BEM Universitas Nusa Putra Sukabumi Gagas Ruang Aspirasi Free Market of Idea

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi adakan acara dialog interaktif bernama Ruang Aspirasi Free Market Of Idea. Dialog diikuti oleh 50 peserta dari mahasiswa NPU Sukabumi dan Aliansi BEM Sukabumi. Diselenggarakan di area kantin NPU Sukabumi, Sabtu (12/10/2019).

Ruang Aspirasi Free Market Of Idea merupakan model diskusi yang mengambil sebuah tema utama, yaitu Peran Mahasiswa dalam era milenial, selanjutnya setiap peserta diberikan kebebasan memberikan pendapatnya sesuai dengan persepsi atau sudut pandangnya masing-masing. Harapannya, sebuah masalah dapat dipecahkan melalui berbagai sudut pandang pemikiran.

Ketua BEM NPU Sukabumi, Billy R Pagara mengatakan melalui acara tersebut, BEM NPU Sukabumi bermaksud memfasilitasi kajian dan diskusi-diskusi yang sistematis mengenai permasalahan Indonesia hari ini. Sekaligus meningkatkan silaturahmi dengan seluruh mahasiswa Nusa Putra dan Aliansi BEM yang ada di Sukabumi.

“Nantinya akan jadi bahan aspirasi yang dapat disampaikan mahasiswa kepada pejabat-pejabat pemerintah. Dan tentu kita juga sebagai kaum intelektual harus mampu peka terhadap lingkungan sekitar,” kata Billy.

Kajian-kajian tersebut, lanjut Billy, akan menjadi bahan edukasi mahasiswa dan masyarakat, bahwa sebuah persoalan kenegaraan itu tidak boleh ditanggapi dengan statement dan tindakan yang serampangan. “Tetapi harus berdasarkan data-data yang jelas dan penafsiran-penafsiran dari berbagai sudut pandang,” terang Billy.

Dalam dialog tersebut, dibahas bagaiamana peran mahasiswa pada era milenial yang disampaikan oleh salah satu dosen ilmu hukum NPU Sukabumi, CSA Teddy Lesmana.

Salah satu peserta, Ami Apriatna, mahasiswi Prodi Teknik Informatika NPU Sukabumi mengatakan, mahasiswa saat ini memiliki tantangan harus bisa menjalankan semua kewajibannya secara seimbang, termasuk menyelesaikan kewajiban akademiknya, di organsasi himpunan dan masalah lingkungn sosialnya.

“Kewajiban kami mahasiswa NPU Sukabumi untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Trilogi Nusa Putra. Dan suatu saat mahasiswa juga bisa bergerak turun kejalan menuntut hak-hak rakyat,” tukasnya.

Comments are closed.