Ilmu Hukum

Gelar Akademik Sarjana Ilmu Hukum (S.H.)

Tentang Program Studi Ilmu Hukum Nusa Putra University

Program Studi Ilmu Hukum Nusa Putra University mendapatkan izin operasaional pada tanggal 08 Februari 2018 bersamaan dengan Surat Keputusan Mentri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor :108/KPT/I/2018 Tentang Perubahan Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra menjadi Universitas Nusa Putra. Sebelumnya Program Studi Ilmu Hukum dinyatakan telah terakreditasi oleh BAN-PT pada tanggal 10-01-2018. Mulai tahun ajaran 2018-2019 menerima mahasiswa baru, ilmu hukum di Nusa Putra University fokus pada pengembangan karier mahasiswa di bidang hukum. Kurikulum yang dirancang dengan dengan system 2,5 tahun kuliah di kampus dan 1,5 tahun di luar kampus yang diajarkan oleh para dosen praktisi dengan metode yang interaktif. Mahasiswa akan melalui proses belajar mengajar yang mengintegrasikan mata kuliah yang menekankan pola berpikir teoritis dan praktis untuk dapat menjalankan profesi yang akan digelutinya kelak setelah lulus.

 

Mengapa Pilih Ilmu Hukum Nusa Putra University?

Kami adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menerapkan perkuliahan dengan model bleanded system dan menerapkan system kelulusan dengan tiga jalur yaitu model Magang, Riset dan Student Exchange. Program magang bahkan diwajibkan pada semua mahasiswa karena kami berharap mahasiswa akan mudah mendapatkan pekerjaan impian setelah lulus kuliah nanti.

 

Profil Lulusan

Lulusan pada Program Studi Ilmu Hukum diharapkan dapat memiliki kemampuan profesional dalam:

  1. Penguasaan Tatanan hukum Indonesia secara spesifik serta hukum ASEAN dan internasional secara umum
  2. Melakukan penelitian di bidang hukum untuk kepentingan akademis dan praktis
  3. Memberikan pendapat hukum (legal opinion) mengenai hukum yang efektif dan efisien kepada klien
  4. Membuat kontrak bisnis
  5. Mengerjakan uji tuntas dari segi hukum (legal due diligence) khususnya yang terkait dengan hukum bisnis
  6. Mewakili klien untuk beracara di persidangan pengadilan dan arbitrase serta untuk melakukan tindakan hukum terkait
  7. Menjadi entrepreneur yang menguasai hukum bisnis (lawyerpreneur)
  8. Menguasai bahasa asing terutama bahasa Inggris secara profesional dalam konteks hukum

 

Peluang Karir

  1. Sebagai Penegak Hukum (Hakim, Advokat, Jaksa dan Polisi)
  2. Konsultan Hukum (Bisnis, hubungan internasional, keuangan dan lain-lain)
  3. Bagian Hukum di Perusahaan (Bagian Legal, HRD, Bagian Kerjasam dan lain-lain)
  4. Notaris dan PPAT
  5. Konsultan Kekayaan Intelektual
  6. Pekerja di Sektor Publik (sektor eksekutif, legislatif, dan yudikatif).
  7. Pemerintah Daerah dan masih banyak lagi.

 

Keunggulan Program Studi Ilmu Hukum

  1. Kuliah 2 Tahun di dalam kampus dan 2 Tahun di luar kampus
    Sistem perkuliahan yang diterapkan di kampus Nusa Putra University menyeimbangkan antara education, experience and Actually di mana mahasiswa pada semester 4 sudah membiasakan untuk perkuliahan di luar kampus dengan pola Magang, Riset dan Student Exchange. Mahasiswa akan didorong untuk meangaktualisasikan kemampuhannya setelah semester 4 dengan berbagai kegiatan yang tidak aja di kampus Nusa Putra tapi juga di tempat luar.
  2. Program Pendampingan Karir
    Mahasiswa akan diberikan bimbingan melalui pendambingan karier yang disesuaikan dengan keinginan dan bakat mahasiswa di akhir semester 5, mahasiswa akan memiliki Curiculum Vite mereka sendiri dan sudah dapat membuat application letter untuk melamar pekerjaan magang sesuai dengan minat dan bakat seperti : Law firm, perusahaan swasta, Lembaga negara dan organisasi nirlaba sebagai staff hokum. Akhirnya Mahasiswa akan memiliki spesialisasi hukum di akhir semester, seperti sebagai advokat, spesialis perburuhan, biang hokum pidana, perdata, dan lain-lain. Spesialisasi ini dapat berubah sesuai dengan keinginan mahasiswa/i dan nasihat mentor karier mereka
  3. Kurikulum Berkulitas Tinggi
    1. Memiliki Kurikulum yang terintegrasi dengan kebutuhan masyarakat, instansi swasta, lembaga pemerintahan, perusahaan dalam dan luar negeri, untuk menghasilkan lulusan ahli hukum yang kompeten dan professional.
    2. Rancangan kurikulum ditunjang oleh praktisi dan tenaga dosen yang handal dalam bidang Ilmu Hukum yang memiliki kualifikasi pendidikan memadai dan berasal dari perguruan tinggi yang kredibel.
    3. Kurikulum yang dirancang didasari oleh trilogi nusa putra (cinta kasih ilahi, orang tua, dan sesama manusia) yang tertanam dalam pribadi mahasiswa dan lulusan, sehingga dapat menerapkan nilai-nilai tersebut baik dalam penerapan ilmu hukum di masyarakat maupun dalam dunia kerja.
    4. Kurikulum yang dirancang mene.kankan pada penyelenggaraan pendidikan yang fleksibel dan intensif sehingga mampu mengakomodir kedalaman dan keluasan kajian ilmu hukum baik di nasional maupun internasional
    5. Kurikulum yang dirancang mengedepankan pada penelitian-penelitian berkualitas yang dapat mengatasi permasalahan-permasalahan hukum yang terjadi di era teknologi saat ini, melalui solusi-solusi yang tepat yang tidak merugikan bangsa dan negara.
    6. Kurikulum yang dirancang menghasilkan luaran yang dapat bersaing secara global melalui penguasaan keilmuan Ilmu Hukum yang sustainable dan kemampuan bahasa inggris yang memadai.
    7. Kurikulum yang dirancang sudah disesuaikan dengan target pencapaian akreditasi baik di tingkat lokal yaitu dari BAN-PT maupun di tingkat internasional.
  4. Tenaga Dosen Berkualitas
    Dosen merupakan lulusan universitas terkemuka di Indonesia dan di dunia yang mempunyai pengalaman akademis dan praktis. Dosen memiliki jaringan luas di sektor swasta, pemerintahan (eksekutif), legislatif, yudikatif, dan universitas luar negeri. Mahasiswa/i dapat dengan mudah melakukan konsultasi dengan para dosen terkait
  5. Failitas Laboratorium dan Penelitian
    Memiliki Laboratorium lengkap dengan simulasi sidang, lab computer dan lain sebagainya ditunjang fasilitas untuk penelitian dengan ketersediaan buku bacaan berkualitas internasional antara lain dari Harvard University, Oxford University Press, Cambridge University Press dan e-book yang dapat diakses oleh mahasiswa sebagai bahan penelitian.
  6. Pembelajaran Bleanded Learning
    Model pembelajaran yang memadukan pendidikan dengan model konvesional dan e-learning, dimana mahasiswa nusa putra dapat belajar dengan model ini yang akan menghemat waktu pertemuan di kampus dan belajar bisa dimana saja 24 jam dengan bimbingan dosen.

Visi Program Studi Hukum adalah

“Menjadi penyelenggara pendidikan hukum kelas dunia yang menghasilkan ahli hukum cerdas dan religius serta kompetitif dan inovatif di bidang penelitian pada tahun 2043”.

Misi Program Studi Hukum Universitas Nusa Putra adalah sebagai berikut:

  1. Melenyenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang ilmu hukum yang berkualitas ditunjang dengan substansi materi perkuliahan yang relevan dengan perkembangan jaman, sumber daya dosen yang handal dan berkualitas, serta sarana dan prasarana yang memadai;
  2. Menghasilkan penelitian-penelitian dalam bidang ilmu hukum yang diakui secara nasional maupun internasional;
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk implementasi hasil penelitian bidang ilmu hukum yang dapat membantu masyarakat dalam mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan hukum.
  4. Meningkatkan mutu pendidikan ilmu hukum melalui peningkatan kualitas pembelajaran untuk menghasilkan lulusan yang cerdas secara spiritual, emosional, intelektual dan professional di bidang keilmuan hukum.
  5. Menjalin berbagai kerjasama dengan berbagai pihak, baik lokal, nasional maupun internasional.

Tujuan Program Studi Hukum Universitas Nusa Putra adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan Sarjana Hukum yang memiliki kompetensi, pengetahuan, keahlian dan sikap yang unggul serta mampu bersaing secara global.
  2. Menghasilkan penelitian dan publikasi yang berkelanjutan dalam rangka pengembangan keilmuan hukum dalam perspektif nasional maupun internasional.
  3. Terciptanya program pengabdian masyarakat yang berkesinambungan, yang dapat membantu masyarakat baik lokal maupun nasional dalam mengatasi permasalahan-permasalahan hukum.
  4. Terciptanya suasana ilmiah dan kehidupan akademik yang sehat, sehingga tercipta budaya akademik yang kuat di lingkungan institusi yang menghasilkan yang Sarjana Hukum yang cerdas secara spiritual, emosional, intelektual.
  5. Terjalinnya kerjasama di tingkat nasional dan internasional yang berorientasi pada peningkatan kapasitas Program Studi Hukum dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara berkelanjutan.

Mengapa Memilih Kuliah Ilmu Hukum di Universitas Nusa Putra? Kenali Lebih Jauh, Yuk

Universitas Nusa Putra (NPU) adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menerapkan model perkuliahan bleanded system dan tiga jalur 

Kuliah Hukum di Universitas Nusa Putra Beda

Konsep bleanded learning, atau model pembelajaran yang memadukan pendidikan konvesional dengan e-learning, sehingga dapat menghemat waktu pertemuan di kampus. Belajar