4 Alasan Mengapa Harus Kuliah Prodi PGSD Universitas Nusa Putra?

Berikut adalah empat alasan mengapa harus memilih kuliah Ilmu Keguruan/PGSD di Universitas Nusa Putra (NPU) menurut Dosen Pendidikan NPU Samsul Pahmi, M.Pd.

1. Peluang kerja lebih besar

Di antara banyak jurusan kuliah, yang memiliki peluang kerja lebih besar bagi lulusannya, salah satunya adalah Prodi PGSD. Kebutuhan akan guru SD selalu lebih besar ketimbang jurusan keguruan lain, terlebih dengan banyaknya program pemerintah yang berkaitan dengan pendidikan.

“Sehingga lulusan Prodi Keguruan/PGSD Universitas Nusa Putra (NPU) memiliki prosepek kerja cerah. Namun, bukan berarti mahasiswa bisa santai dan jumawa, tetapi dituntut memiliki skill dan kompetensi di atas rata-rata agar menjadi guru SD yang profesional,” kata Samsul Pahmi.

2. Menguasai berbagai disiplin ilmu pengetahuan

Perbedaan mendasar antara guru SD dengan SMP atau SMA, salah satunya adalah guru SD sekaligus guru kelas, sedangkan guru SMP dan SMA adalah guru mata pelajaran. “Guru mata pelajaran hanya mengajarkan mata pelajaran tertentu, misalnya hanya mengajar mata pelajaran fisika atau ekonomi saja. Sedangkan guru kelas dituntut mampu mengajarkan semua mata pelajaran,” tambah Pahmi lagi.

3. Peluang besar menjadi PNS

Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) memang masih menjadi favorit banyak orang. Selain gaji, juga berbagai tunjangan disediakan pemerintah, dari mulai sertifikasi, keluarga, hingga pensiun. Sehingga alumni PGSD NPU memiliki peluang menjadi PNS, karena setiap tahun ada puluhan hingga ratusan ribu kebutuhan guru SD. “Mahasiswa tidak perlu khawatir dengan kuota PNS, karena kuota bagi alumni Prodi PGSD selalu lebih besar ketimbang keguruan lainnya,” yakin Pahmi.

4. Materi kuliah yang tidak terlalu susah

Jika pada jurusan kimia, biologi, dan fisika mahasiswa dituntut menguasai banyak rumus, di Prodi PGSD materi kuliah lebih sederhana. Hal ini karena orientasinya adalah mampu mengajar dengan baik dan benar di tingkat dasar. “Jadi orientasinya lebih ditekankan pada bagaimana agar anak didik bisa dengan mudah memahami. Terlebih, metode kuliah PGSD Universitas Nusa Putra berkonsep modern, serta didukungan fasilitas teknologi,” pungkas Pahmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *