NPU Hasilkan Sarjana Akuntansi Berkualitas, Kredibel, dan Profesional

Program Studi (Prodi) Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Nusa Putra (NPU) bertekad menjadi program studi terkemuka yang menghasilkan lulusan Sarjana Akuntansi (S.Akt) berkualitas, kredibel, dan profesional.

Selain itu, dijelaskan Kepala Prodi Akuntansi, NPU, Nanan Sunandar, S.E., M.Akt., Prodi yang dipimpinnya tersebut harus mampu melahirkan lulusan untuk memenuhi kebutuhan industri dan masyarakat dalam menghadapi persaingan global.

“Serta mampu melaksanakan dan mengembangkan pola mengajar dan mendidik yang menggabungkan antara teori dan praktek pada semua bidang akuntansi. Hal tersebut dapat dicapai melalui pengembangan jaringan kerja sama dengan pelbagai industri dan semua mitra perguruan tinggi ini,” ungkap Nanan kepada Radar Sukabumi, beberapa waktu lalu di ruang kerjanya, Kampus NPU, Jalan Raya Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Menurut Nanan lebih jauh, pengembangan jaringan kerja sama dengan pelbagai industri dan mitra akan dilakukan secara kontinyu sebagai bentuk reaksi positif Prodi Akuntansi NPU terhadap perubahan global.

Karenanya, sebagai seorang akademisi di Universitas Nusa Putra, Nanan bertekad menaikkan jenjang jabatan akademik selama dua tahun ke depan, sehingga akan menaikkan nilai akreditasi jurusan akuntansi.

“Secara pribadi, saya berharap bisa menghasilkan mininal satu karya ilmiah terpublikasi setiap tahunnya, dengan mengatasnamakan Universitas Nusa Putra,” tambah pria berkacamata itu.

Dengan langkah tersebut, urai pria yang pernah kuliah di Universitas Budi Luhur tersebut, diharapkan nama Universitas Nusa Putra akan semakin dikenal luas oleh masyarakat Sukabumi khususnya, dan Indonesia.

Ragam Profesi yang Menanti Lulusan Jurusan Akuntansi

1. Akuntan publik

Akuntan Publik dapat bekerja secara individual atau perusahaan. Mereka menyiapkan dan menganalisa bebagai dokumen dan laporan keuangan. Profesi ini harus mengerti regulasi perpajakan dengan baik, dan terus mengikuti perkembangan terbaru dari regulasi perpajakan.

2. Manajer Akuntansi

Manajer Akuntansi menggunakan data-data keuangan untuk membuat keputusan keuangan yang menguntungkan perusahaan. Seorang manajer akuntansi merencanakan anggaran dan menjadi atasan para akuntan yang bekerja di suatu perusahaan. Profesi ini membutuhkan keahlian komunikasi yang kuat, dapat mengelola dan memimpin, serta menginterpretasikan data keuangan untuk menyusun solusi ataupun rekomendasi strategis bagi perusahaan.

3. Petugas Akuntansi

Profesi ini mencatat data dan memperbaharui dokumen keuangan. Mereka tidak menganalisa data seperti akuntan, tetapi hanya menyediakan data. Profesi ini bisa bekerja di berbagai macam perusahaan.

4. Asisten Akuntansi

Asisten akuntansi membantu pekerjaan seorang akuntan. Ini bisa menjadi kesempatan yang baik untuk mengawali karier di bidang akuntansi. Asisten akuntansi mengerjakan beragam tugas seperti pembukuan, mencatat laporan keuangan, buku besar dan tugas-tugas dasar lainnya.

5. Certified Public Accountants (CPA)

Seorang CPA bertugas untuk melakukan audit hingga menganalisa keuangan, memberikan masukan untuk kebijakan keuangan, serta melaporkan konsekuensi pajak.  Sebelum dapat menempati profesi ini, perlu terlebih dahulu lulus ujian sertifikasi  CPA.

6. Akuntan Biaya

Akuntan biaya menganalisa biaya dari suatu perusahaan dan memberi masukan dan solusi supaya biaya-biaya tersebut dapat dikurangi, dan dengan demikian keuntungan dapat dimaksimalkan.

7. Account Officer

Account Officer menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan nilai pinjaman atau piutang yang dapat diberikan oleh sebuah perusahaan atau instansi ke pihak luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *