Jurnal Dosen

Kumpulan Jurnal Dosen STT Nusaputra bisa anda kunjungi melalui link dibawah ini :

>>Selengkapnya

Sistem Informasi

SISTEM INFORMASI (S-1)

Izin Telah Terakreditasi Nomor :332/E/O/2014  - Gelar Akademik Sarjana Komputer (S.Kom)

Program Studi Sistem Informasi Membekali Mahasiswa Dengan Kemampuan Untuk Merancang Dan Menulis Program, Terutama Diarahkan Untuk Pengembangan Sistem Informasi Dalam Skala Besar.  Selain Itu, Mahasiswa Juga Akan Mempelajari Komponen-komponen Dari Sistem Informasi/Teknologi Informasi, Mulai Dari Sistem Operasi, Jaringan Komputer, Basisdata, Maupun Aplikasi. Untuk Mengasah Pemahaman Di Bidang Bisnis Dan Manajemen, Mahasiswa Mempelajari Konsep-konsep Manajemen Serta Berbagai Proses Bisnis Penunjang Kegiatan Organisasi Dan Dukungan Yang Bisa Diberikan Oleh Teknologi Informasi. Pada program studi ini diberikan pilihan pendalaman pada bidang yang di minati oleh mahasiswa dengan tiga konsentrasi peminatan pada semester  lima yaitu : Sistem Informasi Perusahaan, Databhase Sistem Informasi dan E-Bussines. Untuk peminatan ini dapat di ambil berdasarkan jumlah peminat pada masing-masing konsentrasi  setiap angkatan.

SISTEM INFORMASI PERUSAHAAN

Konsentrasi peminatan Sistem Informasi Perusahaan (corporate information system) menitik beratkan pada kemampuan mahasiswa menyusun Information Strategic Planning suatu organisasi dan mampu merancang, mengimplementasi, dan mengelola sistem Informasi strategik. Dimana Mahasiswa juga mampu memberdayakan Sistem Informasi dalam konteks keunggulan kompetitif perusahaan. Pada peminatan ini menitik beratkan pada kemamuan mahasiswa  dalam pendalaman mata kuliah Management Support System, End User Information System, Perncanaan Strategis System, ERP-Enterprise Resource Planning dan Corporate Information System Management.

DATABASE SISTEM INFORMASI

Konsentrasi peminatan Database Sistem Informasi menitik beratkan pada kemampuan mahasiswa merancang sistem database untuk keperluan stategik dan operasional suatu organisasi dan mampu merancang, mengimplementasikan serta mengelola sistem data base organisasi. Kemampuan menterjemahkan kebutuhan informasi organisasi ke dalam basis data tingkat korporat . Pada peminatan ini mahasiswa lebih memperdalam kemampuan dalam mata kuliah Object Oriented Database, Pengolahan Data terdistribusi, Manajemen Basis Data, Datawarehouse and Data Mining, Sistim Informasi Manajemen.

E-BISNIS

Konsentrasi peminatan e-Bisnis  membekali mahasiswa agar mampu menterjemahkan bisnis plan dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis web. Mampu menganalisis dan memberdayakan teknologi informasi berbasis web yang tepat dalam proses bisnis utk meningkatlan daya saing organisasi. Dimana mahasiswa juga harus mampu merancang, mengimplementasikan dan mengelola e-Business secara mandiri. Untuk menunjang kompetensi peminatan e-bisnis maka mahasiswa yang mengambil peminatan ini di fokuskan dalam kemampuan mahasiswa dalam menyerap matakuliah  Web- Base Programing,  Konsep E-Bisnis, Teknologi dan Infrastruktur E-bisnis, Analisis dan Perancangan E-Bisnis , Sistim Informasi Manajemen.

PROSPEK KARIR DAN PELUANG PEKERJAAN

Corporate Information System    : Manager Proyek Sistem Informasi, Manager EDP
Database Sistem Informasi         : Database Administrator, IT Consultant, System Administrator Database
E- Bisnis                                 : Web Developer, Web Desain, e-Commerce Analist, Web Manager,Moile System Developer dan lain sebagainya
Secara Umum dapat bekerja di : Perusahaan bidang Teknologi Informasi, Pemerintahaan, Militer, Lembaga Pendidikan, Industri, Bank, Konsultan, BUMN dan BUMD serta Sektor Bisnis lainya, dengan lingkup pekerjaan meliputi PNS, Perencana pada proyek-proyek Sistem informasi.

VISI

“Pada tahun 2025 menjadi pusat keunggulan dalam penyelengaraan pendidikan Sistem Informasik, Pengembangan Sistem Informasi, serta Sistem Pendukung Keputusan dan Intelegensia Bisnis, dengan kualitas yang mampu memaksimalkan potensi daerah.

MISI

1) Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian pada masyarakat untuk mencapai visi program studi.
2) Menghasilkan lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak tinggi, berbudaya Indonesia, bersemangat ilmiah serta memiliki kemampuan akademik yang memadai dan sanggup berkinerja baik, serta mampu menerapkan, mengembangkan dan melakukan inovasi dalam bidang Sistem Informasi
3) Membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang Sistem Informasi, prinsip etika yang kuat agar mampu dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi untuk bersaing di pasar nasional maupun internasional
4) Menyebarkan hasil penelitian dan teknologi terapan dalam bidang Sistem Informasi, untuk dimanfaatkan dalam kegiatan wirausaha produktif dan peningkatan mutu kehidupan masyarakat.

TUJUAN

Seiring dengan kemajuan teknologi komputer yang sangat cepat, Program Studi Sistem Informasi diarahkan pada penguasaan ilmu dan keterampilan rekayasa informasi yang berlandaskan pada kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengolahan dengan komputer. Setiap lulusan diharapkan memiliki kemampuan jiwa kewirausahaan dan dapat merencanakan suatu sistem informasi guna memaksimalkan potensi daerah di Kota dan Kabupaten Sukabumi serta kawasan di sekitarnya.