Jurnal Dosen

Kumpulan Jurnal Dosen STT Nusaputra bisa anda kunjungi melalui link dibawah ini :

>>Selengkapnya

Teknik Sipil

 

PROGRAM  STUDI  TEKNIK  SIPIL  (S-1)

© Izin  Telah Terakreditasi BAN-PT          © Gelar Akademik Sarjana Teknik (S.T)

Menyiapkan mahasiswa untuk berkarya di bidang perencanaan, perancangan, konstruksi  dan manajemen dalam proyek  yang membutuhkan insinyur sipil, Lulusan Program Studi Teknik Sipil  melayani masyarakat melalui penerapan pengetahuan dan keterampilana dalam perencanaan, perancangan, konstruksi  sarana dan prasarana dalam berbagai  rentang disiplin. Mahasiswa pada semester  lima di berikan pilihan penekanaan kompetensi  sesuai  minat dan bakat mahasiswa dalam pilihan konsentrasi  pendalaman  pada bidang yang lebih sepesifik.  Adapun konsentrasi  yang di tawarkan adalah Manajemen Konstruksi, Teknik Transportasi dan Lalu Lintas, Perencanaan Wilayah dan Kota

MANAJEMEN KONSTRUKSI

Konsentrasi Manajemen Konstruksi Gedung mempersiapkan sumber daya manusia profesional dalam bidang konstruksi bangunan gedung seperti perumahan dan gedung bertingkat. Selama proses belajar, mahasiswa dilatih mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, pengontrolan, pengujian konstruksi gedung sampai melaksanakan kontrak dan hubungan bisnis. Lulusan Program Studi Teknik Konstruksi mempunyai kesempatan mengisi posisi surpervisor , pelaksana  dan manajer proyek di berbagai bidang usaha perusahaan  dan instansi pemerintah.

TEKNIK TRANSPORTASI  DAN LALULINTAS

Konsentrasi Perancangan Transportasi bertujuan mempersiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten dalam bidang infrastruktur transportasi dan manjemen transportasi. Dalam proses belajar, mahasiswa berlatih melakukan studi kelayakan, perencanaan, pembangunan, pengoperasian dan pemeliharaan jalan dan jembatan. Lulusan konsentrasi Perancangan transportasi dapat mengisi posisi level manajemen dalam perusahaan seperti kontraktor, konsultan, Pemerintah Daerah, Bank, BUMN, Departemen Kimpraswil, Departemen Perhubungan, operator, investor, dan kontraktor jalan tol. 

PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA

Konsentrasi  Perencanaan Wilayah dan Kota merupakan suatu konsentrasi yang mempelajari tentang cara merencana suatu wilayah dan kota. Dalam merencanakan suatu kota banyak sekali yang harus di pertimbangkan oleh perencana misalnya kondisi ekonomi, sosial, budaya suatu wilayah dan yang lain-lain. Dalam melaksanakan kegiatan pendidikan konsentrasi ini mempelajari Perencanaan Wilayah dan Perdesaan (PWD), Perencanaan dan Perancangan Kota (PPK), Sistem Infrastruktur Wilayah dan Kota (SIWK) serta Pengelolaan Pembangunan dan Pengembangan Kebijakan (P2PK).

PROSPEK KARIR DAN PELUANG PEKERJAAN

Manajemen Konstruksi : Proyek Insinyur Sipil, Project Manager, Manajer QC Konstruksi, Konsultan Proyek Konstruksi & pekerjaan sipil lainya
Teknik Transportasi dan Lalulintas : Manajer Proyek Transportasi, Manajer Desain Transportasi , Insinyur  Lalu Lintas dan lain-lain
Perencanaan Wilayah dan Kota : Insinyur Desain Kota, Project Manager Tata Kota, Project Manager Lingkungan dan Kerja Sipil Lainya.
Secara Umum dapat bekerja di : Pemerintahaan, Militer, Lembaga Pendidikan, Industri, Perbankkan, Konsultan, BUMN, BUMD serta Sektor Bisnis lainya, dengan lingkup pekerjaan sebagai PNS, Perencana, Peneliti, Marketing, Estimator, Drafter, Project Manager, Surveyor, Guru, Dosen, Instruktur, Konsultan dan lain-lain.

VISI

“Menjadi program studi yang unggul dan inovatif dalam penyelenggaraan pendidikan di bidang teknik sipil yang memiliki daya saing tinggi dan berakar pada nilai-nilai kearifan lokal dalam menghadapi era perdagangan global pada tahun 2030”

MISI

1) Menyelenggarakan sistem pendidikan dan pengajaran di bidang teknik sipil untuk mengembangkan keilmuan berbasis kepada transformasi jaman, sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.
2) Melaksanakan penelitian untuk menghasilkan karya yang memiliki daya saing tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional dengan cara mengembangkan dan mengintegrasikan perkembangan keilmuan teknik sipil terhadap nilai- nilai kearifan lokal dan peradaban bangsa.


TUJUAN

1. Menghasilkan lulusan yang profesional dan memiliki kemampuan dalam mentransfer nilai seni dan budaya bangsa kedalam perkembangan keilmuan teknik sipil modern.
2. Menghasilkan karya di bidang teknik sipil yang dapat membantu meningkatkan nilai sosial ekonomi masyarakat.
3. Terciptanya kualitas proses pembelajaran dengan menciptakan suasana belajar yang menjamin terciptanya interaksi yang baik antara mahasiswa Nusa Putra dengan mahasiswa asing.
4. Terwujudnya kemampuan akademik dan profesionalitas sumber daya manusia yang unggul.
5. Menghasilkan jumlah penelitian dan publikasi di jurnal nasional maupun internasional yang memfokuskan pada kaitan antara teknik sipil dengan muatan kearifan lokal.
6. Terciptanya suasana ilmiah dan kehidupan akademik yang sehat, sehingga tercipta budaya akademik yang kuat di lingkungan institusi.
7. Menghasilkan lulusan yang dapat bekerja dalam bidang perencanaan, pelaksanaan, pengawasan pengolahan atas dasar konsep-konsep yang umum.
8. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi yang memadai untuk melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.