Nusaputra.ac.id – Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi jalin kerjasama dengan Koperasi Amanah Madani selaku penyelenggara Rumah Belajar LEAP Amanah Sukabumi, yang telah memberikan layanan kursus bahasa Inggris, komputer dan menjahit dengan biaya murah bagi masyarakat sejak tahun 2012.

Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama dilakukan dalam acara silaturahmi dan peresmian kantor operasional baru Koperasi Amanah Madani dan Rumah Belajar LEAP Amanah Sukabumi, di Desa Pulosari, Kecamatan Kalapanunggal, Kabupaten Sukabumi, Rabu (15/1/2020).

Hadir dalam acara ini, perwakilan DPRD Komisi III, Dinas Pendidikan, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM, Camat Kalapanunggal, Star Energy Geothermal Salak Ltd, perwakilan Bank BRI Cabang Cibadak, Kepala Desa Palasarigirang dan Pulosari Kecamatan Kalapanunggal.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama NPU Sukabumi, Muhammad Muslih yang hadir mewakili penandatanganan MoU mengatakan, kerjasama ini merupakan bagian dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kerjasamanya di bidang pengajaran, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat,” kata Muslih setelah acara penandatanganan MoU.

Perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi dan Wakil Rektor III NPU Sukabumi melakukan gunting pita kantor operasional Rumah Belajar LEAP Amanah Sukabumi.//FOTO: ISTIMEWA.

Muslih menambahkan, melalui kerjasama ini NPU Sukabumi akan mensuport semaksimal mungkin Rumah Belajar LEAP Amanah Sukabumi sesuai dengan kebutuhannya. “Khususnya sertifikasi di bidang komputer dan bahasa Inggris,” ujar Muslih.

Di tempat sama, Ketua Koperasi Amanah Madani, Didin Sa’dillah menerangkan penyelenggaraan Rumah Belajar LEAP Amanah Sukabumi merupakan salah satu implementasi dari konsep Triple Bottom Linenya Koperasi Amanah Madani bidang sosial.

“Rumah belajar ini berdiri sejak 2012, sebagian besar kebutuhan pembiayaannya di suport dari keuntungan koperasi Amanah Madani,” terang Didin.

Lebih lanjut, Didin menjelaskan, bidang lainnya dari konsep Triple Bottom Line yaitu bidang ekonomi berbentuk pembiayaan pinjaman perseorangan dan kelompok serta tabungan amanah, yang ketiga bidang lingkungan yang diwujudkan dalam program Prakarsa Warga Menuju Desa Lestari (Swadesi).

“Ada lima pilar kegiatan program Swadesi yang kami jalankan, yaitu program 1 juta satu pohon, nasabah pilah sampah, pembiayaan air dan sanitasi, pertanian ramah lingkungan dan nabung pohon,” papar Didin.

Selain penandatanganan MoU, dalam acara ini dilakukan pembukaan secara resmi kantor operasional koperasi Amanah Madani dan kelas Rumah Belajar LEAP Amanah Sukabumi yang baru, secara simbolis ditandai dengan pengguntingan pita.

Acara diakhiri dengan kegiatan focus group discussion (FGD) membahas businnes plan Koperasi Amanah Madani, dari kegiatan ini yang dihasilkan rekomendasi-rekomendasi program kerja 2020-2022.

Comments are closed.