UKM Lingkungan Seni Tari ( LST ) Universitas Nusa Putra Menggelar Lomba Tari Tradisional

LST Universitas Nusa Putra

Tarian Indonesia mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. Semangat melestarikan budaya ini ditonjolkan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Lingkungan Seni Tari (LST) Universitas Nusa Putra (UNsP) Sukabumi melalui kegiatan lomba tari tradisional Jawa Barat.

Ketua pelaksana lomba, seorang mahasiswi jurusan Teknik Sipil, semester 6, Asti Mirdisnti menuturkan melalui kegiatan ini, diharapakan dapat menghasilkan bibit unggul dari segi kesenian tarinya, terutama kalangan milenial muda, baik yang masih SMP, SMA dan Umum yang masih semangat mempelajari dan menari tarian tradisional.

“Kita ingin memunculkan rasa kecintaan kepada kebudayaan Indonesia, khususnya budaya Jawa Barat melalui kesenian tari ini,” ujarnya kepada sukabumiupdate.com, Sabtu (16/3/2019).

Asti menilai acara tersebut sukses dan mengundang perhatian publik dari berbagai elemen masyarakat, terutama sekolah-sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Sukabumi. Dan, Universitas Nusa Putra dapat membuktikan bahwa kampus mereka bisa menjadi wadah bagi para penari-penari berbakat peserta lomba tari tersebut.

“Yang mengikuti lomba kali ini sekitar 40 orang, belum lagi ada yang mengajak sanak keluarga dan sahabatnya. Selamat untuk para pemenang lomba juga, terimakasih kepada para peserta atas partisipasinya, berkat semuanya acaranya Alhamdulillah lancar, ramai dan sukses,” tandasnya.

Pihak Universitas Nusa Putra pun memberikan apresiasi kepada para pemenang lomba juara 1-3 yakni berupa hadiah uang pembinaan, piala, sertifikat, dan untuk kategori tingkat SMA dan Umum, mendapatkan beasiswa voucher kuliah di Universitas Nusa Putra.

Berikut daftar pemenang lomba tari yang diadakan UKM LST Universitas Nusa Putra tahun 2019 kategori Tarian Tradisional :

Juara Tunggal Tradisional tingkat SMP 

1. SMPN 5 Kota Sukabumi

2. SMPN 2 Kota Sukabumi

3. SMPN 3 Kota Sukabumi

Juara Grup Tradisionl tingkat SMP

1. SMPN 1 Cikembar Kabupaten Sukabumi

2. SMPN 1 Parungkuda Kabupaten Sukabumi

3. SMPN 1 Kota Sukabumi

Juara Tunggal Tradisional tingkat SMA

1. SMAN 1 Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi

2. SMAN 1 Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi

3. SMK Mutiara Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Juara Tunggal Tradisional kategori Umum

1. Nisfianti

2. Rani

3. Haerul

Juara Grup Tradisional kategori Umum

1. Mask Art Company

2. STISIP Widyaputri

3. SMAWAR

Juara Best Makeup Tradisional

SMAN 1 Jampang Kulon Kabupaten Sukabumi

Juara Best Costume Tradisional

SMA Mutiara Terpadu Pelabuhanratu Kabupaten Sukabumi

Juara Terfavorit

1. SMPN 1 Kota Sukabumi

2. SMPN 5 Kota Sukabumi

 

Sumber : https://sukabumiupdate.com/detail/edukasi/news-edukasi/52896-UNsP-Sukabumi-Sasar-Kalangan-Milenia-Lestarikan-Budaya-Tarian-Tradisional

Comments are closed.