Revinda Noviantie Mahasiswa PGSD Universitas Nusa Putra Raih Medali pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat UIC Cup 2022

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Nusa Putra (UNP), Revinda Noviantie berhasil meraih medali perak pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Pencak Silat UIC Cup 2022 Piala Dr. Nurzaziah Ma’ruf Amin di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta pada 24-25 Desember 2022.

Revinda berhasil meraih medali perak atau juara kedua pada Kejurnas Pencak Silat Kategori Tanding Kelas A Putri Dewasa yang diselenggarakan oleh Universitas Ibnu Chaldun (UIC) Cup 2022 serta Ikatan Alumninya dan bekerjasama dengan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan Kemenpora Republik Indonesia memperebutkan piala Dr. Nurzaziah Ma’ruf Amin.

Adapun pada pertandingan nasional ini melibatkan 3.600 peserta dari berbagai kategori usia dan berbagai daerah di seluruh Indonesia.

“Alhamdulillah bersyukur bangga kepada diri sendiri sampai saat ini masih bisa bertanding lagi, apalagi pertama kali tanding di kategori kelas A putri dewasa 45-50 kg,” terang mahasiswi yang saat ini masih duduk di bangku semester 3 itu kepada Radar Sukabumi, Minggu (15/1).

“Ikut ini memang karena dari perguruan tempat saya berlatih, tetapi senang juga karena dari kampus juga mendukung saya,” ucapnya.

Ia menambahkan, bisa mengikuti pertandingan kejurnas tersebut tidak hanya bangga karena bisa membawa medali, tetapi dapat menambah pengalaman dan juga sangat menantang. Pasalnya, ia bisa bertemu dan bertanding dari berbagai peserta lainnya se-Indonesia, bahkan saat bertanding pun Revida mengaku tak mendapat kesulian lantaran sudah belajar dan mengatur strategi dan hasilnya maksimal.

Wanita yang bercita-cita menjadi seorang guru ini mengaku, sudah mengenal pencak silat sejak duduk di kelas 2 SMP.

“Kalau latihan sejak kelas 2 SMP tetapi awal ikut tanding sejak kelas 1 SMK, dan setelah lulus SMK, lanjut bertanding lalu 2 tahun kemudian vakum dalam bertanding dan akhirnya di akhir Desember 2022 bisa bertanding lagi,” ucapnya.

Usut punya usut, kejuaraan yang diraih oleh Revinda ini bukan kali pertama ia dapatkan, sebelumnya pada tahun 2019 lalu pernah meraih juara 1 dan mendapatkan medali emas tingkat SMA/SMK kategori tanding SMA kelas A putri pada kejuaraan JKTC 2019 di Jakarta.

Ia pun berharap, bisa terus bisa mengikuti pertandingan dan membawa kejuaraan pada setiap pertandingan.

“Semoga saya terus bisa berprestasi, latihan lebih giat lagi sehingga prestasi ini bisa saya pertahankan sampai kedepannya. Karena ini adalah salah satu cita-cita saya untuk bisa mendapatkan juara 2 dipertandingan kali ini,” pungkasnya.

Berita