Jurnal Dosen

Kumpulan Jurnal Dosen STT Nusaputra bisa anda kunjungi melalui link dibawah ini :

>>Selengkapnya

Sejarah Pendirian

Sejarah Perguruan Nusa Putra Sukabumi berawal pada tahun 2001 di dirikan oleh bapak Kurniawan, S.T, M.Si, MM setelah di tinggal Almarhum ayahandanya Bapak Nunung Supratman (alm) tepatnya tanggal 05 Agustus 2001. Terinsfirasi dari pesan Almarhum “Berpikir, berbuat dan berikan apa yang kamu miliki untuk masyarakat dan jangan pernah takut, karena dengan berbuat untuk orang lain maka kamu pasti akan di tinggikan derajatnya dari pada masyarakat yang kamu bantu dan pikirkan itu”. pertemuan terakhir dan harapan terakhir Almarhum menjadikan spirit yang luar biasa untuk mendirikan lembaga ini. Sehingga muncul tiga gagasan besar Nusa Putra yang sering di sebut dengan Trilogi Nusa Putra yaitu “Cinta Kasih Illahiyah, Cintakasih Orang Tua dan Cinta Kasih Sesama” dimana gagasan ini terinspirasi dari perenungan dan pemikiran panjang pendiri yang meletakan dasar ketuhanan pada kalimat "Bismilahirrahmanirrahim" sebagi pijakan cinta kasih dalam kehidupan.

Sebagai sarjana yang di wisuda tepatnya sepuluh hari sebelum di tinggal Almarhum tentunya tergoncang karena tidak sempat membahagiakan orang tuanya yang sepanjang tahun sakit-sakitan ini. Dengan meminta persetujuan Ibu serta kakaknya yaitu Ibu Nanan Rohaenah dan adiknya bapak Kuswara, S.H, M.H meminjam uang peninggalan Almarhum dari pensiun sebagai Guru SD sebesar Rp. 7.000.000,- dan di tambah tabungan pribadi Rp. 25.000.000,- semuanya untuk diusahakan di jalan Allah S.W.T dengan mendirikan usaha yang dapat menolong orang lain dan mendidik orang lain, dengan harapan amal perbuatanya dapat di terima sebagai amal Almarhum bapak Nunung Supratman.

Pada tahun 2002 tepatnya bulan Mei mempercayakan gagasan dan idenya kepada teman baiknya saudara Hilman Taufiq, S.Ag, S.T yang waktu itu sedang membutuhkan pekerjaan. Muncul gagasan membuka warnet dan kursus komputer yang di beri nama Nusa Putra yang sering di singkat NSP. Dimana ada dua maksud dari pemberian nama itu Nusa Putra yang berarti Nusantara Putra yang mempresentasikan pemikiran yang berprinsip nasionalis religius dan yang kedua sebagai identitas pengingat keluarga Nunung Supratman Putra (NSP). Namun uang peninggalan almarhum dan tabungan hanya cukup untuk mengontrak ruangan ukuran 4x4 di Jl. PGRI No.07 Cikole Kota Sukabumi serta membeli 5 unit komputer dan satu printer. perjalanan Warnet dan tempat Kursus ini hanya sanggup berjalan 6 bulan. Namun dengan tekad bulat bahwa lembaga ini harus terus ada dan berbuat untuk orang lain, sebagai pendiri bapak Kurniawan, S.T, M.Si, MM dengan modal sendiri dan pinjaman sana sini total mencurahkan pikiranya untuk terus mengembangkan lembaga demi terwujudnya mendirikan lembaga yang dapat di wariskan pada ummat yang menjadi cita-cita dasar perjuangan lembaga ini. 

Pada Tahun 2003 dengan di bantu saudara Ir. Hasan Mubarok, S.Pd (sahabat) tetap mempertahankan warnet dan lembaga kursus, lembaga banting setir pada bidang pelayanan Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) yang ada di Sekolah-sekolah melalui kerjasama dengan pihak sekolah. Dengan bulak balik Jakarta-Sukabumi setiap hari sabtu dan minggu bapak Kurniawan, S.T, M.Si, MM dengan di bantu pihak manajemen di Sukabumi usaha mulai bangkit kembali. Namun cobaan ternyata tidak berhenti di situ dengan kontrakan yang habis dan setengah di usir oleh pemiliknya dan di tinggal oleh sejumlah karyawannya di akhir penghujung tahun 2003, lembaga harus survive dengan segala resiko yang harus di ambil.

Akhirnya pada awal tahun 2004 boyongan pindah mengontrak sebuah rumah di Jl. Raya Cisaat No.76. Pada tahun itu juga dengan sah berdirilah Yayasan Nusa Putra berdasarkan akta Notaris Nomor:16 tanggal 15 Maret tahun 2004 dengan notaries Marah Hasyir, S.H, Sukabumi dan di sahkan dengan nomor registasi Nomor:38/Yas/2004/PN.CBD Pengadilan Negeri Cibadak kabupaten Sukabumi. Dimana tercantum dalam akta sebagi pendiri sekaligus Pembina yaitu bapak Kurniawan, S.T, M.Si, MM,  Ibu Imur Nunung Supratman (ibu kandung), Nanan Rohaenah (kakak kandung) dan Sebagai Dewan Pengurus Ketua : Kuswara, S.H , M.H (adik kandung), Wakil : Ir. Reka Ardian P, S.E, MM (sahabat), Sekertaris : Romlah (adik misan) dan Bendahara Darmawan, S.T (adik angkat). Sedakang di Jajaran Dewan Pengawas Ketua : Purwono Supriatin, S.Pd (kakak ipar), Anggota : Hilaman Taufik, S.Ag, S.T (sahabat) dan Ahmad Saepul Anwar (sahabat)

Setelah resmi berdiri Yayasan Nusa Putra mendirikan Lembaga Pendidikan Nusa Putra (LPI-NSP) mengawali pendidikan Profesional 1 tahun. Dengan awal pendirian membuka 3 jurusan yaitu Manajemen Informatika, Komputerisasi Akuntansi dan Teknik Informatika. Karena adanya regulasi Yayasan berdasarkan undang-undang Tahun 2006 susunan pengurus dan nama yayasan berubah berdasarkan akta perubahan menjadi Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi dengan Notaris Rose Takarina, SH, Jakarta Nomor: 57 tahun 2006. Lalu pada tahun 2006 berdirilah Sekolah Tinggi Teknologi Nusa Putra (STT-NSP) melalui SK Mendiknas Nomor 213/D/O/2007 maka STT Nusa Putra di akui sebagai pendidikan tinggi di bawah naungan Yayasan Perguruan Nusa Putra Sukabumi.

Dengan menjalankan prinsip dan selalu komitmen dengan cita-citanya akhirnya menginjak tahun Tahun 2009 mendirikan SMK PLUS NUSA PUTRA dan Pondok pesantren Mahasiswa Nusa Putra dimana semua aktivitas Perguruan Nusa Putra terus berkembang dan terbuka menjadi bagian pergerakan ummat manusia dalam mencari ridho sang pencipta Allah SWT…..