Nusaputra.ac.id – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, menyelenggarakan kegiatan Research and Publication Exercises in Economics and Management, di Desa Gunungmalang, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi selama tiga hari, Jumat sampai Minggu (24-26/1/2020).

Pembukaan kegiatannya dilaksanakan pada hari ini Jumat (24/1/2020) di Kantor Desa Gunungmalang. Hadir dalam acara ini Pemerintah Desa Gunungmalang, Ketua Prodi dan Sekretaris Prodi manajemen, dosen pembimbing serta 53 orang mahasiswa sebagai peserta.

“Tujuannya untuk melatih pemahaman mahasiswa jurusan manajemen tentang pencarian data dengan turun langsung ke masyarakat, sekaligus bentuk pengabdian masyarakat,” kata Ketua Pelaksana Kegiatan, Muhammad Dahlan setelah acara.

Menurut Dahlan, kegiatan ini merupakan realisasi rencana kerja Management Student Association (MSA) tahun 2020.

Peserta 19 Research and Publications Exercises in Economics and Management saat menuju lokasi penelitian.//FOTO: ISTIMEWA.

Dalam kegiatannya, lanjut Dahlan, peserta akan belajar mengenai observasi, penelitian dan juga kerja bakti. “Sumber primernya dari masyarakat, kepala desa, tokoh masyarakat Desa Gunungmalang. Dibawah arahan para dosen pendamping sendiri,” ujar Dahlan.

Di kesempatan sama, Ketua Prodi Manajemen, Yusuf Iskandar memastikan melalui kegiatan ini mahasiswa akan belajar tentang pemahaman pentingnya implementasi kegiatan penelitian untuk pengambilan data, dan mampu berbaur dengan masyarakat.

“Mahasiswa akan paham tentang pentingnya sosialiasasi ke masyarakat dengan berbaur dan menambah pemahaman, untuk mendapatkan pengalaman yang berbeda dari ruang lingkup di kampus,” terang Yusuf.

Ditambahkan oleh Sekretaris Prodi, Harini Fajar Ningrum, melalui kegiatan ini pihaknya sekaligus  melakukan sosialisasi beasiswa Bupati Sukabumi dan secara umum tentang Universitas Nusa Putra.

“Harapannya tentu masyarakat desa disini semuanya bisa mengenyam pendidikan tinggi. Karena ternyata, masih ada yang tidak memiki kesempatan melanjutkan ke jenjang pendidikan menengah, apalagi¬† kuliah,” ujarnya penuh harap.

Agus Darmawan, salah satu peserta berharap dengan kegaitan ini dirinya bisa berkontribusi dalam mengembangkan perekonomian di Desa Gunungmalang. “Semoga hasilnya bisa memberi sedikit manfaat,” tandasnya.

Comments are closed.