Nusaputra.ac.id – Menemukan visi dan misi hidup yang sebenarnya adalah sebuah keniscayaaan. Karena itu, visi dan misi itu harus ada dalam diri setiap mahasiswa, agar cita-cita kehidupannya di masa depan dapat diraih.

Tema tersebut menjadi pembahasan dalam seminar ‘Move on Tetapkan Visi Misi Hidup Terbaikmu’, yang diselenggarakan Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi bekerjasama dengan Sinergi Edukasi Indonesia, di Kampus NPU Sukabumi, Minggu (9/2/2020).

Seminar ini diikuti oleh 60 peserta mahasiswa PGSD. Hadir dalam acara ini Ketua Prodi PGSD, Utomo dan Dosen PGSD, Dede Permana. Nara sumber seminar diisi oleh tiga ahli dari Sinergi Edukasi Indonesia.

Sepanjang acara yang berlangsung dari mulai jam 08.00 sampai 15.30 WIB itu, peserta mendapat banyak sekali materi, diantaranya tentang empat cara on-kan diri yaitu dengan cara menetapkan vision, meliputi visi dunia dan akhirat. Kemudian passion, yaitu menemukan kelebihan apa yang dicintai dan ingin dikenal sebagai apa.

Dosen PGSD Universitas Nusa Putra, Dede Permana (paling kanan) sedang menyampaikan sambutan di acara pembukaan seminar.

Selanjutnya dengan collaboration yaitu dengan membangun partner ingpin dan comunnity, dan terakhir dengan action, yaitu kerja keras dan kerja cerdas.

Menurut Ketua Prodi PGSD, Utomo kerjasama ini masih bersifat temporer tetapi kedepannya akan lebih diperkuat, karena produk-produk dari Sinergi Edukasi Indonesia itu banyak, sehingga dapat memilih mana yang cocok untuk Prodi PGSD.

Melalui acara ini, lanjut Utomo pihaknya ingin mendukung mahasiswa PGSD agar benar-benar fokus terhadap kuliah yang sedang di jalani sampai waktu yang di tentukan.

“Ini bertujuan sebagai upaya untuk memotivasi mahasiswa yang selama ini belum memiliki visi dan misi dalam hidupnya,” kata Utomo seusai acara.

Dirinya berharap, dengan visi misi yang sudah mahasiswa tulis di acara seminar ini, menjadi dokumen sumpah yang mereka cita-citakan.

“Antusiasme para peserta sangat tinggi karena telah menemukan diri mereka itu siapa,” cetus Utomo.

Pihak Sinergi Edukasi Indonesia yang diwakili salah satu pemateri, Zainal Umuri mengaku senang saat diundang oleh Prodi PGSD Universitas Nusa Putra untuk bekerjasama menggelar seminar ini. Karena menurutnya, sebagai mahasiswa terutama calon guru harus mempunyai visi hidup, bukan hanya visi dunia tetapi visi akhirat.

“Senang, bahagia karena pesertanya sangat semangat menulis rencana aksi, sehingga sangat mudah bagi mereka mencapai visi misinya nanti,” kata Zainal.

Isu dan tema baru dalam seminar ini membuat para peserta mendapat kesan berbeda dan luar biasa. Hal itu diungkapkan salah satu peserta, Nurindah Juliandari

Menurut mahasiswa yang akrab disapa Indah ini, tema dan materi seminar ini sangat seru. Pembahasaannya membuat dia menemukan visi hidup sebenarnya.

“Kami mendapatkan ilmu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kedepannya, dimana visi itu harus ada dalam hidup kita agar terarah cita-citanya,” tandas Indah.

Comments are closed.