Pengalaman Mahasiswa Internship Asal Prancis Kunjungi Sekolah-sekolah di Sukabumi

Nusaputra.ac.id – Tidak sia-sia Slimani Laila (22 tahun) mulai belajar Bahasa Indonesia sejak datang ke Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi pada 4 Februari 2020 lalu. Pagi itu, Jum’at (21/2/2020) ia tampil menjadi pembuka acara promosi kampus Nusa Putra di SMA Negeri I Cikidang, Sukabumi.

Dihadapan siswa-siswi salah satu kelas XII, Laila memperkenalkan dirinya dengan penuh percaya diri. “Selamat pagi, nama saya Slimani Laila, saya dari Prancis,” ucap Laila dengan aksen Prancisnya. Perkenalan Laila selanjutnya disampaikan dengan bahasa Inggris dan Prancis.

Meski mengaku baru pertama kali tampil dihadapan siswa-siswi SMA, namun tak ada rasa canggung diperlihatan Laila. Karena itu, kehadiran bule asal kota Avignon, Prancis ini di kelas mendapat sambutan hangat dan antusias dari para siswa.

Laila hadir di SMA Negeri 1 Cikidang, Sukabumi sebagai bagian dari tim promosi kampus Universitas Nusa Putra ke SMU/SMK sederajat di wilayah Sukabumi. Bersama 12 orang Duta Kampus lainnya, Laila berkunjung ketiga sekolah berbeda dari hari Kamis sampai Jumat (20-21/2/2020).

Slimani Laila (berdiri, ketujuh dari kanan) berfoto bersama seusai acara dengan siswa-siswi salah satu kelas XII SMK Negeri 2 Kota Sukabumi, Kamis (20/2/2020).

Kunjungannya dimulai ke SMK 2 Kota Sukabumi dan SMK Hassina pada hari kamis dan ke SMA Negeri 1 Cikidang, Sukabumi pada hari Jum’at. Keikutsertaan Laila, merupakan salah satu bagian dari rencana kegiatan mahasiswi Universite dAvignon, Prancis ini sebagai mahasiswa internship di Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi.

Soal kesan, Laila mengatakan sangat suka bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Karena aku merasa, aku sedang melakukan sesuatu yang mungkin saja akan membantu masa depan mereka dan juga Universitas Nusa Putra,” kata Laila.

Menurut Laila, kegiatan ini membuat dia merasa percaya diri, karena ia bisa berbicara dengan banyak orang di Sukabumi dan makian mengetahui daerah Sukabumi yang luas. “Ya, saya bisa berbicara bahasa Inggris dan juga bahasa Prancis dengan siswa-siswi SMA, juga bertemu orang-orang baru yang sangat menarik,” ujarnya.

Slimani Laila (memakai jas) berphoto bersama siswi SMAN 1 Cikidang setelah acara promosi kampus Universitas Nusa Putra, Jumat (21/2/2020).

Dikesempatan terpisah, marketing Universitas Nusa Putra, Elok Setianingtyas menjelaskan, setiap tahun Universitas Nusa Putra selalu mengangkat duta-duta kampus dari mahasiswa pilihan hasil seleksi sebagai bagian dari tim promosi kampus.

Dalam membentuk Duta Kampus juga tambah Elok, selalu melibatkan mahasiswa luar negeri yang intership atau full kuliah di Universitas Nusa Putra. “Sebelumnya kami berikan dulu mereka training singkat mengenai program-program Nusa Putra, dan semuanya selalu antusias saat kami ajak,” kata Elok.

“Apalagi Laila, sejak awal dia sangat antusias ingin tahu banyak hal dan bertemu siswa-siswi SMA di Sukabumi,” tandasnya.

Comments are closed.