Tanda Tangani MoU Dengan Empat Universitas dari Filipina, Ini Rincian Kerjasamanya!

Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi jalin kerjasama dengan empat perguruan tinggi (PT) dari Filipina, yaitu ST. Vincent’s College Incorporated (SVCI), Centro Escolar University (CEU), Philippine Council of Deans and Educator In Businnes (PCDEB) dan ST. Joseph College of Sindangan Incorporated (SJCSI).

Penandatangananan Memorandum of understunding (MoU) kerjasama dilakukan di acara Internasional Seminar and MoU Signing dengan tema Internet of Things (IOT) Emerging of Leadership and Strategic Management, di Balai Sartika, Bandung (16/10/2019).

Wakil Rektor 1 Bidang Akademik NPU Sukabumi, Anggy Pradiftha Junfithrana, M.T yang mewakili NPU Sukabumi dalam penandatanganan MoU mengatakan, ada lima point kerjasama yang disepakati bersama oleh para pihak. Pertama, melakukan penelitian bersama di bidang studi yang disepakati para pihak, Kedua, membuat program pertukaran dosen dan mahasiswa untuk penelitian instruksional dan tujuan budaya.

“Penelitiannya mencakup semua disiplin ilmu yang ditawarkan oleh masing-masing institusi,” ujar Anggy, Rabu (16/10/2019) seusai penandatanganan MoU.

Wakil Rektor I Bidang Akademik, NPU Sukabumi, Anggy Pradiftha Junfithrana, MT, mewakili NPU Sukabumi dalam penandatanganan MoU dengan empat Perguruan Tinggi dari Filipina.

Kerjasama selanjutnya, kata Anggy mengeksplorasi potensi sponsor untuk kegiatan konferensi internasional dan pertukaran akademis sesuai kepentingan bersama. “Pengaturannya nanti sesuai dengan syarat dan ketentuan yang dapat disepakati bersama oleh para pihak,” ucapnya.

Yang keempat, kerjasama pertukaran bahan pendidikan, publikasi penelitian dan informasi pengajaran yang bermanfaat bagi para pihak. Dan yang terakhir, masih kata Anggy, mengeksplorasi kemungkinan penawaran program ganda atau gelar bersama dengan syarat dan ketentuan yang dapat disepakati bersama oleh para pihak.

“Kerjasama ini sesuai konsen kami untuk terus meningkatkan kualitas perkuliahan NPU Sukabumi,” tukasnya.

Untuk diketahui, SVCI Filipina merupakan salah satu berguruan tinggi terkemuka dan tua di Filipina, berdiri pada tahun 17 Juni 1917. Saat ini membuka lebih dari 50 jurusan sarjana dan sembilan program pascasarjana dan profesional. SVCI merupakan lembaga pertama di Provinsi Zamboanga del Norte, Filipina yang diberikan otoritas dan pengakuan pemerintah Filipina untuk menawarkan gelar doktor. Alumni dan mahasiswa kampus disebut sebagai orang Vinsensian.

CEU didirikan pada 3 Juni 1907 oleh Dona Librada Avelino dan Dona Carmen de Luna, awalnya untuk pengajaran dan pelatihan pemuda di semua cabang seni dan ilmu pengetahuan.Saat ini, CEU telah memiliki tiga kampus dengan lebih dari 50 program akademik, CEU telah jauh melampaui visi pendirinya.

PCDEB salah satu PT yang dibuat dan diorganisir di bawah hukum republik Filipina, saat ini beralamat di Lyceum, 2F room 215, Muralla, Manila 1002. Sedangkan SJCSI adalah PT yang di dirikan pada tahun 1968 di Zamboanga del Norte, awalnya sebagai sekolah menengah. Merupakan lembaga pertama yang menyelenggarakan perguruan tinggi di daerah Sindangan.

Comments are closed.