Research and Publications Exercises in Economics and Management Selesai, Selanjutnya?

Nusaputra.ac.id – Selama tiga hari, dari Jumat sampai Minggu (24-26/1/2020), mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi adakan kegiatan Research and Publications Exercises in Economics and Management, di Desa Gunungmalang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi.

Sebanyak 53 peserta yang terbagi dalam 12 kelompok, melakukan observasi dan pengambilan data primer dari pemerintah Desa Gunungmalang dan masyarakat. Data yang diambil sesuai dengan kebutuhkan dari judul proposal penelitiannya masing-masing.

Menurut Ketua Pelaksana kegiatan, Muhammad Dahlan, setiap kelompok mahasiswa terdiri dari empat sampai lima orang peserta. Masing-masing kelompok, sambung Dahlan melakukan observasi dan pengambilan data ke empat kedusunan yang ada di Desa Gunungmalang.

“Di bagi ke Dusun Bantar Lopang, Dusun Ciparung, Dusun Gunung Malang 1, dan Dusun Gunung Malang 2,” kata Dahlan, Minggu (26/1/2020).

Penyerahan bantuan untuk membantu pembangunan wisata tubing.//FOTO: ISTIMEWA.

Dahlan mengatakan, ada beberapa data yang di ambil dari masyarakat oleh mahasiswa, seperti data mengenai cara pengelolaan keuangan mereka, baik pengelolaan keuangan keluarga atau usaha yang sedang dijalankan.

“Termasuk data mengenai strategi pengembangan usahanya dan bagaimana masyarakat memasarkan hasil usahanya,” ujar Dahlan.

Selain melakukan latihan penelitian, para mahasiswa juga berkesempatan mencoba wisata Tubing Sungai Citarik yang berada di kedusunan Bantar Lopang. Saat ini, wisata lokal ini sedang di kelola dan dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gunungmalang.

Dikesempatan itu, mahasiswa juga memberikan bantuan logistik berupa bahan bangunan seperti cat, semen, dan pupuk pertanian untuk membantu pembangunan di area wisata Tubing, mengingat wisata ini masih memerlukan sumber dana untuk pengembangannya.

“Kami ingin membantu, meskipun sedikit, membantu supaya proses pembangunan wisata Tubing ini cepat tuntas,” kata Dahlan.

Para mahasiswa memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pemerintah Desa Gunungmalang yang telah menerima dan memberikan kesempatan untuk melakukan kegiatan. Sebuah cendramata sebagai tanda terima kasih diberikan kepada Kepala Desa Gunungmalang di acara penutupan.

Kepala Desa Gunungmalang, Ajang Rahmat menerangkan pada dasarnya pembentukan unit usaha pariwisata di BUMDes karena ingin memajukan warga masyarakat dan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes)-nya. Karena dari hasil pengalam dan studinya, Ajang melihat PADes paling besar desa-desa di daerah Jawa diperoleh dari pengelolaan potensi wisatanya.

Ajang pun mengapresiasi kegiatan mahasiswa Prodi Manajemen di desanya selama tiga hari ini. Selain itu, dengan kegiatan ini Ajang berharap bisa menarik wisatawan-wisatawan luar Sukabumi untuk datang ke Desa Gunungmalang.

“Alhamdulillah, apresiasi yah, pada dasarnya ingin sama-sama memajukan khusunya Kabupaten Sukabumi,” kata Ajang setelah acara penutupan Research and Publications Exercises in Economics and Management, Minggu (26/1/2020).

Terpisah, Ketua Prodi Manajemen, Yusuf Iskandar mengatakan hasil dari kegiatan pengambilan data primer ini merupakan langkah kedua setelah proposal penelitian yang telah diajukan sebelumnya kepada setiap dosen pendamping.

“Setelah ini, rangkaian Research and Publications Exercises in Economics and Management belum usai. Para mahasiswa masih perlu bekerja ekstra untuk mengolah data, menyajikan data, serta menganalisis hasil temuan mereka di lapangan,” kata Yusuf.

Bagian akhir dari kegiatan ini, lanjut Yusuf adalah publikasi di jurnal ilmiah. “Para mahasiswa juga perlu belajar untuk mempublikasikan hasil penelitian mereka baik dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris untuk jurnal internasional,” imbuhnya.

Sementara Sekretaris Prodi Manajemen, Harini Fajar Ningrum berharap mahasiswa manajemen dapat memahami bahwa mereka memiliki andil di masyarakat untuk selalu membantu sesama, terutama cintakasih kepada sesama, sesuai dengan konsep Trilogi Nusa Putra.

“Dalam kegiatan ini, selain konsep Trilogi Nusa Putra, juga diaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi serta Global Outlook, Simply Attitude, Ethics, Cooperation, and Togethernees (GSECT) yang merupakan organizational values di Prodi Manajemen,” tandasnya.

Comments are closed.