Ini Beda Mata Kuliah Teknik Sipil NPU dengan PT Lain

Mata kuliah teknik sipil mempunyai ruang lingkup luas, di dalamnya ada pengetahuan matematika, fisika, kimia, biologi, geologi, dan lingkungan hingga komputer. Selain itu, mata kuliah ini juga mempelajari tentang cara merancang­bangun serta merenovasi gedung dan infrastruktur.

Pada umumnya mata kuliah teknik sipil meliputi mekanika teknik, gambar teknik, mekanika tanah, ilmu ukur tanah, dan pemindahan tanah mekanis. Selain itu, dipelajari juga struktur fondasi, bangunan, jalan dan jembatan, hingga beton, baja, dan kayu agar tahan guncangan gempa.

Ilmu teknik sipil, dalam perkembangannya juga sejalan dengan tingkat kebutuhan manusia dan pergerakannya. Sehingga, bisa dikatakan ilmu ini mampu mengubah sebuah hutan menjadi kota besar.

Tentu tidak mengherankan jika kemudian dalam teknik sipil juga dipelajari mengenai perencanaan proyek dan kontrol, manajemen proyek konstruksi, analisa mengenai dampak lingkungan, perencanaan transportasi,
teknologi bahan konstruksi, hingga aplikasi komputer dan ekonomi teknik.

Di Universitas Nusa Putra (NPU) sendiri, menurut Paikun, memiliki mata kuliah unggulan dalam Prodi Teknik Sipil. Seperti di antaranya mata kuliah gambar teknik, aplikasi komputer teknik, manajemen konstruksi, dan transportasi.

“Hal itu yang menjadi pembeda mata kuliah Teknik Sipil di Universitas Nusa Putra dengan di perguruan tinggi lain, karena di sini, selain menguasai ilmu teknik sipil juga menguasai arsitek,” pungkas Paikun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *