Haberma, Cara HMSI Universitas Nusa Putra Jalin Keakraban Dengan Mahasiswa Baru

Banyak cara menjalin keakraban antara mahasiswa lama dan baru di kampus, mulai dari perkenalan kelas di hari pertama masuk kuliah, gathering di acara intra kampus hingga melalui kegiatan yang dikenal dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek).

Di Program Studi (Prodi) Sistem Informasi Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, keakraban mahasiswa lama dan baru dibangun melalui satu acara bernama Hari Bercengkrama (Haberma). Tidak tanggung-tanggung Haberma berlangsung selama lebih dari satu bulan.

“Haberma itu program tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI),” kata Ketua HMSI, Yoga Vikriansyah Wijaya, Selasa (15/10/2019) di Kampus NPU Sukabumi.

Pemberian materi pengenalan HMSI.

Dalam Haberma, kata Yoga, konten kegiatannya tidak hanya diisi oleh saling perkenalan mahasiswa lama dan baru, tetapi diisi juga oleh perkenalan HMSI (Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi) dan jurusan. Lalu ada orientasi softskill dan hardskill kepemimpinan, dan pembiasaan terhadap lingkungan perkuliahan Sistem Informasi.

Tahun ini, lanjut Yoga, Haberma dimulai dengan kegiatan pra Haberma yang berlangsung sejak tanggal 1 hingga 30 Oktober 2019. Acara puncak Haberma diadakan tanggal 2 dan 3 November 2019 di Bumi Perkemahan Cinumpang.

“Untuk materi-materi pra Haberma disampaikan setiap hari Rabu dan Jumat,” ujar Yoga.

Masih menurut Yoga, Haberma merupakan gerbang masuk menjadi anggota HMSI. Ia berharap semua mahasiswa baru mengikuti kegiatan Haberma.

“Karena banyak materi yang disampaikan oleh panitia akan bermanfaat bagi mahasiswa baru Sistem Informasi,” ujarnya.

Ditempat sama, Staf Wakil Rektor I Bidang Akademik, Gia Yosef Gunawan memastikan kegiatan Haberma tidak menggangu perkuliahan mahasiswa Prodi Sistem Informasi. Haberma dilakukan di sela-sela jadwal perkuliahan, sebelum dan sesudah jam kuliah.

“Jadwalnya sudah dikoordinasikan dengan kami,” tandasnya.

Comments are closed.