HME Universitas Nusa Putra Sukabumi Gelar Workshop PLC Allen Bradley

Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HME) Universitas Nusa Putra (UNsP) Sukabumi, menggelar workshop PLC Allen Bradley dengan mengundang Muhammad Irvan sebagai ahli di bidang otomatisasi dan juga owner Rumah Programmable Logic Controller (PLC).

Para peserta workshop mendapatkan pengenalan dan pembelajaran tentang bagaimana menggunakan dua macam PLC Allen Bradley tersebut langsung dari ahlinya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Elektro, Paiz Ilham Maulidi, semester 4 (20 tahun), mengatakan, HME kembali mengadakan kegiatan Workshop PLC. Namun untuk tahun ini mengangkat tema PLC jenis Allen Bradley. Untuk workshop kali ini, diikuti oleh sebanyak 50 peserta dari kalangan mahasiswa dan enggineer juga.

“Karena di Sukabumi ini sangat jarang sekali enggineer yang ahli dalam PLC tersebut (Allen Bradley, red). Oleh karena itu, kami mengundang pemateri yang ahli dalam bidang PLC tersebut,” kata Paiz kepada sukabumiupdate.com, Rabu (1/5/2019) lalu.

Ia berharap, setelah para peserta mengikuti kegiatan ini, mereka bisa lebih mengenal dan mampu menjalankan program PLC khususnya PLC Allen Bradley ini. “Karena kami melihat, keahlian dalam PLC itu sangat dibutuhkan khususnya di dunia industri,” tandasnya

Sekedar pengetahuan, PLC adalah sebuah alat untuk keperluan otomatisasi di industri. Salah satu jenis PLC yang masih sangat jarang dikuasai terutama oleh para enggineer di Sukabumi yakni PLC Jenis Allen Bradley.

PLC jenis ini sebetulnya sudah mulai digunakan oleh perusahaan-perusahaan industri modern untuk memudahkan proses kerja atau produksi di perusahaan tersebut. Ada dua macam bentuk PLC Allen Bradley yang sering digunakan yakni dalam bentuk compact dan bentuk modular.

 

Sumber : https://sukabumiupdate.com/detail/edukasi/news-edukasi/54753-HME-Universitas-Nusa-Putra-Sukabumi-Gelar-Workshop-PLC-Allen-Bradley

Comments are closed.