Jurnal Dosen

Kumpulan Jurnal Dosen STT Nusaputra bisa anda kunjungi melalui link dibawah ini :

>>Selengkapnya

Teknik Mesin

PROGRAM  STUDI  TEKNIK MESIN (D-3)

Izin  Telah Terakreditasi BAN-PT Gelar Akademik  Ahli Madya (A.Md)

Jurusan Teknik Mesin mempersiapkan mahasiswa  menjadi  tenaga  ahli  menengah profesional  dan kompeten yang  mampu mengisi  posisi  penyelia  dan supervisor dalam lingkungan industri  dengan spesialisasi  keahlian teknik produksi, teknik perawatan dan perbaikan mesin, teknik perancangan dan teknik energy. Saat ini Program Studi Teknik Mesin memiliki tiga konsentrasi  yaitu Manufaktur, Otomotif dan Konversi Energi. Pemisahan konsentrasi ini dilakukan pada  semester  lima.  Selama proses belajar, mahasiswa dilatih dalam bidang perancangan, pemasangan, pengawasan, analisa, pengontrolan, perawatan dan perbaikan dalam proses  industri.

TEKNIK MANUFAKTUR

Konsentrasi Manufaktur membekali lulusannya dengan kompetensi dalam bidang teknologi manufaktur khususnya pada perancangan dan pembuatan mesin, peralatan produksi seperti mold, dies, jig & fixture, serta peralatan mekanik lainnya. Didukung oleh staff yang berpengalaman menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap berkarya pada industri manufaktur, otomotif, rekayasa, pertambangan, agro industri dan lainsebagainya.

TEKNIK OTOMOTIF

Membekali lulusannya dengan kompetensi bidang otomotif dikombinasikan dengan manajemen otomotif untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli madya di bidang servis dan perawatan. Keahlian lulusan dari konsentrasi teknik otomotif adalah memiliki kompetensi di bidang otomotif yang meliputi: engine, power train, chassis, body dan electrical serta pengetahuan manajemen perbengkelan, manajemen part, manajemen SDM. Lulusan dapat menjadi Service Advisor, Supervisor, Instruktur, Sales Engineer, Part Koordinator dan dapat bekerja di industri otomotif.

KONVERSI ENERGI

Konsentrasi Studi Teknik Konversi Energi merupakan pendidikan yang memadukan bidang ilmu teknik mekanik dan listrik mempersiapkan sumber daya manusia profesional dan kompeten dalam bidang sistem energi yang mensinergikan aspek konversi dan konservasi energi. Selama proses belajar, mahasiswa berlatih melakukan proses pembangkitan, pendistribusian dan pemanfaatan energi listrik baik dari pembangkit konvensional ataupun yang terbaru secara efisien, optimal dan proporsional.

PROSPEK KARIR DAN BIDANG PEKERJAAN

Teknik Manufaktur: Desainer Manufaktur, Supervisor Produksi, Junior Enginer, Supervisor Perawatan Mesin dan lain sebagainnya.
Teknik Otomotif : Service Advisor, Supervisor, Instructor, Sales Engineer, Surveyor, Estimator, Coordinator Part dan posisi lainnya.
Teknik Konversi Energi : Energy Auditor, Surveyor Energy, Desain Pembangkit, Energy Engineer, Konsultan Energy dan posisi lainnya
Secara Umum dapat bekerja di : Perusahaan-perusahaan Pembangkit Tenaga Listrik, Konsultansi, Konstruksi, Manufaktur Industri penambangan Industri Proses Bidang Utilitas Perhotelan Bidang Utilitas Rumah Sakit Bidang Utilitas Gedung dan Kawasan Industri  dan lain-lain Pemerintahan, Militer, Industri, Bank dan  semua industri pengguna enregi.

VISI

“Pada tahun 2025 menjadi penyelenggara pendidikan profesional dalam bidang teknik mesin yang handal dan bermartabat yang mampu menghasilkan lulusan yang bermutu, beriman dan bertaqwa dan memiliki daya saing nasional dan internasional.”

MISI

1) Mewujudkan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang berkualitas. 
2) Mewujudkan budaya akademik yang kondusif, dinamis, dan bermoral untuk mendorong aksesibillitas dan equitas pendidikan tinggi.
3) Mewujudkan tata kelola organisasi Program Studi Teknik Mesin Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra yang baik.
4) Mewujudkan kerja sama dengan berbagai pihak yang saling memberikan manfaat secara berkelanjutan sebagai upaya mencapai pembelajaran Program Studi 
Teknik Mesin yang handal.

TUJUAN

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan moral yang unggul serta menerapkan, mengembangkan serta memperluas pengetahuan sains dan teknologi secara profesional.
2. Menghasilkan lulusan yang mampu mengadakan penelitian dalam bidang sains dan teknologi, yang hasilnya dapat diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
3. Menghasilkan lulusan yang mampu menghabdikan pengetahuan dan keterampilannya dalam bidang sains dan teknologi secara profesional kepada masyarakat.
4. Menghasilkan karya ilmiah yang berdaya guna khususnya bagi masyarakat Industri, pemerintah dan stakeholder lainya secara umum dalam lingkup nasional dan internasional. 
5. Terwujudnya pengabdian kepada masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan bangsa.