Business Trip ke Bandung, Ini yang Didapat Mahasiswa Manajemen

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen angkatan kesatu, Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi mengadakan pembelajaran metode business trip (perjalanan bisnis) ke Dekranasda Bandung Creative HUB dan Floating Market Lembang, Bandung, Sabtu (9/11/2019). Kegiatan ini diikuti 60 peserta dari mahasiswa dan dosen Prodi Manajemen, tema acaranya “Set your passion be your innovation”.

Di setiap lokasi business trip, peserta mendapat materi langsung dari masing-masing pengelola mengenai proses produksi, metode pemasaran, dan strategi pengelolaan bisnis serta meninjau langsung pusat pengelolaan dan pengembangan Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Terutama kami bisa diskusi tentang manajerial perusahaan dengan para pengelolanya,” kata Ketua Pelaksana Business Trip, Faizal Hidayat, Minggu (10/11/2019).

Menurut Faizal, kedua lokasi business trip yang dipilih sesuai dengan kebutuhan pembelajaran mahasiswa manajemen NPU Sukabumi. Karena, keduanya telah mengutamakan pengembangan daerah lewat kreativitas masyarakat, juga mampu meningkatkan minat dan pendapatan masyarakat melalui pelatihan, monitoring dan evaluasi.

Para dosen Manajemen dengan sebagian mahasiswa NPU Sukabumi peserta Business Trip berfoto bersama di Floating Market Lembang, Bandung.

Selain itu, lanjut faizal, keduanya mampu mengutamakan kenyamanan masyarakat dalam memanfaatkan SDA dan mengembangkan SDM. “Hal itu sesuai tujuan business trip kami, yaitu ingin memahami dan mempelajari secara langsung manajerial sebuah perusahaan yang memprioritaskan masyarakat,” ujar Faizal.

Faizal berharap kegiatan ini dapat membantu pemahaman mahasiswa manajemen, mengenai perlunya meningkatkan kualitas pendidikan yang lebih bermanfaat dan mengutamakan kepentingan umum. “Ini sesuai dengan peran dan fungsi mahasiswa sebagai agen perubahan sosial (agent of social change). Dan bagi kampus, ini dapat mendorong peningkatan penelitian dan pengabdian masyarakatnya,” imbuhnya.

Di kesempatan sama, pembina mahasiswa manajemen NPU Sukabumi, Harini Fajar Ningrum juga berharap, kegiatan ini bisa memacu mahasiswa angkatan selanjutnya dalam meningkatkan kemampuan praktis di berbagai kegiatan luar akademik.

“Karena pada dasarnya, keilmuan manajemen itu memerlukan dinamika, tujuannya ya untuk meningkatkan literasi data dan aplikasinya dalam kehidupan nyata,” papar Harini.

Sementara Ketua Prodi Manajemen NPU Sukabumi, Yusuf Iskandar mengatakan saat ini diperlukan sinergi antara berbagai stakeholders, terutama dunia bisnis dan pendidikan. Karena pada dasarnya, menurut dia, bidang keilmuan manajemen dapat diterima secara luas, namun yang jadi kelemahan belum terfokusnya mindset mahasiswa dan kesiapannya menyambut revolusi industri 4.0.

“Saya yakin kegiatan business trip ini dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa. Dan Insya Allah, kedepannya kegiatan ini jadi rutinitas di Prodi Manajemen,” tandasnya.

Comments are closed.