Antik Jurnalis Nuansa Hadirkan Praktisi Media Massa di Sukabumi

Unit Kegiatan Kampus (UKK) Jurnalis Nuansa Universitas Nusa Putra (NPU) Sukabumi, menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik (Antik) di Kampus NPU Sukabumi, Kamis (2/1/2020).

Pelatihan Jurnalistik itu diikuti oleh sebanyak 117 peserta dari mahasiswa NPU Sukabumi, mahasiswa dari kampus lainnya, dan siswa dari beberapa SMA dan SMK di Sukabumi.

Acara dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, pembina UKK Jurnalis Nuansa, Ketua BEM, para ketua himpunan dan anggota UKK Jurnalis Nuansa. Tema yang diangkat adalah ‘Membidik milenial dalam media kejurnalistikan’.

Dalam sambutannya Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Muhammad Muslih mengapresiasi kegiatan UKK Jurnlias Nuansa di awal tahun 2020 ini. Muslih meminta hasil dari kegiatan ini dapat menjadi salah satu program kerja 2020.

Muslih juga berharap, UKK Jurnalis Nuansa bisa berkembang tidak hanya menjadi media kampus. Namun mampu menjadi pelopor jurnalis kampus di Sukabumi dan mengambil bagian dari dinamika sosial masyarakat Indonesia khususnya Sukabumi.

“Kami sangat serius akan membina UKK Jurnalis Nuansa, dengan memberi masukan-masukan. Hari ini teman-teman mendapat pembinaan dari para ahli dan senior di media, manfaatkan sebaik-baiknya,” kata Muslih.

Senada dengan Muslih, pembina UKK Jurnalis Nuansa, CSA Teddy Lesmana meminta peserta mengikuti kegiatan ini secara serius. Karena menurut Teddy, ada hubungan antara jurnalis dan akademis, yaitu sama-sama melaporkan sesuatu, perbedaannya, imbuh Teddy akademis melaporkan hasil penelitiannya sedangkan jurnalis melaporkan peristiwa.

“Artinya sebagai akademis, kita harus punya kemampuan menyampaikan informasi yang mudah dipahami oleh masyarakat,” ujar Teddy.

Teddy juga menegaskan nilai-nilai yang harus dijungjung tinggi oleh jurnalis dan akademisi, menurutnya kedua profesi ini memiliki spirit yang sama. “Keduanya wajib menjungjung tinggi nilai-nilai kebenaran,” ucapnya.

Selanjutnya, sebelum pemaparan materi, dilakukan penyerahan Surat Keputusan (SK) Rektor NPU Sukabumi, tentang pengukuhan pengurus UKK Jurnalis Nuansa dan pengalungan tanda pengenal Jurnalis kepada pembina dan pengurus UKK Jurnalis Nuansa oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan.

Dua narasumber dihadirkan oleh panitia untuk mengisi materi, yaitu Kompertemen dan Redaktur Radar Sukabumi, Didiet Rahma Aditia yang menyampaikan materi mengenai Media dan Kejurnalistikan dan Pimpinan Redaksi sukabumiupdate.com, Fitriansyah dengan materi Perkembangan Jurnalistik di era Milenial.

Didiet memaparkan, materinya mulai dari dasar-dasar jurnalistik sampai dengan kode etik jurnalistik, sedangkan Fitriansyah mengupas mengenai perkembangan media online sampai dengan fenomena media sosial yang saat ini dominan menjadi sumber informasi di tengah-tengah masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, kemudian kuis dan doorfrize dari panitia untuk enam peserta beruntung yang dapat menjawab pertanyaan dari para nara sumber. Selanjutnya dilakukan penyerahan piagam penghargaan dari Wakil Rektor III kepada para nara sumber, acara diakhiri oleh sesi foto bersama.

Salah satu peserta, Sutra Berlianda S mengaku senang, karena wawasan dan ilmunya tentang jurnalistik jadi bertambah. “Meskipun saya masih pelajar, tapi ilmu ini bermanfaat. Semoga konten-kontennya Jurnalis nuansa semakin lebih baik dan lebih menarik,” tandas Siswa SMAN 1 Sukaraja ini.

Comments are closed.