAN DASAR HUKUM PENYELENGGARAAN Waktu Perkuliahan dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Proses pembelajaran berlangsung selama 8 (delapan) semester. Semua Mata kuliah (MK) dilakukan secara offline (tatap muka) dan online (daring). Perkuliahan semester 1 (satu) sampai semester 6 (enam) terdiri dari 7 (tujuh) sampai 8 (delapan) MK. Semester 7 (tujuh) dan 8 (delapan), Kuliah Kerja Nyata (KKN), Praktek Kerja Lapangan (PKL), Penelitian, Seminar Tugas Akhir, Skripsi sampai dengan sidang skripsi, dilakukan secara offline. Rata-rata Total perkuliahan menempuh 50 Mata Kuliah (MK) yang diajarkan dengan pembagian metode sebagai berikut :
  • 23 MK online,
  • 27 MK tatap muka
Dasar hukum penyelenggaraan perkuliahan ini mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan & Kebudayaan RI Nomor: 24 Tahun 2012 Pasal 4 & 15; Nomor 109 Tahun 2013 Pasal 4; Panduan Pelaksanaan PJJ 2016 Dirjen Kemenristekdikti Bab 2 Prinsip-Prinsip PJJ, Huruf A. Pengertian dan Ruang Lingkup PJJ, angka 13. Persentase MK tatap muka dan online adalah : 23/50 = 46% MK online 27/50 = 54% MK tatap muka OPTIMALISASI PERTEMUAN DI HARI MINGGU Hari Minggu di jadikan sebagai optimalisasi pertemuan secara offline dengan dosen pengampu mata kuliah yang berbasis praktik dan penggunaan laboratorium, sehingga mahasiswa dapat menyerap ilmu pengetahuan secara maksimal sesuai kompetensi yang diharapkan sebagai lulusan Sarjana yang berkulitas.

DAFTAR TEST


DAFTAR NON TEST