Calon Penerima Program Beasiswa 1000 Anak Negeri Ikuti Proses Seleksi

Nusaputra.ac.id – Program Beasiswa 1.000 Anak Negeri Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi Tahun Akademik (TA) 2020-2021 memasuki tahapan seleksi. Sebanyak 573 calon mahasiswa penerima beasiswa yang sudah lulus administrasi dari semua kategori,  mengikuti proses seleksi, pada Sabtu (7/3/2020) di Kampus Universitas Nusa Putra.

Staf Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Gia Yosep Gunawan mengatakan, setiap peserta seleksi mengikuti tahap seleksi berupa tes tertulis dan tes wawancara. Untuk tes Baca Tulis Qur’an (BTQ) dan Tahfidz Qur’an dilaksanakan oleh Kepala Ponpes Nusa Putra, Ustad Paikun dan pengasuh harian Ponpes, Ustad Irfan Sopian. “Tes BTQ dan Tahfidz ini untuk kategori tertentu,” kata Gia.

Peserta seleksi Program Beasiswa 1.000 Anak Negeri sedang mengikuti tes oleh Kepala Ponpes Nusa Putra, Ustad Paikun dan pengasuh harian Ponpes, Ustad Irfan Sopian. Sumber photo : Istimewa

Sedangkan untuk wawancara bahasa Inggris, lanjut Gia, setiap peserta diwawancara oleh dosen luar negeri asal Belanda, Marco Buijs dan mahasiswa internship asal Prancis, Slimani Leila. Sedangkan, untuk wawancara prestasi sesuai pilihan ketegori beasiswa, oleh para dosen Universitas Nusa Putra serta unsur lainnya.

Selanjutnya, hasil seleksi akan di umumkan pada 18 Maret 2020 yang akan datang. Mereka yang dinyatakan lulus seleksi, sambung Gia akan diterima kuliah di Universitas Nusa Putra sebagai penerima Program Beasiswa 1.000 Anak Negeri. “Nanti akan mengikuti dulu Masa Bimbingan (Mabim ) mahasiswa baru TA. 2020-2021,” imbuhnya.

Beasiswa 1.000 Anak Negeri Universitas Nusa Putra merupakan sebuah program yang memberikan kesempatan seluas-luasnya pada seluruh masyarakat Indonesia, untuk menempuh pendidikan tinggi di Universitas Nusa Putra tanpa melihat suku, ras, agama dan golongan.

Suasana seleksi wawancara Program Beasiswa 1.000 Anak Negeri. Sumber photo : Istimewa

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Muhammad Muslih menjelaskan, dengan mengedepankan aspek ekuitas pendidikan, tahun ini Universitas Nusa Putra memberikan kesempatan untuk 1.300 mahasiswa baru terpilih.  “Semua beasiswa tersebut tersebar dengan model dan skema jenis beasiswa yang mengedepankan aspek pemerataan kesempatan dan keadilan,” jelas Muslih.

Menurut Muslih, dengan Program Beasiswa 1.000 Anak Negeri, masyarakat dapat memilih jenis beasiswa yang sesuai dengan potensi dan keadaannya masing-masing. Ada 10 jenis pilihan beasiswa lanjut Muslih, yaitu beasiswa santri, beasiswa tahfidz Quran, beasiswa plurarisme non muslim, beasiswa difabel.

Selanjutnya ada beasiswa atlit, beasiswa seniman, beasiswa juara olimpiade, beasiswa untuk ketua OSIS, beasiswa Indonesia timur dan beasiswa afirmasi non Jawa Barat. “Dengan skema beasiswa tersebut, memungkinkan mahasiswa 100 persen gratis kuliah di Universitas Nusa Putra sampai selesai,” tandasnya.

Comments are closed.