Dosen Sistem Informasi (SI) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, Falentino Sembiring, M.Kom mengatakan, saat ini lulusan SI menjadi salah satu yang paling dicari oleh banyak perusahaan.

Alasan utamanya, karena perkembangan kecanggihan teknologi, menuntut adanya penyesuaian Sumber Daya Manusia (SDM) di perusahaan dan organisasi. Di era revolusi industri 4.0 saat ini, menurut Falentino, perusahaan dituntut menggunakan pola digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lain sebagainya. Dikenal dengan istilah fenomena disruptive innovation.

“Hampir semua perusahaan atau organisasi, sudah menggunakan komputerisasi yang mengkolaborasikan teknologi cyber dan teknologi otomatisasi,” kata Falentino, Kamis (18/12/2019).

Nah, dengan fakta-fakta tersebut, apa saja sebetulnya peluang pekerjaan untuk lulusan SI?. Menurut Falentino, sedikitnya ada delapan peluang yang siap menanti mahasiswa SI ketika sudah lulus.

Yang pertama, menjadi data analyst atau Business Data Analyst (BDA). Tugas utamanya mengumpulkan data, lalu dilakukan pengklasifikasian atau pengorganisasian data. Seorang data analis, kata Falentino akan menjadikan data yang sudah diolah, menjadi informasi yang bermanfaat bagi perusahaan. “Khususnya untuk mengambil keputusan strategis,” kata Falentino.

Prospek kedua, kata Falentino menjadi Database Administrator (DBA), profesi ini akan bertanggung jawab pada desain, pelaksanaan, pemeliharaan dan perbaikan database. Peran DBA, sambung dia, mencakup pengembangan dan desain database, pemantauan dan peningkatkan kinerja database, serta perencanaan kebutuhan di masa depan dengan bantuan AI.

“Dengan adanya Database Management System (DBMS), perusahaan dapat dengan mudah mengakses dan menyimpan data informasi,” ucap dia.

Kemudian, masih kata Falentino, sarjana lulusan SI bisa menjadi software engineer, sering disebut juga rekayasa perangkat lunak (RPL). Bagi lulusan SMK, pasti sudah familiar dengan istilah RPL, nah, bagi anda yang ingin mendalami RPL, jurusan SI jawabannya kata Falentino.

“Seorang software engineer di perusahaan berperan dalam mengembangkan software, maintenance software, manajemen organisasi dan menguji kualitas software,” terangnya.

Selanjutnya, lulusan SI juga bisa menjadi IT Planner. “Tugas utamanya merencanakan kebutuhan teknologi informasi yang akan digunakan pada sebuah perusahaan,” kata Falentino.

Prospek kelima menjadi web developer (programmer), profesi ini paling banyak diminati oleh orang-orang berlatar belakang IT. “Tugas utama dari web developer itu mengembangkan atau merancang website,” ujar Falentino.

Selanjutnya lulusan SI juga bisa menjadi project management. Tugas utamanya berkaitan dengan mengatur tim kerja mulai dari penanggung jawab, programmer, dan lainnya, lalu mengatur jadwal mulai pengerjaan sampai dengan rilis aplikasinya, pembiyaan dan data laporan.

“Profesi ini sangat penting saat perusahaan akan akan membuat aplikasi, software atau sistem informasi,” terangnya.

Prospek ketujuh bagi lulusan SI itu membangun startup yang sekarang menjamur di negara kita ini. Apalagi pemerintah, saat ini sedang mencanangkan gerakan 1000 startup di tahun 2020.

Startup merupakan perusahaan rintisan berbasis digital. Rata-rata startup baik skala nasional maupun dunia, dibangun oleh orang yang memiliki latar belakang keilmuan IT seperti SI.

“Karena pengalaman dalam pembangunan SI dan bisnis analisis, maka lulusan SI mampu membangun startup,” terangnya.

Propek kedelapan menurut Falentino, lulusan SI juga bisa menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Formasi kebutuhan PNS untuk lulusan berlatar belakang informatika, salah satunya SI terus meningkat. Hal itu karena pemerintahan dan pemerintah daerah telah banyak menggunakan SI untuk meningkatkan pelayanan publiknya.

“Era e-budgeting, e-govorment, layanan pengaduan masyarakat berbasis online, absensi online (e-absensi), laporan kinerja SKPD (e-laporan), persuratan (e-office) dan lain sebaginya semakin meningkatkan peluang lulusan SI menjadi PNS,” tandasnya.

Comments are closed.