Mahasiswa Universitas Nusa Putra Berpartisipasi dalam Kegiatan HKI-UNICEF

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Hima PGSD) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, menjadi volenteer (relawan), di Festival Olahraga Inklusif (FOI) Citepus, Palabuhanratu, Rabu (30/10/2019).

FOI diselenggarakan oleh Helen Keller International (HKI) – The United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF), bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Pendidikan dan Kementerian Agama Kabupaten Sukabumi.

Sebanyak 22 sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD), Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten Sukabumi berpartisifasi, total 200 peserta mengikuti acara FOI.

Perwakilan Hima PGSD NPU Sukabumi yang menjadi volenteer FOI, Septiana Putri Juariyah menerangkan, keikutsertaan mahasiswa PGSD NPU Sukabumi merupakan partisipasi kali ke tiga di acara FOI. Sebanyak 8 orang mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Olahraga yang di lombakannya merupakan permainan tradisional kaulinan budak baheula (permainan anak dulu), ada oray-orayan, boy-boyan, tarumpah, dan pentas seni. Kami mendapat pengalaman berharga dari FOI,” terang Septiana, Kamis (31/10/2019).

Terpisah, pembina Hima PGSD NPU Sukabumi, Dede Permana, mengatakan keikutsertaan mahasiswanya dalam FOI merupakan bentuk partisipasi kegiatan kampanye pendidikan inklusif.

Tujuan kampanyenya sendiri, kata Dede, untuk meningkatkan kesadaran semua komponen masyarakat, bahwa pendidikan inklusif dapat diselenggarakan di setiap wilayah dan tidak sesulit yang dibayangkan. “Syaratnya harus dilakukan secara bersama-sama,” kata Dede.

Lebih lanjut, Dede menerangkan, FOI difokuskan untuk memberikan kesempatan yang sama kepada anak-anak disabilitas. Sehingga mereka tidak merasa rendah diri, dikucilkan, dan harapannya kelak akan tumbuh menjadi pribadi yang optimis dan mandiri. “Karena itu, mahasiswa kami selalu siap berpartisipasi dalam FOI,” tandasnya.

Comments are closed.