Nusaputra.ac.id – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, adakan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tahun 2020, Senin (24/2/2020) bertempat di Gedung B2C, kampus Universitas Nusa Putra.

Kegiatan ini diikuti oleh 10 orang mahasiswa dari perwakilan Progam Studi (Prodi) strata satu (S1) Universitas Nusa Putra. Setiap peserta mengikuti pemilihan melewati tiga tahapan seleksi, yaitu tes keunggulan diri atau prestasi, kecakapan bahasa Inggris dan karya tulis ilmiah.

Tim seleksi Pilmapres sebanyak 9 orang, terdiri dari enam dosen perwakilan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Manajemen, Hukum, Teknik Informatika, Akuntansi dan Prodi Sistem Informasi yang menyeleksi karya tulis ilmiah peserta. Selanjutnya, untuk tes keunggulan diri atau prestasi oleh Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan dan satu orang dosen untuk tes bahasa Inggris.

Ketua pelaksana Pilmapres, Ramdan Fauzi mengatakan acara ini diadakan sebagai program kampus untuk mencari mahasiswa yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berprestasi dan unggul. Karena itu, dari sekian banyak mahasiswa, kata Ramdan, kegiatan Pilmapres mencari mahasiswa yang memiliki kelebihan diantara yang lainnya.

Peserta Pilmapres dan Tim seleksi dalam acara pembukaan Pilmapres, Senin (24/2/2020). Sumber foto: Istimewa.

“Pertama mental, kemudian prestasi pribadi selama kuliah disini, juga penguasaan bahasa Inggris serta sebagai mahasiswa harus memiliki karya. Jadi, dalam Pilmapres ini kami menekankan peserta bisa membuat karya tulis ilmiah, temanya bebas mencakup semua isu,” terang mahasiswa Prodi Teknik Sipil ini setelah acara Pilmapres.

Setelah dilakukan seleksi terhadap seluruh peserta pada Senin (24/2/2020) lalu, Tim seleksi kemudian mengumumkan dan menetapkan pemenang Pilmapres tahun 2020 pada Senin (2/3/3020). Dan keluar sebagai pemenanganya adalah Aulia Rahma, mahasiswa jurusan PGSD angkatan 2018. Atas kemenangan ini, Aulia mendapatkan uang pembinaan dan berhak mewakili Universitas Nusa Putra melaju ke tahap selanjutnya.

Penyerahan simbolis hadiah dari Warek III Bidang Kemahasiswaan kepada pemenang Pilmapres tahun 2020, Aulia Rahma, Senin (2/3/2020). Sumber foto: Istimewa.

“Aulia akan mengikuti Pilmapres tingkat Lembaga Layanan Direktorat Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IV Jawa Barat dan Banten,” kata Ketua BEM Universitas Nusa Putra, Billy R Pagara setelah acara pengumuman.

Billy pun berharap, Aulia bisa berpretasi di Pilmapres tingkat LLDIKTI Wilayah IV nanti, sehingga bisa mengikuti Pilmapres tingkat Nasional. “Mudah-mudahan, kami doakan yang terbaik,” tandas Billy.

 

Reporter : Sri Cahyani/Jurnalis Nuansa

Comments are closed.