Membumikan Teknik Elektro Melalui Kontes Robot

Tak hanya tekad eksis di tingkat nasional dan internasional, Prodi Teknik Elektro NPU juga terus membumikan kecintaan terhadap teknik elektro di tingkat lokal. Salah satunya dengan menggelar Sukabumi Robotic Competition Electrical Engineering (SRCEE) 2018 tingkat SMA/SMK/MA, SMP, dan SD.

Acara yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) di Kampus Universitas Nusa Putra itu, dilaksanakan pada Sabtu (28/4/2018) lalu.

Antusias peserta kontes yang memperebutkan Piala Bergilir Rektor Universitas Nusa Putra itu, dapat dilihat dari jumlah peserta SRCEE 2018 yang terlibat, yakni 41 peserta dari Sukabumi, Bogor, dan Cianjur. Jumlah tersebut terbilang bagus mengingat teknik elektro di tingkat pendidikan dasar dan menengah terbilang minim dipelajari.

SRCEE 2018 sendiri terdiri dari dua kategori lomba masing-masing Robot Soccer dan Tube Sorter NXT. Juara 1 Kategori Robot Soccer diraih Aditiya Firdaus dari SDN Pasir Kolotok, Cibadak, Kabupaten Sukabumi, dan Juara 1 Kategori Tube Sorter NXT yaitu Farras Wicaksono dari SMPIT Al Huda, Baros, Kota Sukabumi.

Adapun pemenang piala bergilir Rektor Universitas Nusa Putra adalah SMA PU (Pesantren Unggul) Al Bayan, Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Azkha Mardiyan Muttaqin, siswa Kelas 2, SMPIT Al Huda, Baros, Kota Sukabumi, mengaku senang dan menyebut gelaran tersebut sebagai tantangan seru yang menegangkan.

“Seru, menegangkan, dan dikejar waktu. Bermanfaat untuk mengasah otak serta menantang. Saya sudah belajar dari kelas dua SMP dengan pelatih khusus.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *