logo
DAFTAR

Mahasiswa NPU Asal Belanda Ini Tak Canggung Berada di Indonesia

FRANK TALLE, pria lajang asal Belanda ini mengaku mengetahui sejarah kelam Indonesia dengan Belanda karena memang dipelajarinya di buku sejarah saat duduk di bangku SMA di negaranya.

Diakuinya, ia tidak merasa canggung berada di kampus Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, Indonesia. Ia justru menikmati suasana kekeluargaan dan keramahan setiap orang yang ditemuinya, baik di dalam maupun di luar kampus.

“Soal sejarah kelam Indonesia dan Belanda itu dipelajari di buku sejarah saat duduk di bangku SMA, tapi itu bagian dari masa lalu dan saya tidak mengalaminya. Jadi saat ini saya berada di Indonesia tidak merasa canggung, karena semua orang di sini ramah dan selalu menyapa setiap bertemu,” jelas pria kelahiran 26 Juni 1996 ini bertutur.

Frank belum genap sebulan berada di Sukabumi, mengaku tidak memiliki banyak kendala dalam hal berinteraksi dan berkomunikasi. Namun, diakuinya, soal makanan sedikit kendala baginya. “Di sini banyak makanan digoreng, itu membuat saya sering sakit perut pada awalnya.”

Magang Internasional

Keberadaannya di NPU bukan kebetulan, mahasiswa Bachelor in Communications, Hanze University, Groningen, Belanda, ini tengah mengikuti kuliah magang selama enam bulan di perguruan tinggi yang berkampus di Jalan Raya Cibolang, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi itu.

Menurutnya, seperti halnya di NPU, di kampusnya, Hanze University, juga ada kewajiban magang internasional selama enam bulan di luar negeri. “Ya ini merupakan program internasional tempat kuliah saya, ada kewajiban mengikuti magang internasional di luar negeri selama enam bulan. Selain belajar, saya juga bisa mempelajari seni dan budaya Indonesia” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *