Jadi Peninjau KMDGI ke-13, Ini Rencana Mahasiswa DKV Universitas Nusa Putra

Kriyasana Mahasiswa Desain Grafis Indonesia (KMDGI) ke-13 tahun 2019 telah diselenggarakan di Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat pada 3-5 Oktober 2019.

Acara dibuka oleh Rektor UNP dan dihadiri Wali Kota Padang dan unsur pemerintahan lainnya. Sebayak 56 kampus se-Indonesia ambil bagian dalam gelaran dua tahunan tersebut.

KMDGI adalah pertemuan mahasiswa design grafis se-Indonesia yang diisi oleh seminar, workshop, pameran, pentas seni dan produk karya desain grafis lainnya dari seluruh delegasi yang berstatus anggota.

Dua orang mahasiswa Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, Sarah Hastawati Safitri dan Ade Adam menjadi wakil delegasi NPU Sukabumi yang berstatus sebagai salah satu peninjau di KMDGI ke 13.

“Sebagai peninjau, kami berkesempatan melihat seluruh rangkaian acara dari mulai pembukaan sampai penutupan, dan dapat memberikan masukan-masukan untuk KMDGI selanjutnya,” kata Sarah Hastawati Safitri, Minggu (6/10/2019).

Sarah menerangkan, tujuan KMDGI untuk mempersatukan seluruh mahasiswa desain agar saling membangun relasi antar kampus se-Indonesia.

“Karena itu banyak banget manfaatnya, yang pertama eksistensi DKV Nusa Putra semakin dikenal, terus makin nambah relasi dan persaudaraan,”  terangnya.

Sementara, Ade Adam mengatakan untuk tahun ini, DKV NPU Sukabumi hanya berstatus sebagai peninjau acara, dan rencananya di KMDGI ke 14 nanti akan mengirim karya simbiotik berupa video dan simbolik berupa jurnal.

“Aturannya ketika jadi peninjau untuk kali kedua baru dibolehkan mengirim karyanya. Dan keikutsertaan ketiga langsung menjadi anggota, bisa pasang pameran sendiri bahkan mengajukan jadi tuan rumah,” kata Ade.

“Insya Allah, DKV NPU Sukabumi selalu siap menampikan karya-karyanya dan berkontribusi dalam event-event seperti KMDGI,” pungkasnya.

Comments are closed.