Jurnal Dosen

Kumpulan Jurnal Dosen STT Nusaputra bisa anda kunjungi melalui link dibawah ini :

>>Selengkapnya

Teknik Informatika

TEKNIK INFORMATIKA (S-1)

Izin Telah Terakreditasi Nomor: 332/E/O/2014 – Gelara Akademik Sarjana Teknik (S.T)

Program Studi Teknik Informatika mengarahkan mahasiswa untuk mengkaji  cakupan disiplin, proses, teknik dan alat bantu yang di butuhkan dalam membangun sistem berbasis komputer. Dimana mahasiswa di arahkan untuk memiliki kompetensi dalam memahami mekanisme kerja komputer, model solusi berbasis komputer, logika dan algoritma pemrograman, rancang bangun perangkat lunak dan lain sebagainya. Pada program studi ini diberikan pilihan pendalaman pada bidang yang di minati oleh mahasiswa dengan tiga  konsentrasi peminatan pada semester lima yaitu: Rekayasa Perangkat Lunak, Sistim Multimedia dan Jaringan Komputer. Untuk peminatan ini dapat di ambil berdasarkan jumlah peminat pada masing-masing konsentrasi.

REKAYASA PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE ENGINEERING)

Dalam Konsentrasi Rekayasa Perangkat Lunak mahasiswa lebih ditekankan pada pengembangan dan pemeliharaan sistem perangkat lunak yang berperilaku andal dan efisien, terjangkau untuk mengembangkan dan memelihara, dan memenuhi semua persyaratan yang telah ditetapkan untuk pelanggan mereka. Konsentrasi ini berusaha untuk mengintegrasikan prinsip-prinsip matematika dan ilmu komputer dengan praktek rekayasa yang dikembangkan secara nyata, artefak fisik. Insinyur Perangkat Lunak harus dapat benar melakukan dan mengelola kegiatan pada setiap tahap siklus hidup skala besar sistem perangkat lunak dan mampu menjadi manajer proyek Perangkat Lunak.

SISTEM MULTIMEDIA (MULTIMEDIA SYSTEM)

Konsentrasi di bidang ini berfokus pada pembuatan aplikasi multimedia dan pembuatan multimedia author tools. Pembuatan aplikasi multimedia mempunyai titik berat pada perancangan aplikasi multimedia dan beberapa tools untuk membantu pembuatan aplikasi multimedia. Sedangkan, pembuatan multimedia author tools berfokus pada algoritma yang digunakan untuk pembuatan tools. Mahasiswa yang mempelajari konsentrasi ini diharapkan dapat menjadi Multimedia designer maupun multimedia implementor yang bertugas merancang dan mengimplementasikan aplikasi multimedia.

JARINGAN KOMPUTER (COMPUTER NETWORK)

Mahasiswa dalam konsentrasi ini di tekankan pada kemampuan menglola jaringan baik jaringan skala kecil hingga skala besar, yang nantinya akan digunakan untuk pertukaran data komputer pada sebuah perusahaan, lembaga dan sebagainya. Adapun pekerjaan seorang network engineer biasanya adalah seputar network administrator, design jaringan, installasi dan maintenance. Mempelajari mengenai mekanisme Networking secara detail. Seperti OSI layer, TCP/IP, DNS, Proxy, Fiber Optic, router, hardware dan software jaringan, security, dan lain-lain.

PROSPEK KARIR DAN PELUANG PEKERJAAN

Software Engineering : Application Developer, System Analyst, Manager Sistim Informasi dan Bidang Jaringan Lainnya
Multimedia System     : Junior Graphic Designer, Graphic Designer,  Web Designer, Digital Animator, Art Director, Lighting dan lain –lain.
Jaringan Komputer     : Security Administrator, Network Engineer, System Administrator, Technical Support dan Bidang Jaringan Lainnya
Secara Umum dapat bekerja di : Perusahaan Software House, Pemerintahaan, Militer, Lembaga Pendidikan, Industri, Bank, Konsultan, BUMN dan BUMD serta Sektor Bisnis lainya, dengan lingkup pekerjaan meliputi PNS, Perencana, Peneliti, Staff EDP, Programmer, Techinal Support dan lain sebagainya.

VISI

“Menjadi program studi yang kreatif dan inovatif dalam penyelenggaraan pendidikan di bidang teknik informatika yang mampu mengangkat nilai-nilai kearifan lokal sehingga menghasilkan sebuah karya orisinil yang memiliki daya saing tinggi dalam menghadapi era perdagangan global pada tahun 2025”

MISI

1) Menyelenggarakan sistem pendidikan dan pengajaran berbasis kompetensi teknologi informatika yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlak mulia, mandiri, dan profesional dalam mengolah dan menggali potensi bangsa.
2. Melaksanakan penelitian kreatif dan inovatif dengan cara mengembangkan dan mengintegrasikan teknologi informatika terhadap nilai seni dan budaya, sosial ekonomi, dan peradaban bangsa.
3. Menyebarluaskan hasil penelitian dalam bentuk teknologi terapan yang mampu bersaing secara global dan dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kehidupan masyarkat.
3. Melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat yang berbasis kepada keilmuan teknik informatika dengan tujuan meningkatkan pemahaman masyarakat akan pentingnya teknologi informasi bagi kehidupan.
4. Menjalin kerjasama dengan berbagai institusi baik dalam maupun luar negeri yang memberikan dampak signifikan kepada kemajuan institusi.

TUJUAN

1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam mentransfer nilai seni dan budaya bangsa ke dalam bidang komputasi dan rekayasa perangkat lunak.
2. Menghasilkan karya dibidang teknologi informatika yang dapat membantu meningkatkan nilai sosial ekonomi masyarakat.
3. Mengangkat nilai peradaban bangsa dimata internasional dengan menggali potensi nilai prasejarah bangsa indonesia melalui penerapan teknologi informatika.
4. Terciptanya kualitas proses pembelajaran dengan menciptakan suasana belajar yang menjamin interaksi yang baik antara mahasiswa lokal maupun asing.
5. Terwujudnya kemampuan akademik dan profesionalitas sumber daya manusia yang unggul.
6. Menghasilkan jumlah penelitian dan publikasi di jurnal nasional maupun internasional yang memfokuskan pada kaitan antara teknik informatika dengan muatan kearifan lokal.
7. Terciptanya suasana ilmiah dan kehidupan akademik yang sehat, sehingga tercipta budaya akademik yang kuat di lingkungan institusi.